Gitar Kurt Cobain Laku Rp85 Miliar, Termahal di Dunia!

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 22 Juni 2020 11:35
Gitar Kurt Cobain Laku Rp85 Miliar, Termahal di Dunia!
Siapa pembelinya?

Dream – Gitar milik vokalis sekaligus gitaris legendaries band Nirvana, Kurt Cobain, terjual dengan harga US$6 juta, sekitar Rp85 miliar. Pembelian gitar ini memecahkan rekor gitar termahal di dunia.

Dikutip dari Sidney Morning Herald, Senin 22 Juni 2020, pembeli gitar itu adalah wirausahawan Australia, Peter Freedman. Dia membeli gitar itu untuk mendorong pemerintah supaya mendukung kesenian. Terlebih selama pandemi Covid-19, perhatian dan dukungan bagi komunitas seni terbilang kurang.

Freedman berencana membawa gitar itu ke Sydney, Melbourne, dan Perth, pada pertengahan Agustus untuk mengumpulkan dana. Dia ingin melobi pemerintah Australia untuk membuat skema keuangan bagi seniman yang menderita.

Selain Australia, pria ini juga akan membawa gitar ke Amerika Serikat, Inggris, dan Eropa, untuk melobi pemerintah lain dalam memberikan bantuan keuangan kepada para seniman.

“ Orang-orang yang saya kenal tidur di lantai, tidak bisa makan. Itu gila. Tak ada layanan, dukungan,” kata dia.

1 dari 2 halaman

Kalahkan Rekor Gitar Rp55 Miliar

Sekadar informasi, gitar ini dimainkan Cobain di pertunjukan Nirvana’s MTV Unplugged. Gitar The Martin 1959 D-18 E ini dibeli Freedman di acara Music Icon dalam pelelangan di California, Amerika Serikat.

Pertunjukan ini direkam pada November 1993, lima bulan sebelum kematian vokalis Nirvana. Pertunjukan ini diabadikan di album live band MTV Unplugged di New York dan dirilis pada 1994.

Pembelian itu memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh Stratocaster hitam milik David Gilmour dari Pink Floyd yang dijual dengan harga US$ 3,95 juta (Rp55,76 miliar) pada tahun lalu.

2 dari 2 halaman

Masih Tak Percaya

Freedman sendiri tak percaya telah membeli gitar dengan harga yang fantastis. “ Saya masih kaget,” kata dia.

Meskipun masih terkejut, Freedman mengatakan harga yang ditawarkan masih terbilang ideal. Bahkan, kalau perlu, harga tembus US$10 juta (Rp141,16 miliar) pun tetap dia “ bungkus”.

" Saya memang mencoba untuk melakukan beberapa tawaran yang cukup besar,” kata dia.

Beri Komentar