10 Ribu Dollar AS Buat yang Bisa Bobol Sistem Keamanan Grab!

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 14 Juli 2017 16:15
10 Ribu Dollar AS Buat yang Bisa Bobol Sistem Keamanan Grab!
Berminat?

Dream – Platform aplikasi Grab, menantang para peretas untuk membobol sistem keamanannya. Jika berhasil, Grab akan memberikan hadiah sebesar US$10 ribu (Rp133,48 juta).

Tujuannya untuk mencari celah untuk meningkatkan sistem keamanan platform, baik mitra pengemudi maupun penumpang.

Dilansir dari Merdeka.com, Jumat 14 Juli 2017, tantangan ini merupakan program kerja sama Grab dan HackerOne, penyedia platform pengungkap kerentanan yang telah mengatasi hampir 200 kerentanan.

Grab pun mengajak jaringan global HackerOne untuk menentukan kerentanan yang tidak diketahui dalam sistem keamanan Grab.

" Sistem pengukuran keamanan yang canggih dan menyeluruh, seperti yang tersedia melalui platform HackerOne, merupakan elemen vital yang dibutuhkan untuk meraih kepercayaan para penumpang dan mitra pengemudi kami,” kata Director of Engineering Grab, Ditesh Kumar, dikutip dari keterangan tertulisnya di Jakarta.

Kumar mengakui tak ada teknologi yang sempurna di bumi. Untuk itulah, kerja sama dengan para peneliti keamanan yang punya keterampilan tinggi menjadi penting untuk menciptakan teknologi seaman mungkin.

HackerOne merjupakan perusahaan penyedia platform pengungkap bug bounty dan kerentanan yang paling banyak digunakan di dunia. Program bug bounty bersifat hemat biaya dan memungkinkan berbagai organisasi yang menggunakan perangkat lunak untuk mengidentifikasi kerentanan dalam sistemnya secara lebih cepat.

Lebih dari 50 ribu kerentanan sistem keamanan dapat teratasi oleh lebih dari 800 organisasi yang tergabung dalam HackerOne secara global, seperti Adobe, Departemen Pertahanan Amerika Serikat, GitHub, Intel, Slack, dan Qualcomm.

“ Bekerja sama dengan komunitas peretas adalah cara yang paling efektif untuk menemukan kerentanan dalam sistem keamanan. Diperkenalkannya program bug bounty milik Grab kepada publik menandakan komitmennya untuk bekerja sama dengan komunitas peretas terbesar untuk melindungi lebih dari 45 juta penggunanya,” kata founder sekaligus Chief Technologhy Officer (CTO) HackerOne, Alex Rice.

Sahabat Dream, Grab akan memberikan hadiah senilai US$100-US$10 ribu (Rp1,33 juta-Rp133,48 juta) untuk setiap kerentanan valid yang diidentifikasi oleh para hacker, tergantung dari dampak dan tingkat keparahannya. Untuk berpartisipasi atau mempelajari lebih lanjut seputar program umum bug bounty Grab, silakan baca di sini. (ism) 

 

Beri Komentar