Keluar dari Anggota Kerajaan, Ini Harta Pangeran Harry dan Megan Markle

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 9 Januari 2020 15:36
Keluar dari Anggota Kerajaan, Ini Harta Pangeran Harry dan Megan Markle
Keduanya memutuskan untuk keluar dari anggota senior keluarga kerajaan.

Dream –Pangeran Harry dan Megan Markle mengumumkan keinginannya mundur sebagai anggota keluarga senior kerajaan Inggris. Permintaan tersebut disampaikan lewat pernyataan resmi pasangan yang baru dikaruniai seorang anak ini lewat situs resmi dan akun Instagramnya. 

Jika permintaan tersebut dikabulan Ratu Inggris, Elizabeth, Harry dan istrinya dipastikan takkan lagi mendapatkan dana kerajaan (sovereign grant).

Dikutip dari Liputan6.com, Kamis 9 Januari 2020, sovereign grant adalah mekanisme pendanaan bagi keluarga kerajaan. Di dalamnya ada biaya yang berkaitan dengan tempat tinggal dan tempat kerja, berdasarkan People dan Sussexroyal.

Setelah mundur dari anggota senior, Harry dan Megan juga akan dibebaskan dari berbagai tunjangan yang selama ini diberikan pihak kerajaan. Keduanya akan membayar sendiri untuk setiap keperluan dan pengeluaran yang dilakukan untuk kepentingan pribadi.

Lalu, berapakah kekayaan Harry dan Megan?

1 dari 6 halaman

Segini Jumlahnya

Pada 2019, Forbes memprediksi kekayaan bersih Megan mencapai US$5 juta (Rp69,5 miliar). Kekayaan ini berasal dari kariernya di dunia model dan akting.

Sementara itu, kekayaan Harrymencapai US$40 juta (Rp556 miliar). Sumber kekayaan ini merupakan total dana yang ditinggalkan oleh sang ibu, Lady Diana. Harry juga tercatat sebagai mantan kapten dalam British Army.

Gaji per tahun mencapai US$50 ribu-US$53 ribu dengan prediksi harta di angka US$25 juta-US$40 juta.

Tak jelas apakah keputusan Harry mundur dari anggota senior kerajaan akan berpengaruh terhadap kekayaannya atau tidak.

(Sumber: Liputan6.com/Damar Jatikusumo)

2 dari 6 halaman

Heboh Pangeran Harry dan Meghan Markle Mundur Dari Anggota kerjaan Inggris

Dream - Kabar menghebohkan datang dari kerjaan Inggris (The Royal Family). Pangeran Harry bersama istrinya Meghan Markle menyatakan mundur dari Keluarga Kerajaan atau The Royal Family.

Pernyataan resmi disampaikan keduanya melalui akun instagram mereka berdua @sussexroyal. Dalam pernyatannya, pangeran Harry dan istri mempertegas akan membiayai hidup mereka sendiri.

" Kami bermaksud untuk mundur sebagai anggota 'senior' dari Keluarga Kerajaan dan bekerja untuk menjadi mandiri secara finansial, sambil terus sepenuhnya mendukung Yang Mulia Ratu," bunyi pernyataan Pangeran Harry dan Meghan Markle dikutip Dream dari akun instagramnya, Kamis 9 Januari 2020.

Pangeran Harry dan istri© Pangeran Harry dan istri

Foto : @sussexroyal

Dibalik keputusannya, Pangeran Harry dan Meghan Markle sudah memikirkan dan mendiskusikan sejak lama. Dia ingin memulai hidup baru dengan keluar dari bagian Kerajaan Inggris.

" Setelah beberapa bulan refleksi dan (melakukan) diskusi internal, kami (Pangeran Harry dan Meghan Markle) telah memilih untuk melakukan transisi tahun ini untuk memulai mengukir peran baru yang progresif dalam lembaga ini," kata Pangeran Harry.

Meski tak lagi bagian dari Kerajaan, Pangeran Harry dan Meghan Markle akan tetap mendukung Ratu Ratu Elizabeth (Yang Mulia Ratu). Dia mengatakan keputusannya untuk keluar karena ingin lebih mandiri dan tidak tergantung pad keluarga Kerajaan.

Sementara untuk menjalani hidupnya kedepan, mereka akan menyeimbangkan waktunya tinggal di Inggris dan Amerika Serikat, Negara asal Meghan Markle.

" Kami sekarang berencana untuk menyeimbangkan waktu kami antara Inggris dan Amerika Utara, (dan) terus menghormati tugas kami sebagai Ratu Persemakmuran (The Queen the Commonwealth) dan perlindungan kami,"  tuturnya.

Pangeran Harry dan istri© Pangeran Harry dan istri

Selain itu, Pangeran Harry dan Meghan Markle tidak akan melupakan tradisi di Kerajaan Inggris. Dia juga akan mengajarkan kepada putranya tentang tanah kelahiranya. Dia juga berharap bisa terus mendukung apa yang dilakukan oleh Ratu Elizabet dan keluarganya seperti Pangeran William.

" Kami berharap dapat berbagi rincian lengkap dari langkah selanjutnya yang menarik ini pada waktunya, karena kami terus berkolaborasi dengan Yang Mulia Ratu (Ratu Elizabeth), Pangeran Wales, Duke of Cambridge (Pangeran William) dan semua pihak yang terkait," tutupnya.

3 dari 6 halaman

Pangeran Harry Dobrak Tradisi Kerajaan Soal Cincin Kawin

Dream - Cincin kawin biasa dikenakan pasangan suami istri setelah menikah. Simbol cinta tersebut juga sebagai penanda kalau si pemakai sudah ada yang punya. Rupanya budaya cincin kawin di Kerajaan Inggris sedikit berbeda.

Para pria bangsawan Inggris lebih memilih tak mengenakan cincin kawin. Hal ini karena pria di negara tersebut tak terbiasa mengenakan perhiasan terutama emas. Pangeran Harry yang baru saja menikah dengan Megan Markle membuat keputusan lain.

Ia kembali mendobrak tradisi dengan memilih mengenakan cincin sebagai simbol cinta Megan untuknya. Dalam pemberkatan pernikahan yang dipimpin oleh Uskup Agung Canterbury, Justin Welby, Pangeran Harry menyematkan cincin ke jari manis tangan kiri Meghan Markle.

Lalu, disusul Meghan yang menyematkan cincin di jari Harry sambil mengucapkan janji. " Harry, I give you this ring, as a sign of our marriage,"  kata Meghan sambil memasukkan cincin ke jari manis tangan kiri Harry yang disiarkan langsung oleh akun Youtube The Royal Family, pada Sabtu (19/5/2018).

Janji nikah dan pemasangan cincin jadi tanda Pangeran Harry dan Meghan Markle resmi menjadi suami istri seperti yang disampaikan oleh Uskup Agung Canterbury, Justin Welby. Pemberkatan royal wedding ini dilakukan pada St George's Chapel, Inggris.

Kakak Pangeran Harry, Pangeran William memilih tidak mengenakan cincin kawin. Bahkan, sebelum menikah dengan Kate Middleton, pihak istana mengumumkan bahwa William tidak akan mengenakan cincin setelah pernikahan. Pria yang bertitel Duke of Cambridge tak mau memakai cincin pernikahan karena alasan pribadi.

“ William tak suka dengan perhiasan dan pihak istana mengeluarkan pernyataan resmi mengenai hal tersebut sebelum mereka menikah,” jelas Penny Junor, penulis The Duchess: Camilla Parker Bowles and the Love Affair that Rocked the Crown.

Pangeran William bukan bangsawan pertama yang memilih tidak memakai cincin kawin. Kakeknya, Pangeran Philip dan pamannya, Pangeran Andrew, juga tidak memakai cincin pernikahannya.

Sumber: Benedikta Desideria/ Liputan6.com

4 dari 6 halaman

Pamer Foto Anak di Hari Ayah, Unggahan Pangeran Harry Bikin Heboh

Dream – Tahun ini menjadi momen spesial bagi Pangeran Inggris, Henry Charles Albert David. Pria yang biasa disapa Pangeran Harry ini untuk pertama kalinya merayakan momen Hari Ayah sebagai seorang orang tua. 

Pangeran Harry dan Meghan pada hari Minggu (16/06/19), kemarin mengunggah foto sang anak, Archie Harrison Mountbatten-Windsor, di akun resmi Instagram @sussexroyal.

Dalam foto tersebut terlihat Archie tengah memegang jari sang pangeran.

View this post on Instagram

Happy Father’s Day! And wishing a very special first Father’s Day to The Duke of Sussex! © SussexRoyal

A post shared by The Duke and Duchess of Sussex (@sussexroyal) on 

Postingan foto pertama yang menampakkan wajah Archie tersebut bertepatan dengan perayaan Hari Ayah sedunia.

Sebelumnya, pada 12 Mei 2019 pasangan kerajaan ini juga memposting foto kaki Archie yang bertepatan dengan perayaan Hari Ibu sedunia.

 

 

5 dari 6 halaman

Kelahiran sang Pangeran

Pasangan kerajaan Pangeran Harry dan Meghan Markle menyambut kelahiran putra pertama mereka pada 6 Mei 2019. Sang putra yang diberi nama Arhie Harrison Mountbatten Windsor berada diurutan ketujuh dari tahta Inggris.

View this post on Instagram

Today The Duke and Duchess of Sussex are delighted to share their first public moment as a family. They are so incredibly grateful for the warm wishes and support they’ve received from everyone around the world, since welcoming their son two days ago. Photo cred: Chris Allerton ©ï¸SussexRoyal

A post shared by The Duke and Duchess of Sussex (@sussexroyal) on 

Sang pangeran kecil diperkenalkan ke hadapan publik dua hari setelah kelahirannya di St George’s Hall di Windsor Castle.

Archie juga diperkenalkan kepada Ratu Elizabeth dan Pengeran Philip, serta sang nenek Doria Ragland dihari yang sama pula.

View this post on Instagram

The Duke and Duchess of Sussex are pleased to announce they have named their first born child: Archie Harrison Mountbatten-Windsor This afternoon Their Royal Highnesses introduced Her Majesty The Queen to her eighth great-grandchild at Windsor Castle. The Duke of Edinburgh and The Duchess’ mother were also present for this special occasion. Photo credit: Chris Allerton ©ï¸SussexRoyal

A post shared by The Duke and Duchess of Sussex (@sussexroyal) on 

(Sah, Sumber: Straitstimes.com)

6 dari 6 halaman

Picu Perdebatan

Unggahan Pangeran Harry ditanggapi beragam oleh netizen Inggris. Bahkan memicu perdebatan di kalangan peselancar sosial media di negara tersebut.

Beberapa netizen menyayangkan keputusan Pangeran Harry yang mengunggah foto wajah putranya.

" Baby Archie belongs to his parents and it is their right to post whatever they want! I wouldn't put my baby on public display every day so that people can pick him apart!," tulis pemilik akun @beyondw****16.

Sementara warga Inggris lain, mengaku unggahan Pangeran Harry itu seperti tamparan bagi warga. Dia beralasan, pihak keluarga selama ini berusaha untuk menjaga privasi dari anak-anaknya. Kerajaan juga tak pernah mengunggah foto pribadi apapun.

" Mengunggah sebagian wajah bagian atas merupakan tamparan bagi pengikut Anda," tulis akun @gord****uic.

Si pengunggah juga membandingkan langkah Pangeran Harry dengan kakaknya, Pangeran William, yang memperlihatkan wajah ketiga anaknya.

Beri Komentar