LRT Palembang Resmi Beroperasi Hari Ini, Berapa Tarifnya?

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 1 Agustus 2018 14:29
LRT Palembang Resmi Beroperasi Hari Ini, Berapa Tarifnya?
Ada dua tarif yang akan diberlakukan.

Dream – Kereta ringan terpadu (light rail trainset/LRT) Palembang, Sumatera Selatan, resmi beroperasi komersial hari ini, Rabu 1 Agustus 2018.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengatakan ada dua tarif LRT Palembang, yaitu tarif jarak dekat dan tarif ke Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II.

“ Tarif jarak dekat nantinya ini Rp5 ribu, sedangkan yang ke bandara Rp10 ribu,” kata Budi Karya di Jakarta, dikutip dari Liputan6.com, Rabu 1 Agustus 2018.

Dia mengatakan, dengan LRT, waktu tempuh dari Bandara Palembang ke Stadion Jakabaring bisa mencapai 41 menit. Saat ini, pemerintah menurunkan 10 persen kecepatan LRT dan waktu tempuhnya menjadi 60 menit.

Bagaimana dengan kapasitas penumpang? Selama masih uji coba, satu rangkaian kereta bisa menampung 50-150 orang penumpang.

“ Untuk proyeksi penumpang, saat uji coba, rata-rata satu train set bisa 50-150 orang. Kalau dilihat tadi pagi, satu train set bisa 150 orang jadi 450 orang. Kalau fair, ya, kira-kira 75 sampai 100 orang kira-kira,” kata Budi Karya.

Dia mengharapkan LRT Palembang bisa menjadi solusi lalu lintas di kota tersebut. “ Kami ingin Palembang ini sukses. Artinya dengan okupansi yang besar, jadi bisa solve masalah lalu lintas di Palembang. Karena kelengkapan antara LRT dan konvektivitas serta tanpa apresiasi masyarakat ini, LRT tidak akan berjalan maksimal,” kata Budi Karya.


(Sumber: Liputan6.com/Bawono Yadika)

Beri Komentar