Lihat Video Buang Sampah ke Laut, Begini Respons Menteri Susi

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 14 Februari 2018 13:29
Lihat Video Buang Sampah ke Laut, Begini Respons Menteri Susi
Padahal, kita diajarkan untuk tak membuang sampah sembarangan, sedari kecil.

Dream – Sejak kecil, orang tua dan guru mengajarkan kita untuk menjaga kebersihan lingkungan. Salah satunya tidak membuang sampah sembarangan, termasuk di laut. Faktanya?

Ternyata, masih ada orang-orang yang membuang sampah sembarangan di laut. Seperti yang diungkapkan oleh pengguna Twitter, @mozafemimoza, sebagaimana dikutip Dream, Rabu 14 Februari 2018.

“ Buang sampah sembarangan di laut. Sayang, mereka nggak sadar sedang merusak mata pencaharian mereka sediri… Lokasi: Tempat Wisata Dongola, Palu, Sulawesi Tengah.—Pemilik video: Febryanto Kurniawan,” cuit pengunggah.

Dia mengatakan, ada risiko jika menegur warga secara langsung supaya tidak membuang sampah sembarangan. Pernah ada orang hampir dikeroyok warga setelah menegur warga sekitar karena memberikan teguran agar tidak membuang sampah di sana.

“ Jadi, tindakan menegur seperti itu cukup berisiko,” kata @mozefemimoza.

Untuk itu, lanjut pengunggah, perlu ada dokumentasi untuk bukti jika akan dilaporkan ke pemerintah daerah setempat untuk dicarikan solusinya. Kalau perlu, ada tindakan tegas demi menjaga kebersihan laut.

“ Kesadaran untuk tidak membuang sampah di laut ini, haruslah datang dari diri kita, tetapi juga ada peraturan daerah yang mengatur. Kesadaran dari masyarakat untuk menjaga lingkungan laut agar tetap bersih juga penting sehingga bisa saling mengingatkan untuk sama-sama menjaga biota di laut,” tulis dia.

Unggahan ini mendapatkan perhatian dari Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti. Susi meminta warganet untuk memviralkan video ini sampai pemerintah daerah menegur pemilik tempat wisata itu.

“ Ayo, sebarkan sampai pemda menegur tempat wisata ini,” cuit Susi.

Warganet juga meminta Susi untuk langsung menegur pemdanya. Mereka khawatir pemda setempat justru tidak bertindak cepat.

“ Bu, tolong bisa ditegur langsung nggak bu, pemdanya. Biar pemdanya gercep. Ini parah banget, lo, Bu. Nunggu viral kalau udah nyebar ke mana-mana, sampai ke luar negeri malu juga, bu,” tulis @ReekoGG.

Ini videonya.

 

 

Beri Komentar