Jauh-Jauh Kuliah S3 di Korea Pulang ke Indonesia Jualan Keripik, Begini Nasibnya Sekarang

Reporter : Sugiono
Rabu, 12 Januari 2022 11:36
Jauh-Jauh Kuliah S3 di Korea Pulang ke Indonesia Jualan Keripik, Begini Nasibnya Sekarang
Kisah hidup wanita berhijab asal Bukittinggi itu memberikan inspirasi dalam menjalani kehidupan yang keras ini.

Dream - Nasib orang bisa berubah-ubah sesuai dengan kekuatannya dalam berusaha dan berdoa. Seperti kisah kreator TikTok asal Padang yang hanya ingin disapa dengan nama Rang Khuray ini.

Bagi sebagian orang, kisah hidup wanita berhijab asal Bukittinggi itu memberikan inspirasi dalam menjalani kehidupan yang keras ini.

Dalam video berdurasi 17 detik, pemilik akun @rangkhuray menceritakan bagaimana dia menempuh pendidikan tinggi hingga ke jenjang S3.

Namun di tengah mengejar gelar profesor, dia malah banting setir dengan membuka usaha sendiri sebagai penjual keripik kentang dan sambalado.

1 dari 5 halaman

Setelah lulus dari Sekolah Menengah Atas, Rang Khuray melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi dan mengambil jurusan Fisika.

Lulus dari pendidikan jurusan Fisika Universitas Negeri Padang tahun 2013, wanita asli Suku Kurai ini pun memutuskan untuk terus memperdalam ilmunya.

Pemilik nama asli Ayu Melisa Putri ini kemudian melanjutkan kuliah S2 dan berhasil meraih gelar Doktor pada tahun 2017.

2 dari 5 halaman

Usai wisuda S2, Ayu tidak langsung bekerja sebagai dosen atau guru. Dia malah merintis usaha jualan keripik kentang dan sambalado.

Sayangnya, niatnya untuk berbisnis tersebut tidak mendapat restu dari orangtua. Akhirnya Ayu terpaksa merantau sambil mengajar.

" Tujuh bulan bangun usaha keripik kentang. Tapi orangtua gak ridho. Merantau lagi dan ngajar lagi," kata Ayu.

3 dari 5 halaman

Di tengah mengajar, terbersit keinginan di hati Ayu untuk melanjutkan pendidikan S2-nya. Ayu pun mendaftar beasiswa pendidikan S3 di Korea Selatan.

Namun baru dua semester menjalani kuliah S3 di Korea, Ayu merasa ilmu Fisika sudah tidak menjadi passion-nya lagi.

" Dua semester berjalan.. Merasa ga passion di bidang Fisika. Balik ke tanah air," katanya.

4 dari 5 halaman

Setelah kembali ke Indonesia, Ayu sempat mengajar namun hanya bertahan selama 1,5 tahun di tahun 2019. Lagi-lagi karena minatnya terhadap Fisika sudah menurun drastis.

Meski demikian Ayu mencoba bertahan untuk mengajar. Dia sebenarnya ingin resign tapi sadar hal itu tidak akan direstui orangtuanya.

Namun Ayu seperti merasa mendapat berkah ketika tempatnya mengajar melakukan pengurangan karyawan. Kesempatan ini digunakan Ayu untuk menghidupkan usaha jualan keripiknya yang sempat tertunda.

" Alhamdulillah tak lama kemudian pengurangan karyawan. Buka usaha lagi. Bismillah mulai dari nol lagi. Bangun kembali mimpi yang dulu sudah terkubur," katanya.

5 dari 5 halaman

Usahanya Sudah Ekspor ke Luar Negeri

Sejak itu Ayu membangun bisnis jualan keripik kentang dan sambaladonya. Kegigihannya akhirnya berbuah manis.

Kini Ayu tidak hanya jualan untuk konsumen lokal. Keripik kentang dan baladonya bahkan sudah diekspor ke luar negeri.

Kisah sukses calon profesor banting setir jadi penjual keripik dan sambalado ini menjadi inspirasi bagi netizen untuk terus berjuang tanpa lelah meraih cita-cita.

Sumber: TikTok

Beri Komentar