Dipanggil Jokowi ke Istana, Ini Profil Wishnutama

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 21 Oktober 2019 12:11
Dipanggil Jokowi ke Istana, Ini Profil Wishnutama
Kira-kira bakal menduduki kursi menteri apa Wishnutama?

Dream – Selain Nadiem, ada lagi wajah-wajah baru yang menyambangi Istana Kepresidenan di Jakarta, pada Senin 21 Oktober 2019. Salah satunya adalah bos NET Televisi, Wishnutama.

Pria bernama lengkap Wisnutama Kusubandio ini datang sekitar pukul 11.10 WIB. Wishnutama ini datang dengan kemeja putih.

Dikutip dari Wikipedia, Wisnhutama lahir di Jayapura pada 1970. Dia merupakan salah satu pendiri dan komisaris utama NET Mediatama Televisi. Sebelumnya, Wishnutama adalah direktur utama Trans TV, Trans 7, dan NET.

Lelaki yang akrab dipanggil Tama ini menghabiskan masa SMA di Kooralbyn International School, Queensland Australia, dan di International School of Singapore.

Tama merampungkan kuliah liberal arts di Mount Ida College Boston, Amerika Serikat serta ilmu komunikasi dan televisi di Emerson College, Boston.

Tama mulai kariernya dari bawah sebagai production assistant di New England Cable News Amerika Serikat dan menjadi Assistant Director On Air Promotion di WHDH-TV, Boston. Tama juga pernah mengenyam pendidikan di The Military College of Vermont, Norwich University.

1 dari 6 halaman

Ogah Pimpin Lembaga Ini?

Sekadar informasi, pemerintah berencana membentuk badan untuk manajemen talenta di Indonesia. Nantinya lembaga ini bertujuan untuk mengelola talenta di berbagai sektor secara sistematis dan terintegritas.

Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko mengatakan saat ini pemerintah tengah menyusun grand design manajemen talenta nasional yang akan diikuti oleh penyusunan tata kelola serta kelembagaan terkait.

Adanya badan ini, diharapkan para talenta akan memberikan kontribusi besar kepada negara. Cakupannya ada di sektor industri, seni budaya, ristek dan inocasi, serta olahraga.

" Saya bayangkan anak-anak hebat dikumpulkan dan dikapitalisasi oleh negara akan membantu memberikan pertumbuhan ekonomi," kata dia dalam diskusi di Jakarta, dikutip dari Liputan6.com.

Wishnutama menyambut baik keberadaan lembaga ini. Dikatakan bahwa talenta-talenta akan mendapatkan wadah dan bisa mengembangkan kemampuannya. 

" Pasti baguslah. Karena banyak talenta-talenta dari berbagai macam bidang di Indonesia. Kalau diolah dan dibantu sama pemerintah pasti akan menjadi motor luas kemampuan talentanya," kata dia.

Wishnutama mengatakan badan manajemen talenta ini bisa dipimpin oleh kaum tua maupun muda. Yang penting, pemimpinnya paham betul tantangan yang dihadapi bangsa ke depan.

" Seperti pidato Bapak Presiden di tanggal 16 itu jelas ada kebutuhan yang berkurang, yang tiba-tiba banyak perlu badan itu juga harus melihat potensi-potensi itu Tapi kalau saya siapa yang pantas dan bagaimana saya tidak tahu, saya ya bukan di pemerintah," ungkap Wishnutama.

Dia membantah akan mendapatkan jabatan sebagai pemimpin badan majemen talenta tersebut dari Jokowi. Dia menegaskan tak punya cita-cita menjadi pejabat.

" Saya tidak mau berandai-andai. Kalau orang tidak mau berandai-andai, enggak punya cita-cita ke sana. Ya sudah selesai," kata Wishnutama.

(Sumber: Liputan6.com/Putu Merta Surya Putra)

2 dari 6 halaman

Diundang ke Istana, Ini Profil Nadiem Makarim

Dream – CEO PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek Indonesia), Nadiem Makarim, datang ke Istana Negara, Senin 21 Oktober 2019. Nadim yang mengenakan kemeja putih datang dengan senyum terkembang.

Dikutip dari Liputan6.com, Nadiem mengaku mendapat tawaran posisi menteri dari Jokowi. Dia mengaku menerima tawaran tersebut.

" Masalah posisi sesifik saya tidak boleh bicara karena itu hak prerogatif presiden," kata Nadiem Makarim setelah keluar dari Istana Negara.

 

 

Nadiem mengaku diajak diskusi oleh Jokowi selama berada di dalam istana. " Diskusi butir-butir ke depan," tutur dia.

Pemilik startup decacorn ini memang santer disebut-sebut masuk jadi anak buah Jokowi. Nadiem sering disebut menjadi menteri urusan digital dan ekonomi kreatif.

Sekadar informasi, jelang pengumuman kabinet Jokowi periode 2019—2024, sejumlah tokoh penting diundang ke Istana. Selain Nadiem, tokoh yang menyambangi Istana adalah Mahfud MD.

Sumber: Liputan6.com/Lisza Egenham

3 dari 6 halaman

Siapa Nadiem?

Pria kelahiran 1984 ini lahir di Singapura serta mengenyam pendidikan jurusan Hubungan Internasional Brown University, Amerika Serikat, pada 2002 dan lulus tahun 2006. Pada 2009, Nadiem melanjutkan pendidikan pasca sarjana Master of Bussiness Administration di Harvard Business School.

Pada 2010, anak pasangan Nono Anwar Makarim dan Atika Algadri, mendirikan Gojek. Semula, perusahaan ini menawarkan bisnis pengiriman barang dan layanan ride hailing dengan sepeda motor.

Kini, layanannya telah bertransformasi menjadi “ super app”. Layanannya tak hanya berbasis di bidang ojek online, tetapi juga pengiriman makanan, belanja kebutuhan sehari-hari sampai jasa pijat. Di bawah kepimimpinan Nadiem, Gojek juga mengembangkan sayap ke negara tetangga, yaitu Thailand dan Vietnam.

Kini, Gojek telah menjadi perusahaan decacorn. Nilai perusahaannya menembus angka US$10 miliar (Rp141,02 triliun). Berkat kesuksesan Gojek, harta Nadiem turut meroket. Menurut Globe Asia, pria ini masuk ke dalam daftar 150 orang kaya Indonesia. Kekayaan Nadiem mencapai US$100 juta atau sekitar Rp1,41 triliun.

4 dari 6 halaman

Giliran Bos Gojek Nadiem Makarim Merapat ke Istana

Dream - Setelah Mahfud MD dan Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Tetty Paruntu atau Tetty Paruntu tiba di Kompleks Istana Kepresidenan, tokoh ketiga berkemeja putih hadir. Tokoh ketiga yakni Founder Gojek Nadiem Makarim.

Nadiem tiba di Kompleks Istana Kepresidenan sekitar pukul 10.20 WIB, Senin 21 Oktober 2019.

Nadiem tiba seperti dua tokoh lainnya, Mahfud MD dan Tetty Paruntu, dengan mengenakan kemeja putih. Nama Nadiem memang kerap muncul di prediksi susunan Kabinet Kerja Jokowi-Maruf Amin periode 2019-2024.

Sebelumnya, Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD tiba lebih awal pagi ini. Disusul Tetty Paruntu yang tiba juga berkemeja putih.

Nadiem dikenal karena inovasinya dalam bidang teknologi. Pria kelahiran 4 Juli 1984 sukses mengantarkan Gojek menjadi salah satu perusahaan yang menyandang gelar Unicorn Indonesia.

Di tangan Nadiem, Gojek melebarkan sayap hingga beroperasi di sejumlah negara. Beberapa di antaranya seperti di Vietnam, Singapura, dan kini tengah menjajaki kemungkinan beroperasi di Malaysia.

5 dari 6 halaman

Setelah Mahfud MD, Bupati Cantik Minahasa Tiba di Istana

Dream - Susunan kabinet pemerintahan Presiden Joko Widodo periode kedua tetap menjadi misteri hingga saat ini.

 

 Bupati Minahasa Selatan Tetty Paruntu dan Mahfud MD

 

Jokowi sendiri menyatakan hari ini akan memperkenalkan nama-nama yang akan duduk di jajaran kabinet.

Jelang pengenalan kabinet, Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD muncul di Istana Negara. Mahfud tampak datang di Istana sekitar pukul 09.33 WIB mengenakan kemeja putih dan celana hitam.

" Saya dipanggil (Presiden)," ujar Mahfud, dikutip dari , Senin 21 Oktober 2019.

Tetapi, Mahfud mengaku tidak mengetahui maksud pemanggilan dirinya oleh Jokowi. Dia mengaku sudah dihubungi sejak Minggu, 20 Oktober 2019.

" Saya dipanggil tanggal 20," ucap Mahfud.

 

6 dari 6 halaman

Bupati Minahasa Selatan Tetty Paruntu

Setelah Mahfud MD, tak berapa lama tiba Bupati Minahasa Selatan Tetty Paruntu. Bupati cantik bernama lengkap Christiany Eugenia Tetty Paruntu itu tiba juga mengenakan kemeja putih. 

 Bupati Minahasa Selatan Tetty Paruntu

Tetty tampak mengenakan kacamata hitam, berjalan masuk ke kompleks Istana Kepresidenan. 

Politisi Golkar ini merupakan tokoh kedua yang terlihat tiba di kompleks Istana Kepresidenan pagi ini. 

Beri Komentar
4 Januari, Hari Bahagia dan Paling Sedih Rizky Febian