Bagaimana Caranya Agar Tidak Stres Saat Bekerja Dari Rumah? (Foto: Shutterstock)
Dream – Bekerja dari rumah atau work from home (WFH) lebih dari tiga pekan mulai membuat sebagian pegawai merasa bosan, jenuh hingga stres. Kondisi mental Ini bisa memicu beban pikiran yang negatif, bahkan sampai menimbulkan sakit.
“ Pola yang berubah dari kebiasaan ini menjadi tantangan tersendiri, apalagi situasi bersamaan dengan anak-anak yang harus bersekolah dari rumah,” kata General Manager Human Capital Dompet Dhuafa, Maya Sita Darlina, di Jakarta, dikutip pada Senin 6 April 2020.
Maya mengatakan banyak orang merasa pusing dan stres karena fungsi rumah juga berubah menjadi kantor. Ada tumpang tindih fungsi, yaitu interaksi dengan keluarga dan bekerja.
“ Ditambah pula dengan situasi yang serba tidak pasti. Banyak informasi beredar di lini masa,” kata dia.
Lantas bagaimana mengatasi stres dan jenuh bekerja dari rumah mengingat masa WFH di beberapa perusahaan masih akan diperpanjang sampai pertengahan April mendatang?
Agar bisa bekerja dari rumah tanpa stres, lanjut psikolog ini, masyarakat harus bisa melakukan self regulation atas diri sendiri. Misalnya merencanakan jam kerja, mengevaluasi, dan mengadaptasi kondisi dari dalam diri dan lingkungan untuk mencapai tujuan.
“ Tentunya dengan cara yang sesuai dengan yang kita inginkan dan berdampak positif untuk kita untuk keluarga,” kata dia.
Maya menganjurkan masyarakat yang bekerja dari rumah, untuk menyesuaikan pola kerja di kantor dengan kondisi rumah. Teknologi juga bisa dimanfaatkan untuk tetap menyelesaikan tugas.
“ Pada prinsipnya WFH atau bekerja dari rumah bukan hari libur tetapi tetap bekerja hanya lokasi kerjanya saja yang berbeda, sehingga perlu penyesuaian penyesuaian dari diri kita untuk bisa menjalankannya dengan baik,” kata dia.
Bicara tentang sres, Maya mengajurkan untuk mengatur reaksi emosi terhadap sumber stres. Misalnya dengan menahan diri dan mengatur perasaan.
“ Individu atau masyarakat mencari atau membentuk kelompok bantuan sosial support untuk tujuan mencari dukungan emosi agar kita menjadi 0positif emosinya, melakukan positif reinterpretasi (mengambil hikmah), acceptance (berserah diri),” kata dia.
Antisipasi stres saat menjalani pola WFH atau bekerja dari rumah bisa dengan berkomunikasi dengan semua anggota keluarga tentang pekerjaan yang dilakukan dan membentuk situasi kerja. Kemudian, jadwal juga bisa dibuat jika sudah punya anak atau bayi.
“ Kita perlu punya support dari orang lain yang bisa menenangkan kita dengan menyakini semua orang punya kesulitan yang sama,” kata dia.
Dream – Bekerja dari rumah merupakan cara yang tidak cocok dilakukan untuk sebagian orang. Namun saat kebijakan work from home (WFH) datang untuk mengurangi penularan virus corona Covid-19, mereka terpaksa harus bekerja dari rumah dalam beberapa waktu.
Kamu yang sudah menjalani WFH selama dua pekan terakhir pasti sudah menyadari jika model bekerja seperti ini ternyata punya tantangan sendiri.
Saat bekerja dari rumah seperti saat ini, setiap orang cenderung lebih terasa nyaman karena dekat dengan anggota keluarga. Tak sedikit juga yang merasa sulit untuk tetap fokus dan mendedikasikan waktu untuk bekerja. Akan ada saat-saat ketika stres dan kelelahan akan muncul dan membuat hilangnya motivasi.
Untuk kamu yang stres bekerja dari rumah, dilansir dari Miss Kyra, Selasa 31 Maret 2020, ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengusir ketegangan dan kelelahan saat bekerja dari rumah.
Pertama, buat jadwal. Bekerja dari rumah bisa kacau jika tidak terjadwal. Tuliskan hal-hal yang harus dilakukan.
Alokasikan waktu untuk setiap tugas. Pastikan tetap pada jadwal sehingga tidak membuat diri lebih stres.
Kedua, makan yang teratur. Hanya karena bekerja dari rumah dan ada banyak hal yang harus dilakukan, tidak berarti melewatkan makan adalah hal yang baik dilakukan.
Luangkan waktu yang tepat untuk memperhatikan menu makanan yang tepat. Hal tersebut akan membantu menghilangkan kelelahan juga.
Ketiga, tetapkanlah ruang kerja khusus. Aturlah meja atau spot khusus untuk bekerja. Taruh beberapa bunga, dan pastikan pencahayaannya baik.
Memutar musik dan menyalakan lilin aromaterapi juga menjadi pilihan yang bagus. Karena akan menenangkan dan mengurangi stress saat bekerja dari rumah.
Keempat, berdandan. Tidak ada ruginya jika berdandan sedikit setiap pagi sebelum memulai pekerjaan.
Mandi, sisir rambut, rias wajah dan pakai baju yang bagus. Hal itu akan membuat diri merasa lebih segar dan memberi motivasi untuk bekerja lebih baik.
(Laporan: Raissa Anjanique)
Advertisement
Universitas Udayana Buka Suara Terkait Dugaan Perundungan Timothy Anugerah
UU BUMN 2025 Perkuat Transparansi dan Efisiensi Tata Kelola, Tegas Anggia Erma Rini
Masa Tunggu Haji Dipercepat, dari 40 Tahun Jadi 26 Tahun
Viral Laundry Majapahit yang Bayarnya Hanya Rp2000
NCII, Komunitas Warga Nigeria di Indonesia
9 Kalimat Pengganti “Tidak Apa-Apa” yang Lebih Hangat dan Empatik Saat Menenangkan Orang Lain
PT Taisho Luncurkan Counterpain Medicated Plaster, Inovasi Baru untuk Atasi Nyeri Otot dan Sendi
Universitas Udayana Buka Suara Terkait Dugaan Perundungan Timothy Anugerah
Hasil Foto Paspor Shandy Aulia Pakai Makeup Artist Dikritik, Pihak Imigrasi Beri Penjelasan
Zaskia Mecca Kritik Acara Tanya Jawab di Kajian, Seperti Membuka Aib