Mall Pelayanan Publik Jadi Fenomena Baru

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 27 Agustus 2019 12:48
Mall Pelayanan Publik Jadi Fenomena Baru
Layanan ini bakal banyak diminati masyarakat karena mempermudah pengurusan administrasi, tanpa harus melalui birokrasi yang berliku.

Dream – Mall Pelayanan Publik (MPP) menjadi fenomena baru. Layanan ini bakal banyak diminati masyarakat karena mempermudah pengurusan administrasi, tanpa harus melalui birokrasi yang berliku.

“ Mall Pelayanan Publik akan menjadi fenomena baru. Akan ada orang membludak datang,” kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Syafruddin dikutip dari akun Instagram @indonesia_melayani, Selasa 27 Agustus 2019.

Pernyataan itu disampaikan saat Syafruddin membuka Mall Pelayanan Publik Kota Bogor. Menurut dia, tempat ini tempat ini didatangi banyak orang, tidak hanya untuk mengurus perizinan, pencatatan sipil, atau dokumen lainnya. “ Tapi juga destinasi wisata lain,” kata dia.

1 dari 2 halaman

Berikan 145 Layanan

Mall Pelayanan Publik Kota Bogor terletak di Lippo Plaza Kebon Raya Bogor. Tempat ini bernama Graha Tiyasa. Gedung ini memberikan 145 layanan dari 14 instansi.

Syafruddin memuji MPP ke-16 ini karena bisa diakses melalui smartphone. Masyarakat bisa mengambil nomor antrean melalui aplikasi. “ Jadi, bisa mengetahui dan (antrean) tidak membludak,” kata dia.

Usai meresmikan, Syafruddin didampingi Wali Kota Bogor, Bima Arya, dan Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB, Diah Natalisa, meninjau stan pelayanan yang berada di dalam Mall Pelayanan Publik.

Mall Pelayanan Publik yang terletak di lantai dasar ini beroperasi selama enam hari dalam seminggu, menyediakan layanan dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (DPMPTSTP) Provinsi Jawa Barat dan Kota Bogor, Kementerian Agama, Polresta Kota Bogor, dan Samsat dan Jasa Raharja.

Selain itu, juga menyediakan layanan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans), Badan Pertanahan Nasional (BPN), Kejaksaan, Imigrasi, KPP Pratama, Bea Cukai, BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan, Bank BJB, dan PDAM.

2 dari 2 halaman

Ini Videonya

      View this post on Instagram

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin bersama Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Bogor, Senin (26/08). Dinamakan Grha Tiyasa, MPP yang berlokasi di Lippo Plaza Keboen Raya Bogor ini merupakan MPP ke-16 dan memiliki layanan sebanyak 145 layanan dari 14 instansi. Usai meresmikan, Menteri Syafruddin didampingi Bima Arya dan Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa kemudian meninjau stan pelayanan yang berada di dalam MPP. Selain itu, Menteri PANRB dan Wali Kota Bogor juga berkesempatan untuk menjadi saksi nikah yang digelar di Bale Nikah Grha Tiyasa. Terletak di lantai dasar, MPP yang beroperasi selama enam hari dalam seminggu ini menyediakan layanan dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (DPMPTSTP) Provinsi Jawa Barat dan Kota Bogor, Kementerian Agama, Polresta Kota Bogor, Samsat dan Jasa Raharja, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans), Badan Pertanahan Nasional (BPN), Kejaksaan, Imigrasi, KPP Pratama, Bea Cukai, BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan, Bank BJB, dan PDAM. Hadir dalam acara ini Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim, Chairman Lippo Group Muchtar Riady, Presiden Direktur Lippo Karawaci Ketut Budi Wijaya, Direktur Utama BJB Yuddy Renaldi, Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan, Kebijakan, dan Evaluasi Pelayanan Publik Wilayah I Kementerian PANRB Noviana Andrina, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kota Bogor Ansrullah, Ketua DPRD Kota Bogor Atang Krisnanto, Karo RBP Srena Polri Brigjen Pol Angesta Romano Yoyol, Karo Rena Polda Jawa Barat Kombes Pol Raden Lucky. . #IndonesiaMelayani #MenteriPANRB #Syafruddin #KementrianPANRB #ReformasiBirokrasi #Berita #BeritaHariini #VideoViral #Viral #Mallpelayananpublik

A post shared by Indonesia Melayani (@indonesia_melayani) on

Beri Komentar