Kapan Bisnis Online Raih Untung Selama Ramadan?

Reporter : Syahid Latif
Senin, 22 Juni 2015 14:30
Kapan Bisnis Online Raih Untung Selama Ramadan?
Ada empat pekan tren belanja online yang berbeda selama bulan Ramadan. Satu pekan merupakan waktu paling pas meraih untung.

Dream - Aktivitas muslim di bulan Ramadan begitu berbeda dengan waktu-waktu lain di Negara mayoritas Islam. Hampir seluruh aspek terpengaruh bulan puasa. Tak terkecuali bisis belanja online.

Di pasar modal, aktivitas transaksi jual beli umumnya lebih sepi dari biasanya. Maklum, investor seolah menghindari kegiatan berbau spekulatif.

Untuk bisnis belanja online, Criteo berusaha menganalisa data historis guna membantu para marketer selama bulan Ramadan tahun ini.

Data diperoleh dari jutaan transaksi dari lebih 130 peritel yang beroperasi di Timur Tengah dan Afrika utara dengan perangkat desktop, Ponsel, dan tablet.

Kendati menggunakan data aktivitas di negara Timur Tengah, tren bisnis belanja online ini setidaknya bisa dijadikan rujukan atau perbandingan.

Pekan Pertama: Mulai Menguat

Ramadan adalah waktunya konsumen untuk berbelanja, khususnya membeli pakaian untuk anak-anak atau menyiapkan liburan di awal pekan.

Di Uni Emirat Arab, pada pekan pertama puasa biasanya ada peningkatan bisnis ritel sebesar 23 persen dan 42 persen di bisnis travel.

Sementara di Turki, bisnis ritel mencetak kenaikan 12 persen dan 57 persen di bisnis travel.

Pekan II dan III: Menuai Untung

Pada pekan ini biasanya terjadi pembelian besar-besaran konsumen. Selama periode ini, konsumen lebih berniat membeli kebutuhannya dari komputernya.

Pekan IV: Go Mobile

Menjelang pekan terakhir puasa, banyak penduduk yang sudah mudik ke kampung halaman. Sebagai hasilnya, mereka akan menggunakan telepon genggam selama sepekan ini.

Disinilah pangsa pasar penjualan lewat media mobile mencapai puncaknya

Hari Lebaran

Tiga hari usai Ramadan, penjualan biasanya mengalami penurunan tajam.

Ketika banyak orang menghindari laptop, mereka masih menggunakan ponsel dan memakainya untuk belanja.

Mengutip laman Saudigazette, Senin, 22 Juni 2015, di mayoritas negara Muslim, perangkat mobile menjadi alat yang paling banyak dipakai untuk trasaksi dalam bisnis penjualan online.

Di negara Arab, perangkat mobile bahkan memiliki posisi khusus selama Ramadan. Meski hal sama berlaku untuk transaksi sepanjang tahun. (Ism)

Beri Komentar