Langkah Agar Menjadi Kaya, dengan Mudah

Reporter : Ramdania
Kamis, 3 Desember 2015 08:33
Langkah Agar Menjadi Kaya, dengan Mudah
Ini solusi jadi kaya dengan gaji pas-pasan.

Dream - Gajian seharusnya menjadi hari yang menyenangkan, tapi bagi sebagian orang, gajian justru waktunya memikirkan utang. Sehingga uang gaji kadang-kadang sudah habis sebelum akhir bulan.

Hidup mengandalkan gaji adalah hal normal tetapi Anda tidak akan pernah bisa maju secara finansial. Karena Anda tidak punya lagi sumber penghasilan lainnya.

Untuk itu banyak yang mengira butuh keberuntungan dan warisan untuk menjadi kaya. Tetapi dengan pengetahuan yang luas, Anda bisa mengambil beberapa tips dari jutawan seperti di bawah ini untuk menjadi orang kaya.

Seperti dikutip dari Lifehack, Kamis, 3 Desember 2015, ada beberapa langkah agar bisa menjadikan Anda kaya dengan mudah: 

 

Klik halaman berikutnya... 

1 dari 5 halaman

Anggaran Rencana Keuangan

 

Dream - Jika ingin uang Anda untuk tumbuh, Anda harus mulai dengan membuat anggaran dan rencana keuangan yang cerdas. Tuliskan dalam buku catatan atau jurnal Anda, kemudian tekuni semua anggaran dan rencana keuangan tersebut.

Sebuah rencana anggaran dan keuangan hanya bisa bekerja jika Anda menganggapnya sebagai sesuatu yang serius. Tuliskan penghasilan dan kemudian hitung semua tagihan Anda agar Anda tahu berapa banyak uang yang harus dikeluarkan.

Lebih penting lagi pastikan bahwa Anda memiliki cukup uang sebagai back-up keuangan rumah tangga. Jika tagihan lebih besar dari penghasilan, Anda perlu membuat beberapa penyesuaian.

Sebelum mencoba untuk berinvestasi atau menyalurkan uang ke pos lain, utamakan untuk selalu membayar utang Anda. Selalu punya utang akan menghambat Anda mencapai potensi keuangan yang diinginkan.

Jadi mulailah memotong setiap pengeluaran yang tidak perlu. Juga tuliskan tujuan yang Anda ingin dapatkan dalam beberapa waktu seperti melunasi utang kartu kredit, pinjaman pendidikan atau berinvestasi di pasar uang. Dengan uang yang tersisa, pastikan Anda menggunakannya dengan bijak. Anda bisa menggunakannya untuk membayar utang atau berinvestasi. 

2 dari 5 halaman

Banyak `Lubang`

 

Dream - Memiliki penghasilan tetap adalah sesuatu yang didambakan orang. Tetapi jika punya berbagai sumber pendapatan, tentu akan menambah pundi-pundi keuangan Anda.

Menciptakan sumber pendapatan bisa dengan bekerja paruh waktu di akhir pekan atau selalu mengambil kerja lembur. Tetapi hal ini harus disesuaikan dengan kondisi kesehatan dan kemampuan Anda.

Jangan sampai demi mendapat pendapatan tambahan, hubungan dalam rumah tangga atau kesehatan Anda memburuk. Jika perlu, Anda bisa membuka bisnis sendiri dengan memanfaatkan hobi atau waktu luang yang ada. 

3 dari 5 halaman

Menabung dan Menabung

 

Dream - Ketika pertama kali memulainya Anda akan merasa sulit untuk menyisihkan sebagian pendapatan untuk ditabung. Tetapi menyisihkan sedikit pendapatan per bulan dapat membuat perbedaan. Biarkan uang bekerja ketika Anda menyimpannya di bank.

Anda tentu tidak akan melihat uang tumbuh jika menyimpannnya di bawah kasur. Buatlah tabungan untuk keadaan darurat jika diperlukan, sehingga ketika Anda berhenti bekerja atau ada situasi darurat yang memerlukan dana segar segera, Anda masih punya cadangan untuk menutupinya.

Carilah cara agar Anda bisa menghemat uang. Kurangi makan di luar, turunkan tagihan TV kabel atau menyesuaikan anggaran belanja sehingga Anda dapat menabung lebih banyak. Segera lunasi kartu kredit dan utang lainnya sehingga Anda dapat menyimpan uang. Anda harus berusaha untuk menyimpan sebanyak-banyaknya dari penghasilan Anda.

Semakin banyak Anda menyimpan, semakin banyak uang yang bisa Anda gunakan untuk berinvestasi baik dengan membangun bisnis sendiri atau di pasar. Banyak jutawan yang mulai dari kecil, tetapi tujuan utama mereka adalah menyimpan sebanyak lebih dari yang mereka habiskan. 

4 dari 5 halaman

Di Bawah Standar

 

Dream - Orang biasa selalu hidup di atas kebutuhan mereka, tetapi orang kaya justru sebaliknya. Kebanyakan orang kaya mungkin akan memberitahu Anda bahwa salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan kebanyakan orang adalah hidup di atas kemampuan mereka.

Mobil mewah, pakaian bermerek, perhiasan mewah dan perjalanan mahal, semua itu membutuhkan uang yang tidak sedikit. Jangan biarkan penghasilan untuk mengontrol Anda; tapi Anda lah yang mengontrol penghasilan.

Bukan berarti Anda tidak boleh memiliki barang bagus, hanya lebih fokus pada kebutuhan daripada keinginan.

Bagi orang kaya, kenyamanan dan fungsi adalah yang paling penting dari sebuah barang atau jasa. Mereka selalu melakukan survei jika akan membeli barang atau jasa sehingga tidak akan membuat kesalahan yang akan disesali kemudian.

Jika Anda merasa bersalah jika belanja barang berlebihan, hindari sering berkunjung ke mal dan butik.

5 dari 5 halaman

Bantuan Profesional

 

Dream - Ada kesalahpahaman yang mengatakan hanya orang kaya yang bisa memanfaatkan jasa perencana keuangan profesional. Padahal, orang biasa juga bisa meminta bantuan perencana keuangan profesional.

Seorang perencana keuangan akan membantu Anda untuk membuat keputusan yang cerdas tentang uang Anda, terlepas dari apakah itu seratus ribu atau satu juta.

Seorang perencana keuangan bisa membantu Anda untuk mengetahui tentang portofolio dan investasi. Mereka akan menggunakan keahlian mereka untuk membantu Anda membuat keputusan.

Namun semuanya tetap tergantung pada keterlibatan Anda dalam proses tersebut sehingga Anda tahu persis ke mana perginya uang Anda.

Beri Komentar