Jangan Sepelekan Hal Ini Saat Cari Kerja Selama Pandemi

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 27 April 2020 14:36
Jangan Sepelekan Hal Ini Saat Cari Kerja Selama Pandemi
Ini tips bagi para pencari kerja yang ingin mendapatkan pekerjaan selama pandemi corona.

Dream – Pandemi corona membuat banyak orang kehilangan pendapatan. Ada yang dirumahkan tanpa gaji dan ada pula yang dipecat. Kondisi ini juga terjadi di Amerika Serikat.

Dikutip dari CNBC Make It, Senin 27 April 2020, di Negeri Paman Sam ada 22 juta orang yang kehilangan pekerjaan. Ini menjadi pasar kerja menjadi lebih kompetitif daripada sebelumnya.

CEO Korn Fery, Gary Burnison, berbagi tips bagi para pencari kerja yang ingin mendapatkan pekerjaan selama pandemi corona.

Menurut laporan tahun 2016 yang dirilis oleh Biro Statistik Tenaga Kerja AS dan Universitas Yale, 70 persen pekerjaan didapat melalui jaringan.

“ Jadi, jika ingin meningkatkan peluang untuk dipekerjakan, kamu harus menempatkan diri pada radar yang dapat membantu untuk mendapatkan pekerjaan. Pandemi jelas membuat banyak orang kesulitan cari pekerjaan. Kabar baiknya, ini saatnya memperkuat jaringan,” kata Gary.

Pemberlakuan kerja dari rumah memungkinkan kamu untuk menjangkau orang-orang yang dirasa dapat membantu.

Orang-orang tidak lagi bepergian untuk bisnis atau ke konferensi, sebagai gantinya mereka harus tetap tinggal dan bekerja dari rumah.

1 dari 2 halaman

Jangan Lakukan Kesalahan Ini

Gary mengingatkan untuk tidak membuat jaringan yang buruk. Misalnya, menghubungi seseorang yang belum pernah dihubungi selama bertahun-tahun. Apalagi meminta bantuan.

“ Itu tidak etis,” kata dia.

Pertimbangkanlah apa yang akan terjadi. Sebagian orang akan menolak keras jika kamu melakukan hal tersebut secara tiba-tiba.

Tapi, bisa jadi kamu akan menemukan seseorang yang dengan alasan apa pun, bersedia membantu. Ingat, ini bukan pengecualian dalam norma.

2 dari 2 halaman

Usahakan 'Give' dan 'Take'

Saat ini, pikirkan seseorang yang dapat membantu kamu mencari pekerjaan. Siapa yang dapat membuat pengantar atau menghubungkanmu dengan seseorang di perusahaan tempat yang diincar.

Siapa yang dapat membantumu bertukar pikiran atau memberi perspektif dari perjalanan karir mereka sendiri?

Kemudian, tuliskan daftar orang-orang tersebut. Walaupun itu sebuah kemungkinan kecil, bisa menjadi batu loncatan untuk memulai jaringan.

" Jangan pernah meremehkan kekuatan menjadi pendengar seseorang di masa sulit - atau berusaha tertawa bersama mereka untuk membantu meringankan kekhawatiran mereka."

Beri tahu mereka informasi atau bantuan apa yang dapat ditawarkan. Mungkin mereka butuh bantuan dengan proyek atau inisiatif.

Dalam situasi seperti sekarang ini, menawarkan satu set tangan ekstra adalah cara yang bagus untuk mengaplikasikan konsep 'give' dan mengembangkan reputasi untuk berusaha lebih keras.

Beri Komentar