Ria Miranda: Komunikasi dengan Pelanggan Jawab Segala Tantangan

Reporter : Dwi Ratih
Kamis, 25 Februari 2021 09:12
Ria Miranda: Komunikasi dengan Pelanggan Jawab Segala Tantangan
Apakah kamu punya suatu brand juga?

Dream – Seperti kita tahu bersama, saat ini semua orang di seluruh dunia masih terus beradaptasi dengan segala aktivitas di tengah pandemi Covid-19.

Banyaknya tantangan yang dihadapi saat ini, berbagai industri harus memiliki serta menerapkan penyesuaian dengan situasi yang berkembang, seperti pada industri fesyen.

Terbatasanya mobilitas masyarakat saat ini, serta berbagai perubahan perilaku masyarakat di tengah pandemi, mengharuskan industri fesyen beradaptasi.

Agar tetap tumbuh dan dapat terus menjawab segala kebutuhan orang-orang dengan cara-cara yang inovatif.

“ Adaptasi menjadi kunci penting untuk dapat terus mengikuti tren fesyen yang ada, walaupun adanya keterbatasan mobilitas yang dihadapi,” tutur Director of Business Partnership Shopee Indonesia, Daniel Minardi, Selasa, 23 Februari 2021 kemarin.

Bentuk penyesuaian yang dilakukan brand adalah memproduksi kebutuhan produk baru yang diminati masyarakat. Seperti masker, karena masker menjadi bagian dari perlindungan terhadap protokol kesehatan.

“ Penjualan masker terus meningkat dan sudah menjadi sebuah fesyen yang selalu menemani kehidupan sehari-hari,” tambah Daniel.

Di sisi lain, digitalisasi jadi sangat penting bagi brand fashion untuk mempromosikan serta sebagai jembatan komunikasi kepada target market.

1 dari 4 halaman

Konten marketing wajib disertakan

Selain itu, banyak macam cara juga yang dapat dilakukan brand untuk tetap dapat bertahan pada situasi pandemi seperti ini, menjalin komunikasi dengan pelanggan, dan fokus pada brand bukan produk yang dihasilkan.

“ Pertama kita harus menerima keadaan seperti itu, relate dulu sama keadaan pada waktu itu, isu pada waktu itu tuh apa sih, ya pasti isu pandemi itu sendiri,” tutur Owner & CMO Geoff Max Footwear, Yusuf Ramdhani di kesempatan sama.

Hal yang harus dihubungkan dengan keadaan adalah marketing, konten pemasaran, dan produk-produk dari brand.

Salah satu caranya dengan mengadakan konser kecil-kecilan dari rumah, atau segala kegiatan dari rumah yang menyenangkan.

Dengan begitu, brand tidak akan pernah hilang dan selalu tetap ada di pikiran target market meski di keadaan yang serba terbatas.

Kemudian, komunikasi dengan pelanggan juga diperlukan, supaya pemilik bisnis dapat mengetahui tren apa yang disukai pelanggannya. Keluhan apa yang ada, serta apa yang mereka mau.

“ Ketika nggak punya solusi, ngobrol dengan customer tuh salah satu yang memang bisa menjadi memecahkan masalah. Mereka akan cerita apa kebutuhannya, terus apa yang dihadapi, dan kegiatannya. Segala tantangan dapat terjawab dengan komunikasi itu,” jelas Fashion Designer & Creative Director Brand RiaMiranda, Ria Miranda.

2 dari 4 halaman

Dekat dengan customer

Ria juga menambahkan, komunikasi dengan pelanggan sendiri itu sangat membantu brand. Pelanggan, kata Ria, akan menceritakan banyak kegiatan yang dilakukan serta memberi segala masukan, sehingga dapat langsung direalisasikan pada produk.

“ Sepakat dengan mba Ria, kalau kita harus dekat dengan customer, apapun bentuk komunikasinya. Harus sesuaikan dengan apa yang customer ingingkan, apa yang disukai dan harapan terhadap brand itu sendiri dari customer,” tambah Yusuf.

Tidak hanya sampai di situ, hal penting lain yang harus diperhatikan untuk mempertahankan bisnis pada keadaan yang selalu berubah adalah dengan memfokuskan pada brand bukan pada produk.

“ Kita memang main produknya di sepatu, tapi semangatnya itu lebih ke brandnya sendiri, jadi nggak dikotakkan kalau kita sepatu doang nih, jadi jangan fokus jual sepatunya tapi lebih ke brandnya,” jelas Yusuf.

Semangat brand harus dibentuk agar yang diingat orang adalah brandnya, keadaan akan selalu berubah, produk yang dibuat akan berubah. Namun, pelanggan atau masyarakat akan selalu mengingat brand.

Apapun produk yang diinginkan untuk dibeli akan kembali kepada brand yang diingat dan dipercaya masyarakat.

Laporan: Josephine Widya

3 dari 4 halaman

Trik Belanja Online Buat Kaum Adam

Dream – Masa pandemi memberikan dampak pada masyarakat untuk lebih banyak memanfaatkan kegiatan dari rumah, termasuk soal belanja.

Kegiatan belanja online pun juga nggak cuma dilakukan para wanita atau ibu rumah tangga saja. Kaum Adam pun tak mau ketinggalan merasakan momen ini, apalagi kalau ada hal-hal yang berbau diskon.

Ya nggak, sih?

Terinspirasi dari kebiasaan pria yang memiliki selera tersendiri dalam menciptakan sebuah tempat khusus untuk mengakomodir hobi dan kegiatannya, 'BRO CODE VOL. 4: Ini Zona Gue!' hadir mendukung kegiatan kamu #dirumahaja.

Ruang ini digunakan untuk menaruh barang-barang yang diperlukan guna menunjang kegiatan sehari-hari.

Cowok doyan belanja? Gak masalah

Menilik laman itu, terdapat kebutuhan seperti alat-alat olahraga seperti barbel, besi berat dan sebagainya atau kebutuhan ruang kerja untuk Work From Home (WFH) seperti meja kerja, kursi dan lainnya.

“ Ruangan pendukung kegiatan bisa disebut juga men cave-nya kita, kayak kalau di film Batman itu ada batcave,” tutur Kemal Palevi sebagai Sneaker Enthusiast pada acara gathering Shopee 2.2 Men Sale, Rabu, 20 Januari 2021.

Ilustrasi© Shutterstock

Ridwan Hanif selaku Automotive Enthusiast juga merasa antusias dengan adanya 'BRO CODE VOL. 4: Ini Zona Gue!'.

“ Pertama kita tahu barang-barang kebutuhan kita apa dan tau barangnya, setelah itu lagi saat saat sale gini ya kita beli langsung banyak untuk sekalian stok di rumah,” tutur Ridwan di kesempatan yang sama.

Semir, oli mobil dan motor diakui Ridwan jadi barang yang rutin dibeli demi merawat barang pribadi meski tetap #dirumahaja.

“ Apalagi saat sekarang gini, lagi diskon, lagi gratis ongkir, ya kalau bisa 'nyetok' saja setahun, karena pasti ada saja barang rutin yang mau dibeli,” tambahnya.

4 dari 4 halaman

Trik belanja

Selain itu, di ruang ini juga ada barang-barang kebutuhan pokok yang bisa para lelaki beli tanpa repot ke luar rumah, misalnya sabun mandi, shampo, odol, dan sebagainya.

“ Gua kan orangnya agak males untuk keluar, jadi kalau sampo habis, sabun, kondisioner habis, gua belanja online saja, gua langsung beli buat stock,” timpal Kemal.

Ilustrasi© Shutterstock

Buat Sahabat Dream yang nggak mau ketinggalan menikmati sensasi belanja online ini, berikut ada tips dan trik yang bisa kamu lakukan:

- Chat penjual di toko yang kamu tuju
- Tanyakan produk yang siap jual (ready stock)
- Dapatkan kesempatan diskon dari toko tersebut

Selamat berbelanja!

(Laporan: Josephine Widya)

Beri Komentar