5 Kunci Sukses Bos Indika Energy Bangun Perusahaan Raksasa

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 16 November 2020 10:47
5 Kunci Sukses Bos Indika Energy Bangun Perusahaan Raksasa
Tentu ada hal-hal yang berperan penting untuk meraih sukses.

Dream – President Director PT Indika Energy Tbk, Arsjad Rasjid, berbagi pengalamannya dalam membangun perusahaan. Salah satu kunci sukses dari perusahaan yang bergerak di bidang batu bara bisa tetap tumbuh adalah value atau nilai-nilai yang menjadi kultur individu dan bisnisnya.

“ Saya percaya sekali bahwa setiap organisasi dilatarbelakangi dari individunya sendiri. Jadi value itu salah satu kunci pondasinya dan Pancasila menjadi based value. Ini sangat penting karena dalam lima sila itu sangat dibutuhkan dalam membuat pondasi,” kata Arsjad dalam IDEAFEST 2020, dikutip dari Merdeka.com, Minggu 15 November 2020.

Lima nilai yang dibangun untuk menjadi panduan manajemen dan karyawan Indika Energy Group adalah integrity, achievement, unity in diversity, teamwork, dan social responsibility.

“ Kalau saya bicara tentang integritas, itu sama dengan respect,” kata dia.

1 dari 2 halaman

Ini yang Jadi Tantangan

Kedua adalah achievement, ini merupakan sebuah tantangan yang harus dibuat. Dalam keadaan apapun, itu harus dilakukan.

Ketiga, unity in diversity yang diambil dari Bhineka Tunggal Ika. Arsjad mengatakan manusia tinggal di tengah keberagaman, misalnya beda agama, suku, dan ras.

Keberagaman ini bisa membantunya untuk membuat keputusan. Contohnya pada saat pandemi ini, dalam membuat suatu keputusan, kalau hanya melihat dari satu perspektif saja pasti tidak akan menemukan suatu solusi yang terbaik.

“ Tapi kalau kita lihat dari perspektif yang berbeda, dari setiap orang-orang yang berbeda dan dari background yang berbeda, pasti hasil keputusannya sangat kaya dan baik sekali. Jadi menghormati perbedaan dalam membuat keputusan tadi bisa membuat kita menjadi satu,” kata dia.

2 dari 2 halaman

Gotong Royong

Keempat adalah teamwork atau gotong royong. Dia mengatakan bahwa dengan gotong royong antar individu, perbedaan pendapat pun bisa diatasi dengan cara mengisi kekurangan satu sama lain. Nantinya itu akan menjadi suatu keputusan akhir yang hebat.

Kelima adalah social responsibility, bahwa seseorang memiliki kewajiban untuk bekerja dan bekerja sama dengan individu dan organisasi lain untuk kepentingan masyarakat luas.

" Lalu setelah kita memiliki integritas, toleransi dalam berpikir, akhirnya kita juga akan bekerja dengan agility. Bagaimana seseorang harus tangkas dalam menghadapi perubahan situasi dan tantangan yang ada,” kata Arsjad.

Tentunya, menerapkan value yang ada akan menciptakan sistem leader yang luar biasa. Jika pemimpin punya nilai, organisasi atau perusahaannya akan berjalan baik.

“ The values must be right,” kata dia.

Beri Komentar