BCA Membantu UMKM Agar Bisa Naik Kelas. (Foto: Shutterstock)
Dream – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) ikut mendorong bisnis UMKM di Indonesia agar bertumbuh. Bank ini menggelar BCA UMKM Fest.
Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmaja, mengatakan BCA UMKM Fest merupakan platform untuk membantu UMKM naik kelas. Di platform ini, ada 18 ribu produk unggulan dari 1.700 yang siap dipasarkan.
Puluan ribu UMKM tersebut di antara pengusaha yang bergerak di 7.500 produk makanan dan minuman, 5.800 fesyen, 1.500 hobi, 1.300 kesehatan dan kecantikan, serta 400 aksesori dan perhiasan.
“ Karena keterbatasan ruang gerak yang ada saat ini, kami menghadirkan BCA UMKM Fest secara online,” kata Jahja dalam konferensi pers virtual, ditulis Jumat 16 April 2021.
Kegiatan ini akan berlangsung selama 16 April-8 Mei 2021 di laman umkmfest.bca.co.id.
Jahja mengatakan BCA UMKM Fest ini merupakan komitmen untuk mengembangkan sektor ini. Dia juga berharap sektor UMKM tak hanya jago kandang, tetapi juga bisa menembus pasar luar negeri.
“ Kami sungguh berharap, produk UMKM tidak hanya menjadi tuan rumah di negeri sendiri dengan populasi terbesar di ASEAN dan ke-4 di dunia, tapi juga mampu berekspansi menembus pasar internasional,” kata dia.
(Laporan: Radhika Nada)
Dream – Layanan pengelolaan kas (cash management) PT Bank Central Asia Tbk (BCA), Klik BCA, meningkat selama pandemi Covid-19. Pada 2020, tercatat transaksi melalui Klik BCA mencapai 465 juta transaksi dari 210 ribu nasabah dengan volume Rp6.122 triliun.
“ Penetrasi cash management system BCA sudah mencapai 85 persen dari seluruh nasabah komersial small medium enterprise (SME),” kata Executive Vice President BCA, Rusdianti Salim, dalam webinar “ How to Win Your Customer’s Heart”, Rabu 24 Maret 2021.
Selain itu, Rusdianti mencatat transaksi multi channel lainnya, yaitu nasabah komersial SME BCA mencapai Rp1,4 miliar. Transaksinya mencapai Rp16.642 triliun.
Menurut dia, pandemi Covid-19 membuat pebisnis menahan ekspansi. Dengan begitu, dana yang mengendap di perbankan pun tinggi.
“ Dana yang mengendap ini berkontribusi signifikan, khususnya nasabah komersial SME, mencapai 19 persen lebih atau Rp183 triliun. Ini 84 persennya adalah CASA,” kata dia.
Dream – Sudah delapan windu, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) beroperasi di Indonesia. Presiden Direktur BCA membeberkan kunci sukses mengelola loyalitas nasabah, yaitu berinovasi untuk menyesuaikan berbagai kebutuhan nasabah dengan solusi dan layanan yang disediakan.
“ Selama 64 tahun bertumbuh, kami senantiasa berubah dan berkembang sesuai dengan kebutuhan nasabah. BCA terus melakukan inovasi agar solusi dan layanan perbankan tersebut dapat relevan dan menjawab berbagai kebutuhan nasabah,” kata Jahja dalam webinar “ How to Win Your Customer’s Heart”, Rabu 24 Maret 2021.
Dia berkata kebutuhan riil nasabah dan pelanggan berkembang dari waktu ke waktu baik dari sisi volume hingga cara memenuhi kebutuhan. Perubahan kebutuhan ini dicermati oleh perusahaan agar bisa menyediakan solusi yang tepat.
“ Dengan inovasi tiada henti dan nilai tambah yang selalu kami berikan secara optimal kepada nasabah, kami bersyukur dapat mengelola loyalitas nasabah dalam jangka panjang,” ujar Jahja.
Dream - Menginjak usia delapan windu, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) memberikan apresiasi kepada nasabah loyalnya. Apresiasi ini diberikan kepada nasabah komersial dan SME yang memanfaatkan sistem cash management bersama BCA hingga lebih dari 45 tahun.
Nasabah Commercial dan SME BCA yang menerima “ The Most Loyal Customers BCA” antara lain PT Gading Murni, perusahaan di bidang ritel, grosir dan supplier alat kantor asal Surabaya yang telah menjadi nasabah BCA selama 60 tahun; PT Asuransi Central Asia (ACA), perusahaan di bidang asuransi umum yang menjadi nasabah BCA selama 45 tahun; dan PT Kebayoran Pharma; perusahaan di bidang distribusi produk farmasi yang juga telah 45 tahun menjadi nasabah BCA.
Direktur BCA Henry Koenaifi, mengatakan jaringan dan ekosistem layanan yang luas, teknologi terkini, serta preferensi layanan BCA yang menjangkau semua kebutuhan merupakan keunggulan perseroan dalam menghadirkan solusi dan layanan perbankan yang cepat, mudah, nyaman, dan aman bagi nasabah. Hal ini ditunjang juga oleh pengembangan cash management system berbasis digital sesuai dengan tren dan kebutuhan saat ini.
“ Bagi kami, nasabah merupakan sumber inspirasi untuk menyediakan produk dan layanan terbaik. Kami selalu berupaya meningkatkan customer experience melalui beragam inovasi,” kata Henry.
Rusdianti menambahkan penghargaan kepada nasabah komersial dan SME ini merupakan yang pertama kali bagi BCA. Momentum tersebut juga dalam rangka memotivasi seluruh karyawan untuk meningkatkan kepuasan dan kenyamanan nasabah dalam memenuhi kebutuhan di sektor finansial.
“ Kami mengucapkan selamat kepada para pemenang dan apresiasi tertinggi kami sampaikan kepada semua nasabah yang setia menggunakan layanan cash management BCA. Kami berharap solusi cash management BCA senantiasa dapat membantu para nasabah bertumbuh dan berkembang dari hari ke hari,” kata dia.