Jack Ma: Mau Sukses? Jangan Belajar dari Kesuksesan Orang

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 13 September 2018 10:15
Jack Ma: Mau Sukses? Jangan Belajar dari Kesuksesan Orang
Nasihat yang terdengar aneh dari Jack Ma. Apa maksudnya?

Dream – Minggu lalu, salah satu miliarder terkaya di dunia, Jack Ma, mengumumkan akan mundur dari Alibaba. Jack Ma akan pensiun dari perusahaan yang telah dirintisnya 19 tahun yang lalu.

Pria ini telah banyak makan asam garam untuk meraih sukses.

Sebelum menjadi orang terkaya di China, Jack Ma ternyata pernah ditolak 30 kali ketika melamar pekerjaan, termasuk di restoran cepat saji, Kentucky Fried Chicken (KFC).

Ada satu hal yang diajarkan oleh Jack Ma tentang kesuksesan. Dia mengajarkan anak muda untuk tak belajar dari kisah sukses orang lain.

Mantan guru bahasa Inggris ini menyebut pelajaran yang diambil bukanlah tentang seberapa banyak hal yang telah dicapai, melainkan kesulitan dan kesalahan yang dilalui.

“ Kalau ingin sukses, belajar dari kesalahan-kesalahan orang lain. Jangan belajar dari kisah sukses mereka,” kata Jack Ma di World Economic Forum 2018.

Jack Ma mengatakan dia akan kembali ke dunia pendidikan. Kangen, katanya.

“ Saya sangat rindu mengajar. Saya datang ke dunia bisnis secara tidak sengaja,” kata mantan guru bahasa Inggris ini.

1 dari 3 halaman

Pemuda, Tentukan Fokus dalam 30 Tahun ke Depan

Jack Ma mengingatkan pemuda untuk menentukan fokus dalam 30 tahun ke depan. Dia juga membuat rencana jangka panjang ketika menjalankan bisnisnya di Alibaba. Misalnya, ketika berusia 20 tahun—30 tahun, pemuda mengikuti atasan yang baik dan bergabung dengan perusahaan hebat untuk belajar melakukan hal yang benar. Ketika berusia 30 tahun—40 tahun, baru mulai sendiri untuk berusaha.

“ Masih ada waktu belajar saat salah atau gagal,” kata dia.

Jack Ma juga mengingatkan kawula muda, terutama pebisnis, untuk memprioritaskan stabilitas, keluarga, dan generasi masa depan. Dia menyarankan agar penyaluran bakat dilakukan pada usia 40 tahun—50 tahun.

“ Pada usia 50 tahun—60 tahun, habiskan waktu untuk melatih dan mengembangkan generasi muda. Di atas 60 tahun, habiskan masa tua bersama cucu-cucu Anda,” kata dia.

(Sumber: Liputan6.com/Sisca Amelia F. Deil) 

2 dari 3 halaman

Tahun Depan, Jack Ma Mundur Jadi Bos Alibaba

Dream – Bos Alibaba, Jack Ma, memasuki masa pensiun. Perusahaan ini memilih Daniel Zhang sebagai pengganti Jack Ma.

Nantinya, Daniel akan memimpin sebagai CEO Alibaba pada 10 September 2019.

Dilansir dari CNBC, Senin 10 September 2018, Jack Ma akan melanjutkan kepemimpinannya di Alibaba selama 12 bulan ke depan. Selama periode ini, dia melakukan transisi kepimpinan yang halus kepada Zhang. Setelah itu, Jack Ma akan tetap di kursi direksi Alibaba sampai pertemuan pemegang saham tahunan 2020.

Di sebuah surat kepada pelanggan dan pemegang saham Alibaba, Jack Ma mengatakan Alibaba telah melangkah ke tingkat berikutnya dengan tata kelola perusahaan yang bergantung pada individu dan dibangun di atas sistem keunggulan organisasi dan budaya pengembangan bakat.

Dia percaya diri penunjukan Daniel adalah langkah yang tepat. Mantan guru bahasa Inggris ini optimistis Daniel dan tim telah siap untuk memimpin Alibaba.

“ Saya memiliki keyakinan penuh pada generasi pemimpin kami berikutnya,” tulis Jack Ma.

3 dari 3 halaman

Ke Mana Jack Ma?

Usai tak lagi menjadi bos Alibaba, Jack Ma ingin memperkuat perannya di Alibaba Partnership sebagai mitra pendiri. Alibaba Partnership merupakan kelompok yang terdiri dari 36 pemimpin senior yang dipercayakan dengan visi, misi, dan nilai perusahaan.

Dia juga ingin kembali ke bidang pendidikan.

“ Saya juga ingin kembali ke pendidikan, yang membuat saya bergairah. Saya menyukai pendidikan,” kata Jack Ma.

Beri Komentar
Terima Kritik Pedas, Nada Zaqiyyah: Ternyata Adik Kelas Aku Sendiri