Rahasia Jack Ma Sukses Bangun Alibaba Karena Perempuan

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 28 Agustus 2019 19:36
Rahasia Jack Ma Sukses Bangun Alibaba Karena Perempuan
Peran kaum hawa tak bisa dipandang sebelah mata, bahkan perannya diakui oleh dua raksasa e-commerce dunia.

Dream – Peran perempuan Indonesia di tengah perkembangan teknologi yang maju semakin kuat. Di bidang bisnis, Alibaba dan Lazada Indonesia mencatat sekitar 60 persen bisnsi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Tanah Air dipimpin seorang perempuan.

Berbicara dalam event Global Conference on Women and Enterpreneurship 2019, di Jakarta, Rabu, 28 Agustus 2019, Co President Lazada Group dan CEO Lazada Indonesia, Chun Li mengatakan perusahaan selam aini telah banyak bekerja sama dengan banyak perempuan luar biasa di Indonesia.  

" Kami telah bekerja sama dan mendukung begitu banyak perempuan luar biasa, yang kontribusinya terhadap ekonomi terus bertumbuh di berbagai wilayah, khususnya di Indonesia,” kata Chun Li dalam konferensi yang mengambil tema “ The World She Made” tersebut.

Menurut Chun Li, lewat peran internet yang menghadirkan kesempatan yang sama bagi semua orang. Lazada berusaha menciptakan ekosistem e-Commerce yang inklusif dan berkelanjutan. Perusahaan juga bertekan untuk membangun teknologi terdepan, infrastruktur pembayaran dan logistik yang bisa bermanfaat bagi mitra penjual, konsumen, dan masyarakat.

 CEO Lazada Indonesia, Chun Li

Sementara Jack Ma, Pendiri Alibaba Group, Jack Ma, yang menyampaikan sambutannya di Huangzhou, China, menceitakan e-Commerce yang dia rintis takkan bisa berkembang tanpa peran perempuan karena keunggulannya dengan sensitivitas rasa.

Menurut Jack Ma, dengan perasaan, perusahaan akan bisa merangkul satu sama lain dan menjadi kunci yang bisa membuat perusahaan sukses.

" Ketika mendengar teman kerja perempuanmu, kamu mendengarkan manusia berbicara. Dunia memerlukan orang dengan perasaan. Tidak peduli seberapa sukses perusahaanmu, kalau kamu tidak peduli kepada satu sama lain, kamu akan gagal," kata dia.

1 dari 4 halaman

Sebenarnya Perempuan Itu Kuat

Presenter sekaligus pendiri Narasi TV, Najwa Shihab, yang turut jadi pembicara dalam event di Indonesia tersebut mengatakan perempuan sebetulnya sosok kuat. Namun diakui masih banyak stereotip lelaki bisa lebih hebat jika sukses.

Adanya stereotipe tersebut membuat perempuan terkadang menjadi takut untuk unjuk gigi.

“ Akhirnya, tanpa sadar kita malu-malu, nggak mau menunjukkan kemampuan,” kata Najwa.

Dia mengatakan perempuan akan dicap sombong jika menunjukkan kemampuan. “ Dibilangnya melanggar tradisi, terlalu ambisius,” kata Najwa.

2 dari 4 halaman

Harus Berani Dobrak Pandangan Negatif Masyarakat

 Pentingnya Perempuan dan Perannya dalam Pertumbuhan Ekonomi

Wanita yang akrab dipanggil Nana ini berpesan agar perempuan Indonesia tak perlu minder dalam berkarya. Perempuan harus berani mendobrak stigma dan stereotip lama di masyarakat.

“ Mereka harus berani menggunakan kewirausahaan dan kepemimpinan,” kata Najwa.

Dia mengatakan kemampuan perempuan untuk memimpin dan berwirausaha tidak hanya untuk mengubah dunianya. Keterampikan ini bisa membentuk komunitas suportif yang bisa mengangkat dan memberdayakan perempuan lain.

3 dari 4 halaman

Investasi Pemberdayaan Perempuan

Sementara itu, Co Founder Bill&Melinda Gates Foundation, Melinda Gates, mengatakan investasi pemberdayaan ekonomi perempuan merupakan hal yang cerdas. Alasannya, jika perempuan berpartisipasi sama tingkatannya dengan lelaki, prospek ekonomi global bisa menembus angka US$28 triliun (Rp356.802,5 triliun) pada 2025.

Ini menunjukkan bahwa dampak positif tidak hanya akan dirasakan oleh perempuan, tetapi juga keluarga, komunitas, dan seluruh negara.

" Ketika kita berhasil menyingkirkan berbagai rintangan yang menghalangi perempuan untuk berkontribusi dalam perekonomian, bukan hanya perempuan saja yang merasakan dampak positifnya namun juga keluarga, komunitas, dan seluruh bagian negara," kata dia.

4 dari 4 halaman

Kemampuan Bisnis Terbuka Lebar

Lizzi Parra juga angkat bicara tentang perempuan. Pendiri dan CEO By Lizzie Parra ini mengatakan kemampuan orang untuk berbisnis, termasuk perempuan, semakin terbuka lebar berkat perkembangan teknologi.

Karya seseorang akan lebih mudah untuk dilihat masyarakat. Oleh karena itu, perempuan tidak perlu takut untuk mencoba.

" Mereka ada kecenderungan takut kalau salah, takut apa yang orang bilang, apa yang orang pikirkan terhadap kita. Padahal sebenarnya kalau kita tidak mencoba dulu untuk mencapai mimpi apa yang kita sudah kita bayangkan. Nah, itu sayang,” kata dia.

(Sah, Laporan: Keisha Ritzska Salsabila)

Beri Komentar
Bukan Pertama Kali, Ini Deretan Kebrutalan Anjing Milik Bima Aryo