Viral Rumah Dinas Uut Permatasari, Segini Gaji dan Tunjangan Seorang Kapolres

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 15 Juni 2021 18:47
Viral Rumah Dinas Uut Permatasari, Segini Gaji dan Tunjangan Seorang Kapolres
Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Tri Gofarudin Pulungan, suami pedangdut Uut Permatasari resmi menjadi Kapolres Gowa. Dengan pangkat dan jabatannya, berapa penghasilan suaminya?

Dream – Nama Uut Permatasari menjadi perbincangan publik belakangan ini. Sang suami, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Tri Gofarudin Pulungan resmi menjabat sebagai Kapolres Gowa, Sulawesi Selatan.

Jabatan baru itu membuat Uut harus menemani sang suami berdinas di kota tersebut. Sebelum bertolak ke tempat tugas baru, Uut sempat mengabadikan rumah dinas yang sudah disediakan negara saat sang suami bertugas di Sespim Lemdiklat Polri.

Penampakan rumah dinas yang ditempati Uut selama menemani sang suami menjadi sorotan masyarakat. Banyak yang terkejut dengan kediaman Uut mengingat namanya yang sampai saat ini masih dikenal sebagai salah satu pedangdut terkenal.

Menjadi seorang istri polisi memang harus bersiap dengan segala risiko. Penghasilan yang diperoleh suami juga sepenuhnay diatur oleh negara.

Penghasilan suami Uut sebagai seorang perwira diatur lewat Peraturan Pemerintah (PP) yang dirancang Kementerian Keuangan dan disetujui presiden. Terbaru, pemerintah telah menerbitkan PP Nomor 17 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua Belas Atas Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 2001 tentang Peraturan Gaji Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Dalam PP ini, pemerintah mengubah lampiran PP No. 29 Tahun 2002 tentang Peraturan Gaji Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, yang telah beberapa kali diubah, terakhir diubah dengan PP No. 32 Tahun 2015, sehingga menjadi sebagaimana tercantum dalam lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari PP No. 17 Tahun 2019 ini.

 

1 dari 5 halaman

Gaji Polisi Berpangkat AKBP

Merujuk pada PP tersebut, suami Uut Permatasari masuk dalam kategori perwira menengah dengan pangkat mulai dari Komisaris polisi sampai Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP). Pmberian gaji disesuai dengan masa bertugas dari polisi tersebut.

Untuk kepangkatan AKBP, gaji pokok terendah diterima oleh perwira menengah dengan masa masa kerja 0 tahun senilai Rp2.909.100 per bulan. Penghasilan gaji pokok polisi berpangkat AKBP diterima oleh mereka yang sudah menjalani masa tugas sebagai polisi selama 32 tahun dengan gaji Rp 4.780.600 per bulan.

 

2 dari 5 halaman

Tunjangan Polisi Berpangkat AKBP

Untuk tunjangan, polisi mendapatkan besaran yang berbeda berdasarkan kelas jabatan di lingkungan Polri.

Menurut Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2015 tentang Tata Cara Pemberian Tunjangan Kinerja Bagi Pegawai di Lingkungan Polri, level Kapolres berpangkat AKBP masuk ke dalam level kelas jabatan 11.

Berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 103 Tahun 2018 tentang Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Kepolisian Republik Indonesia, tunjangan yang diterima polisi dengan jabatan kelas 11 adalah Rp5,18 juta.

Jika merujuk pada ketentuan di atas, suami Uut Permatasari akan menerima penghasilan senilai Rp8,09 juta per bulan dengan asumsi masa kerjanya baru 0 tahun. 

Namun jika suami Uut Permatasari sudah bekerja selama 32 tahun, penghasilan bulanan dari gaji pokok dan tunjangan yang diterima bisa mencapai Rp9.960.000. 

 

 

 

 

3 dari 5 halaman

Lihat Penampakan Rumah Dinas Uut Permatasari yang Viral

Dream – Uut Permatasari mendadak jadi sorotan lantaran unggahan tentang sang suami ramai jadi perbincangan. Sang suami, AKBP Tri Gofarudin Pulungan diketahui resmi menjabat sebagai Kapolres Gowa.

Uut pun mengunggah foto disertai keterangan yang berisi ungkapan perpisahan Uut karena sang suami harus bertugas ditempat baru.

 

© Dream

 

Unggahan tersebut pun seketika jadi sorotan warganet. Lantaran rumah dinas yang ditempati Uut dan keluarganya selama sang suami bertugas di Sespim Lemdiklat Polri.

 

 

4 dari 5 halaman

Rumah Dinas Sederhana

Uut Permatasari© Foto: Instagram/uutpermatasari

Rumah dinas yang telah ia tempati selama 13 bulan terakhir itu pun terlihat sederhana dan jauh dari kesan mewah.

" Tak terasa sudah 13 bulan kami tinggal di UB 130 lembang, dalam rangka mendampingi suami yang berdinas di Sespim Lemdiklat Polri. Alhamdulillah, wasyukurillah....UB yg memberikan kenyamanan, ketenangan dan keberkahan. Terimakasih UB 130, kami pamit dan kami akan selalu merindukanmu,"  bunyi keterangan dalam unggahan Uut.

Dalam unggahanya, rumah dinas yang didominasi warna putih itu terlihat sejuk dan dipenuhi oleh tanaman hijau diberbagai sudut halaman. Uut pun tersenyum bahagia berpose bersama anak dan sang suami.  

5 dari 5 halaman

Warganet Kagum

Sontak saja, unggahan Uut tersebut mengundang rasa kagum dari warganet. Pasalnya bagi seorang artis, gaya hidup Uut bersama keluarganya terbilang sederhana.

Tak sedikit pula yang turut memberikan ucapan selamat dan doa untuk tempat tugas baru sang suami.

“ Hebatnya mbak uut artis tapi mau mendampingi abdi negara dlm kesederhanaan,” tulis @fauziahumi

“ Selamat ya atas projab Kapolres ya ibu ketua cabang...sukses amanah inshaa allah berkah manfaaat utk orang banyak...” kata @sparianto

“ Selamat bertugas di tempat yg baru. Smg sll dalam rengkuhan Allah swt,” @aniesfitriaofficial.

Beri Komentar