Cara Agar Bisa Diterima Kerja dalam 30 Detik

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 11 Mei 2020 14:33
Cara Agar Bisa Diterima Kerja dalam 30 Detik
Semua kunci ada di dokumen CV kamu.

Dream – CV atau Curriculum Vitae adalah dokumen yang di dalamnya memuat informasi yang lengkap dari seseorang. Informasi itu berupa nama lengkap, alamat, hingga pengalaman profesional dalam bekerja.

Semua informasi penting mengenai pengalaman pendidikan formal maupun tidak formal dan pencapaian dalam hal profesional harus disampaikan dengan baik di dalam CV. Dalam membuat CV, informasi yang dibuat sebenarnya terbatas. Maka dari itu, CV harus dibuat semenarik mungkin dengan desain yang eyecacthing sehingga membuat perekrut tidak bingung dalam membacanya.

Hanya butuh 30 detik bagi perekrut dalam membaca CV yang dikirimkan. Kemudian perekrut bisa memutuskan apakah kita akan lolos dalam tahap berikutnya. Jika CV yang dikirimkan memenuhi syarat maka akan diundang dalam tahap selanjutnya.

Nah, bagaimana cara agar perekrut tertarik dengan CV yang kita kirimkan? Ini caranya, dikutip dari Merdeka.com, Senin 11 Mei 2020.

1 dari 3 halaman

1. Pekerjaan Terakhir Adalah Kunci

Tulis singkat pekerjaan terakhirmu di dalam CV yang kamu kirimkan. Apalagi pekerjaan terakhirmu sesuai dengan lowongan yang perekrut butuhkan.

Setelah perekrut meloloskan untuk tahap interview maka ceritakan pengalaman di pekerjaan terakhirmu. Tekankan pada kontribusimu dalam pekerjaan terakhirmu, pencapaian yang kamu raih selama bekerja, dan jangan lupa ceritakan secara singkat.

2 dari 3 halaman

2. Pentingnya Data

Mungkin ketika menceritakan pengalamanmu, perekrut kurang mengerti tentang gambaran apa yang sudah kamu lakukan di pekerjaanmu yang lama. Maka gambarkanlah dengan data atau angka.

 

 © MEN

 

Seperti Saya bisa membuat produk A sebanyak 1.500 unit dalam waktu 2 bulan. Atau Saya bisa memproduksi video iklan berdurasi 3 menit dalam waktu 2 minggu

3 dari 3 halaman

3. Lamaran Singkat dan Padat

Kembali lagi dalam 30 detik. Sekarang posisikan kamu adalah perekrut apakah kamu bisa menerima informasi yang mendetail dari CVmu? CV yang singkat dan padat akan lebih menarik jika hanya dibuat dalam satu halaman saja. Berbeda dengan orang yang sudah memiliki banyak pengalaman kerja atau sudah lama bekerja.

Secara teknis, format CV sebaiknya dikirimkan dengan format .pdf. Jika kamu sudah membuat dengan format Words segera ubah dengan mesin pengubah format Words menjadi format .pdf.

Beri Komentar