Nikmati Jajanan Ringan, Halal, dan Nikmat ala UKM Lampung

Reporter : Dwi Ratih
Jumat, 15 Mei 2020 11:48
Nikmati Jajanan Ringan, Halal, dan Nikmat ala UKM Lampung
Eksplor kuliner mu lebih luas lagi!

Dream - Berlibur ke suatu kota tampak kurang lengkap kalau nggak icip jajanan khas tempat itu dan membawanya pulang sebagai oleh-oleh.

Tapi kondisi pandemi saat ini yang mengharuskan kita semua jaga diri dengan di rumah saja, membuat rencana traveling hingga kulineran terpaksa ditunda sementara.

Sampai saat ini belum ada tanda-tanda bisa traveling dan kulineran lagi tanpa harus memikirkan jaga jarak dengan semua orang.

Eits, meski demikian kamu masih bisa tetap nikmati ragam jajanan dengan membelinya secara online, misalnya dari Lampung.

Terkenal dengan aneka kuliner khas seperti Tempoyang, Geguduh, Gulai Taboh, Umbu, Engkak, dan lainnya, Lampung juga memiliki segudang jajanan yang diproduksi dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) asli Lampung.

1 dari 5 halaman

Apa Saja?

Menemani masa-masa karantina dan Ramadan, Dream berkesempatan menyicipi beberapa makanan ringan UMKM Lampung yang mendarat dengan selamat.

Di antaranya ada keripik daun singkong & pisang aneka rasa, keripik tahu, emping udang, banana stick, fish skin snack, serta kue lapis yang enak banget disantap dengan minuman hangat.

Bicara minuman hangat, beberapa UMKM Lampung juga mengirimkan kopi serta jahe yang sudah diolah sehingga memudahkan kita untuk menyeduhnya.

2 dari 5 halaman

Bagaimana sih rasanya? Mari kita geledah rasanya!

Keripik singkong aneka rasa

Makanan ringan dari Rafin's yang mengutamakan sensasi salted egg (telur asin), Dream mendapatkan campuran rasa di antaranya taro, peanuts, singkong, dan potato.

Teksturnya dari keripik singkongnya cukup renyah, namun tidak terlalu tipis sehingga rasa singkongnya tak tertutupi dengan bumbu telur asin dan campuran rasa lainnya.

UMKM Lampung© UMKM Lampung

Cocok banget dijadikan camilan sampil menonton drama Korea atau series yang sedang kamu ikuti kisahnya.

Berukuran 130gram, keripik singkong aneka rasa ini bisa Sahabat Dream santap bersama adik, kakak, atau anggota keluarga lain di rumah.

3 dari 5 halaman

Fish Skin Salted Egg

Masih dari brand yang sama dan sesuai dengan namanya yang berarti kulit ikan, makanan ringan ini dibuat dari campuran kulit ikan, telur asin, gula, garam, cabai bubuk, minyak sayur dan krimer nabati.

Teksturnya lebih tipis dibanding keripik singkong aneka rasa dari Rafins. Meski begitu, rasa yang terkandung di fish skin ini mampu menggoyang lidah sampai nggak berhenti untuk mengunyahnya.

UMKM Lampung© UMKM Lampung

Cocok dinikmati tanpa makanan lain, cocok juga disantap bareng makanan yang berkuah. Ada juga rasa Hot Bomb buat di varian ini buat kamu yang gemar pedas.

Diproduksi di Pringsewu, Lampung, dengan membeli produk ini kamu telah membantu anak bangsa dalam bersaing.

Aneka Kopi Lampung

Terkenal dengan kopi Lampungnya, Rafins juga mengirimkan kopi yang sudah diolah menjadi bubuk dengan komposisi 100 persen biji kopi.

Aroma kopinya yang begitu harum membuat sajian ini cocok banget dinikmati bersama camilan Rafins lainnya.

Tak cuma itu, ada juga kopi bubuk original petik merah buatan Lambarco Fiannisa Damay Coffee yang diberikan untuk Dream. Diproses secara natural, komposisi kopi ini adalah biji kopi robusta pilihan.

UMKM Lampung© UMKM Lampung

Kopi bubuk robusta Lampung Barat buatan Utama Coffe juga nggak kalah menarik untuk dicoba, dikemas sebanyak 200gr per item, kopi dengan kualitas premium ini wajib banget dinikmati bersama keluarga sembari merencanakan liburan setelah pandemi berakhir.

4 dari 5 halaman

Minuman jahe

Selain kopi, UMKM Lampung juga banyak yang menjual bubuk jahe dengan campuran temulawak, sereh, cengkeh, kayu manis, gula tebu, dan kunyit yang bisa kamu konsumsi sebagai penghangat tubuh.

Tapi jika kamu nggak ingin menikmatinya dalam kondisi hangat, Sahabat Dream bisa juga kok sajikan minuman jahe ini secara dingin yang bisa bikin kamu semakin segar dan bertenaga.

UMKM Lampung© UMKM Lampung

Makanan ringan lainnya

Jika kamu berkesempatan membeli aneka jajanan UMKM Lampung, jangan lewatkan untuk membeli Empingan yang merupakan emping udang khas Lampung yang disajikan secara instan. Kamu tinggal menggorengnya dengan minyak goreng panas.

UMKM Lampung© UMKM Lampung

Terdapat dua varian rasa, manis dan pedas, Empingan ini terbuat dari biji melinjo piliha, 100 persen udang segar asli, bawang putih, cabai, garam, gula dan rempah-rempah.

Nikmati Empingan bersama sajian kuah hangat pilihan kamu, Sahabat Dream.

5 dari 5 halaman

Sudah halal

Selain itu, aneka aneka kripik seperti tahu, pisang, nangka serta kue lapis bisa kamu jadikan buah tangan atau hampers hari raya untuk keluarga, teman, dan kerabat.

Tenang, semua produk UMKM Lampung di atas sudah dilabeli cap halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

UMKM Lampung© UMKM Lampung

Jadi, Sahabat Dream nggak perlu khawatir soal kehalalannya. Silakan diintip-intip akun media sosial mereka berikut ini:

@rafinsnack_lpg
@utama_coffee
@dwilambarco
@vistapalmsuga
@naturefoodlampung
@pyana.farm

Beri Komentar