Terungkap, Harta Kekayaan Menteri Agama Fachrul Razi

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 28 Oktober 2019 13:35
Terungkap, Harta Kekayaan Menteri Agama Fachrul Razi
Selain tanah, Fachrul juga punya dua mobil mewah.

Dream - Penunjukan Fachrul Razi, mantan wakil Panglima TNI sebagai Menteri Agama kabinet Jokowi-Maruh Amin mengejutkan banyak pihak. Sebelumnya, Menag biasanya diisi oleh sosok dari kalangan santri atau Ormas Islam.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pelantikan Fachrul Razi secara khusus meminta agar Jenderal purnawirawan TNI itu bisa membantu menangani isu radikalisme yang marak saat ini.

Selain dari kalangan militer, Fachrul pernah berkecimpung di dunia bisnis. Pria kelahiran Banda Aceh ini pernah menjabat komisaris utama di PT Aneka Tambang Tbk dan PT Central Proteina Prima Tbk.

Jabatan itu dilepaskannya setelah presiden resmi melantikan Facrul Razi sebagai Menag menggantikan Lukman Hakin Saifuddin. 

Sebagai pejabat negara, tentu saja Fachrul harus melaporkan data kekayaannya. Laporan juga pernah dibuat mantan komandan Brigade Infranteri Lintas Udara 17 Kujang 1 Konstrad ini saat menjabat komisaris PT Antam. 

Dalam data elektornik Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara  (LHKPN), e-lhkpn, tertanggal 31 Desember 2018, terlihat harta kekayaan Fachrul yang saat menjabat sebagai komisaris utama Aneka Tambang.

Kekayaan Fachrul kala itu tercatat senilai Rp22.644.278.752. Hartanya berupa tanah, mobil, harta bergerak, dan lainnya.

Berikut ini adalah rincian kekayaan Fachrul.

1 dari 5 halaman

Harta dan Utang Menag Fachrul Razi

1. Tanah dan bangunan: Rp14.431.525.000

Fachrul tercatat memiliki sembilan tanah dan bangunan yang tersebar di Jakarta, Tangerang, dan Makassar

2. Mobil: Rp2.150.000.000

Pria berusia 72 tahun ini punya mobil Mercedes Benz E200AT keluaran 2016, Toyota Kijang tahun 2017, dan Toyota Alphard 2018.

3. Harta bergerak lainnya: Rp412.000.000.

4. Kas dan setara kas: Rp6.208.753.752.

5. Hutang: Rp558.000.000.

2 dari 5 halaman

Fachrul Razi: Saya Menteri Agama Indonesia

Dream - Jenderal Purnawirawan TNI Fachrul Razi baru saja dilantik sebagai Menteri Agama oleh Presiden Joko Widodo. Dia bertekad menjadikan masyarakat Indonesia lebih toleran.

" Saya bukan Menteri Agama Islam, tapi Menteri agama Indonesia," ujar Fachrul di Kementerian Agama, Jakarta, Rabu 23 Oktober 2019.

Meski demikian, Fachrul Razi tidak menampik akan selalu menggunakan pendekatan agama Islam setiap kali turun ke lapangan.

" Kalau saya menggunakan pendekatan agama Islam wajar saja, karena mayoritas masyarakat Indoensia beragama Islam," ucap dia.

Lebih lanjut, Fachrul mengatakan seluruh menteri yang ada di Kabinet Indonesia Maju tidak memiliki visi dan misi. Seluruh kinerja menteri ditujukan untuk kemajuan Indonesia.

" Dengan demikian nggak usah berpikir mencapai jangka pendek dulu, nanti malah menyebabkan visi misi bangsa nggak tercapai," kata dia.

Lebih lanjut, Fachrul segera berkoordinasi dengan sekretaris jenderal dan jajaran direktur jenderal di Kementerian Agama untuk menyusun program kerja.

3 dari 5 halaman

Ditunjuk Jadi Menag, Fachrul Razi: Mungkin Jokowi Dengar Omongan Saya

Dream - Latar belakang profesi Fachrul Razi memang berbeda dengan jabatan menteri yang kini diemban. Purnawirawan jenderal TNI itu kini menduduki kursi Menteri Agama.

Fachrul Razi Menteri Tertua yang Pernah Pecat Prabowo Subianto© MEN

Mantan Wakil Panglima TNI itu menduga Presiden Joko Widodo memberinya amanah sebagai Menteri Agama karena kerap mendengar pendapat-pendapatnya selama melakoni kunjungan bersama ke sejumlah daerah.

" Setiap kali kalau ke daerah saya selalu bicara Islam adalah agama yang damai, agama penuh toleransi, jadi kalau ketemu orang Islam yang suka kekerasan berarti ada yang salah," kata Fachrul usai pelantikan menteri di Istana Negara, Rabu 23 Oktober 2019.

Fachrul mengatakan, Islam penuh damai selalu menjadi tema yang dia sampaikan setiap kali menjadi pembicara di daerah-daerah. Selain itu, sejak kecil dia sangat suka membaca buku-buku agama.

Selain alasan tersebut, Fachrul mengatakan Jokowi menaruh perhatian besar terhadap pemberantasan radikalisme. Menurut dia, radikalisme memang menjadi isu yang santer belakangan ini.

" Beliau membayangkan juga potensi-potensi radikalisme cukup kuat dalam beberapa tahun belakangan," kata dia.

Fachrul segera bekerja. Dia akan berdiskusi lebih dulu dengan staf di lingkungan Kemenag terkait banyak hal terutama radikalisme.

" Saya akan balik dulu ke kantor saya, mungkin tanya dulu ke teman-teman, mungkin bisa kita dalami terapi apa yang tepat," kata dia.

4 dari 5 halaman

Sosok Fachrul Razi, Menteri Tertua yang Pernah Pecat Prabowo Subianto

Dream - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilih Fachrul Razi sebagai pengganti Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin. Sosok kelahiran 26 Juli 1947 ini disebut menjadi salah satu menteri tertua di kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin.

Fachrul Razi Bakal Berkabung di Kabinet© MEN

Fachrul pernah menjabat sebagai Wakil Panglima TNI selama periode 1999-2000. Perannya saat pemecatan Prabowo Subianto dari TNI kembali mencuat beberapa waktu ini.

Dilaporkan , Fachrul mengaku hubungannya dengan Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto baik-baik saja.

" Saya dengan Pak Prabowo biasa-biasa saja, kalau ketemu ya peluk-pelukan makan sama-sama enggak ada yang aneh dalam sistem yang terbangun," kata Fachrul, diakses Rabu, 23 Oktober 2019.

Fachrul mengatakan, tak ada masalah dengan Prabowo di masa kedinasan militer maupun pribadi.

Setelah pensiun dari kemiliter, Fachrul Razi memimpin sejumlah perusahaan diantara Komisaris Holding Company pada PT Toba Sejahtera (sejak 2005) dan Komisaris Utama CP Prima (2010).

Dia merupakan Komisaris Utama PT Aneka Tambang Tbk.

5 dari 5 halaman

Fachrul Razi Mantan Ketua Tim Bravo 5

Dream - Bagi sebagian masyarakat tentu belum terlalu mengenal nama Facrul Razi, yang dipanggil Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon menteri Kabinet Kerja jilid II siang ini, Selasa 22 Oktober 2019.

Fachrul Razi Menteri Tertua yang Pernah Pecat Prabowo Subianto© MEN

Fachrul Razi merupakan pensiunan jenderal dengan jabatan terakhirnya Wakil Panglima TNI pada 1999-2000.

Pria kelahiran Banda Aceh pada 26 Juli 1947 itu juga pernah menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Departemen Pertahanan pada 1999.

Selain memiliki jabatan militer, Fachrul juga diketahui sebagai Ketua Tim Bravo 5, tim sukses yang mendukung Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin dalam Pilpres 2019.

Tim Bravo 5 juga diketahui ikut mendukung pasangan Jokowi-JK dalam Pilpres 2014.

Tim Bravo 5 berisi pensiunan jenderal yang ingin ikut mendukung Jokowi dalam gelaran pemilihan Presiden dua periode yakni 2014 dan 2019.

Berikut beberapa jabatan yang pernah diemban oleh Fachrul Razi: 
1. Komandan Brigade Infanteri Lintas Udara 17 Kujang 1 Kostrad
2. Wakil Asisten Operasi KASAD
3. Kepala Staf Daerah Militer VII/Wirabuana
4. Gubernur Akademi Militer (1996-1997)
5. Asisten Operasi KASUM ABRI (1997-1998)
6. Kepala Staf Umum ABRI (1998-1999)[2]
7. Sekretaris Jenderal Departemen Pertahanan (1999)
8. Wakil Panglima TNI (1999-2000)

Bila Ketua Umum Prabowo Subianto menjadi Menteri Pertahanan, apakah berarti Fachrul Razi menjadi Menko Polhukam? Kita lihat pengumuman Rabu besok 23 Oktober 2019. (ism) 

 

 

Beri Komentar