Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Tarik Napas Dulu, Ini Tips Bebas dari Stres Saat Kerja dari Rumah

Tarik Napas Dulu, Ini Tips Bebas dari Stres Saat Kerja dari Rumah Bagaimana Caranya Agar Tidak Stres Saat Bekerja Dari Rumah? (Foto: Shutterstock)

Dream – Bekerja dari rumah atau work from home (WFH) lebih dari tiga pekan mulai membuat sebagian pegawai merasa bosan, jenuh hingga stres. Kondisi mental Ini bisa memicu beban pikiran yang negatif, bahkan sampai menimbulkan sakit.

“Pola yang berubah dari kebiasaan ini menjadi tantangan tersendiri, apalagi situasi bersamaan dengan anak-anak yang harus bersekolah dari rumah,” kata General Manager Human Capital Dompet Dhuafa, Maya Sita Darlina, di Jakarta, dikutip pada Senin 6 April 2020.

Maya mengatakan banyak orang merasa pusing dan stres karena fungsi rumah juga berubah menjadi kantor. Ada tumpang tindih fungsi, yaitu interaksi dengan keluarga dan bekerja.

“Ditambah pula dengan situasi yang serba tidak pasti. Banyak informasi beredar di lini masa,” kata dia.

Lantas bagaimana mengatasi stres dan jenuh bekerja dari rumah mengingat masa WFH di beberapa perusahaan masih akan diperpanjang sampai pertengahan April mendatang?

Lakukan Self Regulation

Agar bisa bekerja dari rumah tanpa stres, lanjut psikolog ini, masyarakat harus bisa melakukan self regulation atas diri sendiri. Misalnya merencanakan jam kerja, mengevaluasi, dan mengadaptasi kondisi dari dalam diri dan lingkungan untuk mencapai tujuan.

“Tentunya dengan cara yang sesuai dengan yang kita inginkan dan berdampak positif untuk kita untuk keluarga,” kata dia.

Maya menganjurkan masyarakat yang bekerja dari rumah, untuk menyesuaikan pola kerja di kantor dengan kondisi rumah. Teknologi juga bisa dimanfaatkan untuk tetap menyelesaikan tugas.

“Pada prinsipnya WFH atau bekerja dari rumah bukan hari libur tetapi tetap bekerja hanya lokasi kerjanya saja yang berbeda, sehingga perlu penyesuaian penyesuaian dari diri kita untuk bisa menjalankannya dengan baik,” kata dia.

Kelola Stres

Bicara tentang sres, Maya mengajurkan untuk mengatur reaksi emosi terhadap sumber stres. Misalnya dengan menahan diri dan mengatur perasaan.

“Individu atau masyarakat mencari atau membentuk kelompok bantuan sosial support untuk tujuan mencari dukungan emosi agar kita menjadi 0positif emosinya, melakukan positif reinterpretasi (mengambil hikmah), acceptance (berserah diri),” kata dia.

Antisipasi stres saat menjalani pola WFH atau bekerja dari rumah bisa dengan berkomunikasi dengan semua anggota keluarga tentang pekerjaan yang dilakukan dan membentuk situasi kerja. Kemudian, jadwal juga bisa dibuat jika sudah punya anak atau bayi.

“Kita perlu punya support dari orang lain yang bisa menenangkan kita dengan menyakini semua orang punya kesulitan yang sama,” kata dia. 

4 Cara Usir Stres dan Kelelahan Saat Kerja dari Rumah

Dream – Bekerja dari rumah merupakan cara yang tidak cocok dilakukan untuk sebagian orang. Namun saat kebijakan work from home (WFH) datang untuk mengurangi penularan virus corona Covid-19, mereka terpaksa harus bekerja dari rumah dalam beberapa waktu.

Kamu yang sudah menjalani WFH selama dua pekan terakhir pasti sudah menyadari jika model bekerja seperti ini ternyata punya tantangan sendiri.

 

 

Saat bekerja dari rumah seperti saat ini, setiap orang cenderung lebih terasa nyaman karena dekat dengan anggota keluarga. Tak sedikit juga yang merasa sulit untuk tetap fokus dan mendedikasikan waktu untuk bekerja. Akan ada saat-saat ketika stres dan kelelahan akan muncul dan membuat hilangnya motivasi.

Untuk kamu yang stres bekerja dari rumah, dilansir dari Miss Kyra, Selasa 31 Maret 2020, ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengusir ketegangan dan kelelahan saat bekerja dari rumah.

Buat Jadwal

Pertama, buat jadwal. Bekerja dari rumah bisa kacau jika tidak terjadwal. Tuliskan hal-hal yang harus dilakukan.

Alokasikan waktu untuk setiap tugas. Pastikan tetap pada jadwal sehingga tidak membuat diri lebih stres.

Kedua, makan yang teratur. Hanya karena bekerja dari rumah dan ada banyak hal yang harus dilakukan, tidak berarti melewatkan makan adalah hal yang baik dilakukan.

Luangkan waktu yang tepat untuk memperhatikan menu makanan yang tepat. Hal tersebut akan membantu menghilangkan kelelahan juga.

Tetapkan Ruang Kerja Khusus

Ketiga, tetapkanlah ruang kerja khusus. Aturlah meja atau spot khusus untuk bekerja. Taruh beberapa bunga, dan pastikan pencahayaannya baik.

Memutar musik dan menyalakan lilin aromaterapi juga menjadi pilihan yang bagus. Karena akan menenangkan dan mengurangi stress saat bekerja dari rumah.

Keempat, berdandan. Tidak ada ruginya jika berdandan sedikit setiap pagi sebelum memulai pekerjaan.

Mandi, sisir rambut, rias wajah dan pakai baju yang bagus. Hal itu akan membuat diri merasa lebih segar dan memberi motivasi untuk bekerja lebih baik.

(Laporan: Raissa Anjanique)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
4 Tips Kurangi Rasa Begah Pada Lambung Saat Buka Puasa

4 Tips Kurangi Rasa Begah Pada Lambung Saat Buka Puasa

Begah tidak hanya karena terlalu banyak makan tapi bisa jadi karena kebiasaan makan yang kurang tepat dimana memberi beban tambahan pada kerja lambung.

Baca Selengkapnya
Tips Menata Kamar yang Kecil Terlihat Lebih Luas

Tips Menata Kamar yang Kecil Terlihat Lebih Luas

Kamar tidur yang rapi akan terlihat lebih luas dan nyaman. Kamu juga bisa melakukan beragam tips lain agar kamar tidur yang kecil terlihat lebih luas.

Baca Selengkapnya
5 Trik Bebas Sembelit Saat Puasa, Perut Jadi Lebih Nyaman

5 Trik Bebas Sembelit Saat Puasa, Perut Jadi Lebih Nyaman

Kadang kita kurang memperhatikan asupan serat saat sahur dan berbuka, sehingga buang air besar jadi sangat sulit atau keras.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Doa Buka Toko supaya Laris dan Tips Berdagang Ala Rasulullah yang Berkah

Doa Buka Toko supaya Laris dan Tips Berdagang Ala Rasulullah yang Berkah

Cara berdagang Rasulullah menghindarkan kita dari hal yang tidak diinginkan, seperti merugikan salah satu pihak.

Baca Selengkapnya
Puasa Bukan Alasan untuk Tidak Olahraga,  Cari Tahu Triknya Biar Tetap Bisa Aktif

Puasa Bukan Alasan untuk Tidak Olahraga, Cari Tahu Triknya Biar Tetap Bisa Aktif

Saat berpuasa dianjurkan agar tetap aktif, meski tidak berlebihan.

Baca Selengkapnya
4 Tips Hindari Perut Kembung, Perayaan Malam Tahun Baru Bakal Lebih Enjoy

4 Tips Hindari Perut Kembung, Perayaan Malam Tahun Baru Bakal Lebih Enjoy

Jangan sia-siakan malam tahun baru yang seru hanya karena perut tak nyaman akibat kembung, ikuti tips-tips ini.

Baca Selengkapnya
Curhat Nia Ramadhani Awasi Anaknya Kerjakan PR: 'Mulai Naik Nada Ngomong Gua'

Curhat Nia Ramadhani Awasi Anaknya Kerjakan PR: 'Mulai Naik Nada Ngomong Gua'

Setiap malam ia harus 'stand by' menemani putra putrinya belajar dan mengerjakan PR.

Baca Selengkapnya
Atasi Kantuk dengan 6 Cara Ini, Dijamin Puasa Segar Seharian!

Atasi Kantuk dengan 6 Cara Ini, Dijamin Puasa Segar Seharian!

Rasa kantuk ini seringkali muncul sebagai tamu tak diundang yang mengganggu produktivitas dan semangat dalam menjalani hari.

Baca Selengkapnya
3 Tips Menghindari Saraf Terjepit di Usia Muda

3 Tips Menghindari Saraf Terjepit di Usia Muda

Saraf terjepit bisa terjadi di usia muda dan menghambat kegiatan sehari-hari. Ada beberapa cara untuk mencegah dan mengatasinya.

Baca Selengkapnya