Peraturan Menteri Jaminan Produk Halal Ditunggu Pengusaha

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Jumat, 28 Juni 2019 19:15
Peraturan Menteri Jaminan Produk Halal Ditunggu Pengusaha
Tahun ini, aturan jaminan produk halal akan segera berlaku.

Dream – Ketua Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman (Gappmi), Adhi Lukman berharap, Peraturan Menteri Agama (PMA) sebagai peraturan turunan dari Undang-undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal segera terbit.

Asosiasi pengusaha juga menanti cara registrasi jaminan produk halal. Gappmi terus melakukan sosialisasi ke seluruh anggotanya, mengenai semua produk yang mengandung bahan hewani harus mendapat sertifikat halal dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH). Aturan tersebut mulai diterapkan pada 17 Oktober 2019.

" Sosialisasi terus menerus ke anggota supaya siap. Terutama ke UMKM. Kalau perusahaan besar rata-rata sudah tau, udah persiapan," kata dia di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jumat 28 Juni 2019.

Gapmmi juga masih menunggu mengenai cara registrasi untuk memperoleh jaminan produk halal. Selain itu, logo halal juga masih belum diketahui, rencananya logo tersebut baru akan dilaunching pada 17 Oktober 2019 mendatang.

" Kami komunikasi terus dengan BPJPH, karena kami masih menunggu PMA-nya. Mengenai logo, cara pendaftaran, biaya, ini kami terus menerus diskusi," kata dia. 

2 dari 6 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Lebih Dekat dengan Tiffani Afifa, Dokter Cantik Juara Kpop World Festival