Pembuat Gigi Tajir Melintir, Hartanya Setara Separuh Kekayaan Negara

Reporter : Syahid Latif
Rabu, 11 Desember 2019 09:24
Pembuat Gigi Tajir Melintir, Hartanya Setara Separuh Kekayaan Negara
Kekayaan pria ini mencapai US$3,1 miliar sedangkan PDB negaranya US$6,2 miliar. Siapa dia?

Dream - Dunia saat ini memiliki sekitar 2.153 orang yang berhak menyandang status miliarder. Namun hartawan yang satu ini mungkin layak disebut miliarder paling tajir.

Miliarder pria itu bernama Christoph Zeller. Dia adalah satu-satunya miliarder yang ada di sebuah negara kecil di Eropa, Liechtenstein.

Tak hanya hal itu yang membuat orang akan kagum dengan prestasinya. Zeller disebut-sebut memiliki harta yang nilainya setengah dari pendapatan negaranya.

Mengutip laman Business Insider, Rabu, 9 Desember 2019, Zeller yang kini telah berusia 62 tahun tercatat memiliki kekayaan senilai US$3,1 miliar atau sekitar Rp43,4 triliun.

Dengan jumlah tersebut, kekayaan Zeller ternyata setara dengan separuh PDB negara tempatnya tinggal yang mencapai US$6,2 miliar atau sekitar Rp86,8 triliun.

 

1 dari 1 halaman

Sumber Kekayaan

Pundi kekayaan tersebut berasal dari perusahaan pembuat gigi miliknya. Zeller telah menghabiskan 13 tahun menjabat sebagai CEO Ivoclar Vivadent AG sebelum akhirnya melepas jabatannya tersebut. 

Meski bukan lagi CEO, Zeller kini duduk sebagai anggota dewan pengawas dari perusahaan tersebut.

Dilaporkan Ivoclar Vivadent AG menghasilkan penjualan sekitar US$ 818 juta (Rp 11,4 triliun) pada 2018. Perusahaan mempekerjakan 3.505 orang, yang tersebar di 25 negara dan fasilitas produksi di Liechtenstein, Austria, Italia, Amerika, hingga Filipina.

Perusahaan ini berdiri pada tahun 1923 dan khusus memproduksi gigi tiruan. Kakek Zeller, Dr. Adolph Schneider membeli perusahaan tersebut pada tahun 1948 dan Zeller menjabat sebagai CEO dari tahun 1990 hingga 2003, menurut Forbes.

Beri Komentar
Video Polisi Tes Kandungan Sabu Cair dalam Mainan Anak-anak