Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Mark Zuckerberg Bukan Lagi Miliarder tapi Centibillionaire, Apa Itu?

Mark Zuckerberg Bukan Lagi Miliarder tapi Centibillionaire, Apa Itu? (Foto: Shutterstock)

Dream - Mark Zuckerberg resmi masuk daftar khusus orang kaya yang layak mendapat status centibillionaire. Sebelumnya, gelar khusus ini hanya dipegang dua miliarder tajir, pemilik Microsoft Bill Gates dan bos Amazon Jeff Bezos.

Centibillionaire adalah status yang diberikan kepada seseorang yang memiliki kekayaan sebesar US$100 miliar setara Rp1.488 triliun (kurs Rp1.488 per US$).

Masuknya Zuckerberg dalam kelompok Centribillioanaire terjadi setelah harga saham Facebook melayang 6,5 persen pada pekan lalu.

Penguatan harga saham Facebook itu dipicu informasi perusahaan sosial media terbesar dunia itu yang akan meluncurkan Reels, fitur mirip TikTok di platform Instagram.

Isu ini berbarengan dengan keputusan Presiden AS, Donald Trump yang melarang TikTok beroperasi di Negeri Paman Sam.

Reels diluncurkan seminggu setelah Facebook melaporkan kinerja keuangan yang kuat. Perusahaan melaporkan pengguna jejaring sosialnya saat ini sudah mencapai rekor 3 miliar pengguna di seluruh platformnya, termasuk WhatsApp dan Instagram.

 

Corona Bikin Zuckerberg Makin Tajin

Perusahaan juga mengaku diuntungkan dengan Pandemik Covid-19 karena lebih banyak masyarakat di seluruh dunia berdiam di rumah. Sentimen tersebut membuat saham Facebook naik hampir 30 persen sepanjang tahun ini. Kenaikan yang membuat kekayaan Zuckerberg naik US$ 22 miliar.

Kiprah Zuckerberg di kehidupan kalangan orang terkaya dunia sudah mulai diketahui pada tahun 2010. Kala itu Facebook ini turut menandatangani Giving Pledge, sebuah inisiatif yang digagas oleh Warren Buffett dan Bill dan Melinda Gates untuk mengajak orang-orang kaya di dunia agar menyumbangkan sebagian besar kekayaan mereka untuk amal.

Akhirnya, di tahun 2015, Zuckerberg mengumumkan bahwa akan memberikan apa yang dia hasilkan dari 99 persen saham Facebooknya.

(Sah, Sumber: Theguardian.com)

Punya Harta Rp1.098 T, Mark Zuckerberg Tepergok Beli TV Diskonan?

Dream - Di dunia bisnis dan teknologi, nama Mark Zuckerberg tak asing didengar. Pria ini merupakan orang yang sukses mendirikan Facebook dan tercatat sebagai salah satu orang terkaya di dunia.

Data Real Time Billionaire Forbes, Selasa 7 Januari 2020, mencatat harta Zuckerberg saat ini mencapai US$78,7 miliar atau sekitar Rp1.098,69 triliun. Dengan harta ini, dia menjadi orang terkaya kelima di dunia.

Meskipun menyandang “gelar” orang tajir melintir, Zuckerberg juga seperti para ayah umumnya. Ayah dua anak ini menyukai barang diskonan.

Dikutip dari Business Insider, bos Facebook ini tertangkap basah sedang berbelanja di salah satu supermarket di California, Amerika Serikat, Costco. Bersama sang istri, Zuckerberg melihat-lihat televisi yang sedang dipajang, seperti yang dikabarkan oleh TMZ.

Sekadar informasi, Costco ini merupakan toko untuk pembelian besar dan menawarkan harga yang lebih rendah daripada toko lainnya.

Selain suka barang murah, pasangan ini juga kedapatan makan McDonald’s di Roma, Italia, setelah beberapa hari menikah pada 2012.

Facebook dan Zuckerberg tak merespons berita ini saat dihubungi oleh Business Insider.

Harta Mark Zuckerberg Terkuras Rp232 Triliun

Dream – CEO Facebook, Mark Zuckerberg, kehilangan harta senilai US$16 miliar (Rp232,04 triliun) sepanjang 2018. Kekayaan Zuckberberg menghilang skandal pencurian data pengguna.

Dikutip dari Telegraph, Selasa 18 Desember 2-018, berdasarkan Bloomberg Business Index, Zuckerberg saat ini memiliki harta senilai US$57 miliar atau sekitar Rp827,09 triliun. Sementara di awal tahun, kekayaannya tercatat menyentuh angka US$73 miliar atau Rp1.059,18 triliun.

Di pertengahan tahun 2018, tepatnya pada bulan Juli, kekayaan Zuckerberg sempat melambung hingga US$82 miliar (Rp1.189,76 triliun).

Ketika itu, Zuckerberg melampaui Warren Buffet sebagai orang terkaya ketiga di dunia. Ketika itu, Jeff Bezos dan Bill Gates menjadi orang terkaya pertama dan kedua di dunia.

Akhir Juli, Hartanya Jeblok

quotes mark zuckerberg

Akhir Juli, kekayaan Zuckerberg anjlok gara-gara skandal Facebook. Sekadar informasi, 98 persen kekayaan suami Priscilla Chan ini berasal dari saham Facebook. 

Sepertiga nilai perisahaan tergerus selama lima bulan terakhir.

Sejak itu, perusahaan ini berjuang untuk bangkit setelah dihantam beragam masalah, seperti skandal pencurian data pengguna hingga seruan untuk perombakan kepemimpinan. Zuckerberg didesak mundur sebagai ketua oleh para investor perusahaan.(Sah)

Mark Zuckerberg Kehilangan Harta Rp246 Triliun dalam 120 Menit

Dream – Datang dengan mudah dan pergi dengan cepat. Itulah yang terjadi pada kekayaan Bos Facebook, Mark Zuckerberg. Hanya dalam hitungan 120 menit, atau 2 jam, hartanya lenyap US$16,8 miliar atau sekitar Rp243,1 triliun.

Hilangnya kekayaan Zuckerberg diakibatkan saham Facebook yang anjlok sampai 20 persen pada Kamis 26 Juli 2018.

Secara keseluruhan, Facebook harus kehilangan kapitalisasi pasar US$130 miliar (Rp1.881,2 triliun) dari bursa saham Amerika. 

Dikutip dari laman USA Today, Jumat 27 Juli 2018, saham Facebook merosot dari US$217,5 (Rp3,14 juta) menjadi US$173,5 (Rp2,51 juta). Pada sesi penutupan, saham Facebook rontok 24 persen pada Rabu 25 Juli 2018.

Chief Financial Officer Facebook, David Wehner, mengatakan pemicu aksi jual saham Facebook adalah pertumbuhan Facebook yang melambat.

Tentunya, penurunan saham ini berimbas kepada kekayaan Zuckerberg. Saham Facebook yang turun ini membuat Zuckerberg terdepak dari jajaran lima orang terkaya sejagat.

Dia “turun tingkat” dari posisi ketiga orang terkaya di dunia menjadi orang terkaya keenam di dunia di Bloomberg Billionaire Index. Menurut Bloomberg Billionaire Index, kekayaan Zuckerberg saat ini sebesar US$70,6 miliar (Rp1.021,63 triliun).

Kekayaan Zuckerberg itu berada di bawah kekayaan bos Zara, Amancio Ortega, yang punya harta US$73,4 miliar (Rp1.062,15 triliun).

(Sah) 

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Riset Ungkap Orang Kaya atau Miskin Dapat Terlihat dari Wajah

Riset Ungkap Orang Kaya atau Miskin Dapat Terlihat dari Wajah

CEO Facebook Mark Zuckerberg dan CEO Amazon Jess Bezos, memiliki beberapa bentuk wajah yang disebutkan dalam penelitian tersebut

Baca Selengkapnya
Kemanakah Miliarder Dunia Habiskan Waktu Liburannya?

Kemanakah Miliarder Dunia Habiskan Waktu Liburannya?

Kemanakah orang-orang kaya di dunia menghabiskan waktu liburannya?

Baca Selengkapnya
Mark Zuckerberg Bangun Bunker Bawah Tanah Rp4 Triliun, Persiapan Hadapi Kiamat

Mark Zuckerberg Bangun Bunker Bawah Tanah Rp4 Triliun, Persiapan Hadapi Kiamat

Sang maestro media sosial disebut membangun itu untuk persiapan hari kiamat.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Desa Miliarder di Gresik Miliki Utang di Bank, Warga Ngamuk Robohkan Patung Mantan Kades

Desa Miliarder di Gresik Miliki Utang di Bank, Warga Ngamuk Robohkan Patung Mantan Kades

Desa Miliarder di Gresik ternyata memperoleh dana hasil utang di bank. Warga pun kecewa dengan kepala desa dan merubuhkan beberapa patung.

Baca Selengkapnya
Bill Gates Ungkap Tiga Profesi yang Kebal AI

Bill Gates Ungkap Tiga Profesi yang Kebal AI

Profesi apa saja yang kebal AI, menurut Bill Gates?

Baca Selengkapnya
Miliarder Ini Pilih Berikan Perusahaannya ke Semua Karyawan daripada Menjualnya

Miliarder Ini Pilih Berikan Perusahaannya ke Semua Karyawan daripada Menjualnya

Pengusaha kaya ini lebih ingin mensejahterakan karyawan daripada memikirkan keuntungan untuk diri sendiri

Baca Selengkapnya
Mark Zuckerberg dan Istri Terkesima Lihat Jam Tangan Konglomerat India, Anant Ambani

Mark Zuckerberg dan Istri Terkesima Lihat Jam Tangan Konglomerat India, Anant Ambani

Mark Zuckerberg dan Istri datang ke pernikahan Konglomerat India, Anant Ambani.

Baca Selengkapnya
Deretan Outfit Memikat Mark Zuckerberg dan Sang Istri di Pernikahan Crazy Rich India

Deretan Outfit Memikat Mark Zuckerberg dan Sang Istri di Pernikahan Crazy Rich India

Pasangan ini tampil dengan beberapa busana khas India. Lihat style seru mereka yuk!

Baca Selengkapnya
10 Perempuan Terkaya di Dunia, Tajir dari Keringat Sendiri Bukan Harta Warisan

10 Perempuan Terkaya di Dunia, Tajir dari Keringat Sendiri Bukan Harta Warisan

Para perempuan miliarder ini menjadi kaya raya bukan karena warisan orangtuanya. Semua kekayaan berasal dari usaha dan keringat sendiri.

Baca Selengkapnya