Pemerintah Finalisasi Subsidi Kendaraan Listrik, Beli Motor Listrik `Ditalangi` Rp6,5 Juta

Reporter : Okti Nur Alifia
Rabu, 30 November 2022 14:48
Pemerintah Finalisasi Subsidi Kendaraan Listrik, Beli Motor Listrik `Ditalangi` Rp6,5 Juta
Pemerintah berencana menyubsidi pembelian kendaraan listrik untuk motor maupun mobil.

Dream - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan pemerintah berencana mengalokasikan dana subsidi untuk pembelian kendaraan listrik berupa motor maupun mobil.

" Makanya ini segera kita luncurkan dengan subsidi,” katanya dalam acara Permata Bank Wealth Wisdom, Selasa, 29 November 2022, dikutip dari YouTube resmi Permata Bank.

Meski ketentuan besaran subsidi masih dalam tahap finalisasi, Luhut menyontohkan, motor listrik yang dibeli masyarakat ini nantinya akan mendapatkan subsidi di kisaran Rp 6,5 juta

Menurut Luhut, kebijakan subsidi mobil listrik ini juga diterapkan sejumlah negara tetangga di Asia. Thailand, lanjutnya, memberikan subsidi sekitar Rp7 juta. 

" Mobil juga kita kasih subsidi karena dia tidak akan membeli bensin lagi. Tetap akan lebih untung menggunakan sepeda motor listrik daripada sepeda motor fosil, begitu juga mobil," lanjutnya.

1 dari 5 halaman

Luhut mengatakan, penggunaan kendaraan listrik juga akan berpengaruh pada kualitas udara yang menjadi lebih baik. Karena tak ada lagi baik dari mobil maupun motor.

luhut binsar pandjaitan© YouTube Permata Bank

Lebih lanjut, kader Golkar ini mengatakan pemerintah sedang mempersiapkan adanya tukar mesin (konversi) sepeda motor dengan sepeda motor listrik.

 

2 dari 5 halaman

Toyota Resmi Luncurkan Mobil Listrik Pertama di Indonesia, Harga Tembus Rp1 M

Dream - Satu lagi produsen otomotif memanaskan persaingan industri mobil listrik yang belakangan mulai banyak dilirik masyarakat. Setelah santer beredar kabarnya beberapa bualn lalu, PT PT Toyota Astra Motor akhirnya memperkenalkan Electric Vehicle (EV) pertamanya di Indonesia. 

Bertepatan dengan Hari Pahlawan Nasional, yang jatuh hari ini, Toyota meluncurkan All New Toyota bZ4X yang merupakan mobil listrik berbasis baterai. Senjata baru Toyota ini hadir untuk melengkapi teknologi elektrifitas di Indonesia. 

“ Sejalan dengan komitmen Mobility for All, kami melengkapi pilihan teknologi elektrifikasi yang sudah ada dengan All New bZ4X sebagai produk Battery EV Toyota pertama yang dipasarkan untuk pelanggan di Indonesia,” ungkap President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Susumu Matsuda, di Jakarta, Kamis, 10 November 2022, .

3 dari 5 halaman

Hadirnya EV pertama Toyota ini sekaligus menunjukan komitmen perusahaan untuk mendukung misi pemerintah mencapai target Net Zero Emission di tahun 2060 serta Toyota Environmental Challenge 2050 yang berambisi mengurangi karbon dalam aspek bisnis. 

© Foto: Shania Suha Marwan

Meski bari di pasar Indonesia, Toyota sebetulnay sudah menghadirkan beragam produk elektrifikasi Sejak tahun 2009. Toyota dan Lexus saat ini sudah memiliki 14 pilihan produk elektrifikasi sudah mencatat penjualan di angka 7.021 unit di tahun ini. 

4 dari 5 halaman

Khusus untuk amunisi barunya kali ini, All New Toyota bZ4X  telah dibekali dengan Lithium-ion Battery berkapasitas 71,4 kWh. Kapasitas tersebut membuat EV ini sanggup menempuh jarak hingga 500 km tanpa menghasilkan emisi sama sekali.

© Foto: Shania Suha Marwan

Baterai ini memiliki waktu pengisian daya 0 sampai 80 persen selama 9 sampai 10 jam (normal charging) dan 0 sampai 80 persen selama 30 menit dengan fast charging.

5 dari 5 halaman

Toyota bZ4X dibekali motor listrik tunggal, dengan mampu menghembuskan daya hingga 201 tk, dan torsi maksimum sebesar 226 nm. 

Desain mobil All New Toyota bZ4X terlihat menarik dengan kapasitas 5 penumpang. Dengan ground clearance setinggi 210cm, EV Toyota ini cocok digunakan baik di dalam jarak dekat ataupun jarak jauh. 

© Foto: Shania Suha Marwan

Toyota bZ4X merupakan model pertama yang dikembangkan dengan menggunakan Platform e-TNGA. Untuk pasar Indonesia, model ini dijual hanya dengan pilihan sistem penggerak front wheel drive (FWD). Sedangkan untuk pilihan all wheel drive (AWD) tidak dibawa untuk saat ini.

Vice President Director PT TAM Henry Tanoto mengungkapkan Toyota bZ4X dilepas di pasar Indonesia dengan harga OTR Jakarta senilai Rp 1.190.000. Peminat bisa Perusahaan berharap mobil listrik ini sudah bisa diserahkan kepada konsumen yang sudah memesannya di akhir Desember tahun ini. 

Beri Komentar