Kosmetik Indonesia Ditunggu Wanita Saudi

Reporter : Maulana Kautsar
Senin, 29 Oktober 2018 08:16
Kosmetik Indonesia Ditunggu Wanita Saudi
Ada perubahan kebijakan untuk perempuan Saudi. Pasar di Saudi terbuka lebar untuk kosmetik Indonesia.

Dream - Konsul Jenderal RI Jeddah, M. Hery Saripudin, mengajak pengusaha Indonesia melirik pasar Arab Saudi. Peluang pasar makanan, obat-obatan, otomotif, dan kosmetik Saudi, dianggap masih terbuka lebar bagi pengusaha Indonesia.

" Sejalan dengan kebijakan baru Arab Saudi yang membuka keran kebebasan wanita untuk mengendarai, mendirikan perusahaan tanpa izin suami, peluang ekonomi menanti Indonesia," tutur Hery, dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 26 Oktober 2018.

Hery mengatakan, optimis karena dunia busana dan kosmetik Arab Saudi akan berkembang berpacu dengan moderatisme. Saat ini, kebijakan Kerajaan Arab Saudi yang membolehkan kaum Hawa menambah aksesoris dan multi-warna pada abaya mereka di depan umum.

Hery juga meyakinkan kepemudaan dan hiburan akan memberikan peluang bagi industri kreatif Indonesia untuk bermain di pasar Arab Saudi.

Direktur Indonesian Trade Promotion Centre (ITPC) Jeddah, Gunawan, menjelaskan, kendala utama pengusaha Indonesia untuk memasuki pasar Saudi yaitu standar impor. Meski begitu, akan ada pakar dari Saudi yang diharapkan membantu.

“ Disamping itu, KJRI Jeddah juga terus menggalang kerja sama dengan Saudi Food and Drug Authority dan Saudi Accreditation and Standardization Organization (SASO) terkait dengan keberterimaan hasil pengukuran, dan pengujian standar halal produk Indonesia,” ujar Gunawan.

Beri Komentar