Menhub Tak Izinkan Angkutan Lebaran Naikkan Tarif

Reporter : Ramdania
Rabu, 8 Juli 2015 14:31
Menhub Tak Izinkan Angkutan Lebaran Naikkan Tarif
Perusahaan penyedia angkutan lebaran hanya diperkenankan menggunakan tarif batas saja saat musim mudik lebaran.

Dream - Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan menegaskan, pemerintah tidak akan mengizinkan kenaikan tarif angkutan, khususnya bus dalam masa Lebaran tahun ini.

Pemerintah sudah memberikan kelonggaran pada masing-masing jenis angkutan untuk menggunakan tarif batas atas, tanpa harus ada kenaikan tarif lagi.

“ Kita pokoknya batas atas bawah, sudah tidak ada tambahan lagi,” tegas Jonan seperti dikutip dari situs Sekretariat Kabinet, Rabu, 8 Juli 2015.

Jonan mengakui jika wajar tarif angkutan bisa lebih mahal dibandingkan hari-hari lain. Pasalnya, ada biaya balik yang harus ditanggung perusahaan penyedia jasa angkutan.

" Ini one way kan. Penumpangnya kan satu arah kalau mudik dari barat ke timur banyak, waktu kembalinya kosong, tidak mungkin isi. Kan kosong, tak banyak isinya. Kalau kosong, siapa yang nanggung biaya operasinya?" jelasnya.

Jonan menambahkan sejauh ini belum ada pelanggaran tarif dari masing-masing moda transportasi. Namun, dia menegaskan akan mencabut izin trayek perusahaan jika melanggar aturan tarif ini.

Untuk mencegah pelanggaran tersebut, Jonan menyatakan pemerintah sudah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait.

“ Kalau koordinasi semua, ya semua organisasi operator transportasi dan polisi, PU, Kesehatan, semua," pungkasnya.

Beri Komentar