Selain Masker, Penumpang Kereta Jarak Jauh Wajib Pakai Face Shield

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 1 Juni 2020 17:24
Selain Masker, Penumpang Kereta Jarak Jauh Wajib Pakai Face Shield
Mulai kapan diberlakukan?

Dream - Para penumpang kereta api sebaiknya mulai membeli pelindung wajah (face shield) saat menggunakan moda transportasi umum ini. Saat memasuki era adaptasi kebiasaan baru, The new Normal, PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan mewajibkan penumpang kereta api untuk memakai face shield dan masker.

Ketentuan baru tersebu tmengikuti protokol kesehatan baru saat pemberlakukan The New Normal. 

" Pada konsep New Normal, masker dan face shield harus dipakai saat naik KA," kata Vice President Public Relation KAI, Joni Martinus, kepada wartawan, Senin 1 Juni 2020. 

 Peraturan KAI© Ditjen Perkeretaapian

Untuk kamu penumpang kereta api jarak jauh, perusahaan akan menyediakan fasilitas face shield yang akan diberikan secara cuma-cuma. Perlengkapan untuk mencegah paparan virus corona ini harus dipakai bersamaan dengan masker selama perjalanan berkereta. 

" Face Shield tersebut wajib digunakan penumpang hingga keluar dari area stasiun kedatangan," kata dia.

Namun Martinus tak bisa memastikan kebijakan penyediaan face shield ini untuk penumpang kereta listrik.

" Untuk KRL, mungkin bisa langsung confirm ke bu Anne (VP Communication PT KCI,red)" ujarnya.(Sah)

1 dari 6 halaman

Bersiap Hadapi 'New Normal', Ini 5 Alat Pelindung Tubuh yang Bisa Kamu Gunakan

Dream - Indonesia tengah bersiap memasuki era 'New Normal'. Situasi di tengah pandemi Covid-19 ini membuat kita harus beradaptasi dengan banyak hal baru.

Salah satunya dengan kebiasaan untuk menjaga kebersihan tubuh. Selain lebih higienis, masyarakat dituntut untuk melindungi tubuh dengan sejumlah alat pelindung.

Masker menjadi barang yang wajib kita gunakan di luar rumah. Tak hanya itu, mencuci tangan sudah harus dijadikan kebiasaan di mana pun kita berada.

Selain masker dan hand sanitizer, masyarakat juga dianjurkan tetap menjaga jarak serta kontak fisik berlebih. Oleh karena itu banyak orang merasa lebih nyaman jika pergi memakai alat pelindung diri (APD).

Tak perlu APD medis, Sahabat Dream cukup mengenakan alat-alat sederhana. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini deretan APD sederhana yang bisa kamu gunakan di era New Normal:

2 dari 6 halaman

Sarung Tangan

Sahabat Dream yang banyak menghabiskan waktu dengan melakukan kontak fisik sebaiknya membiasakan diri untuk memakai sarung tangan.

  Sarung Tangan© Foto: Shutterstock

Kamu dapat memakai sarung tangan dari bahan latex, kain, kulit atau apa pun yang dapat melindungi tangan dari paparan virus dan bakteri.

3 dari 6 halaman

Hijab Masker

Jika dirasa terlalu ribet memakai masker, hijaber dapat memakai kerudung khusus berikut ini.

  Hijab Masker© Foto: Third Day

Foto: Third Day

Hijab masker merupakan set hijab yang telah dilengkapi dengan alat pelindung wajah. Kamu tidak perlu khawatir lupa menaruh masker karena sudah terpasang bersama hijab.

4 dari 6 halaman

Masker dan Pelindung Mata

  Pelindung Wajah© Foto: Instagram @byarra.official

Foto: Instagram @byarra.official

Jika dirasa kurang cukup, kamu bisa memakai masker kombinasi face shield. Bentuknya lebih simpel dibandingkan dengan face shield biasa, namun sudah dilengkapi dengan masker.

5 dari 6 halaman

Topi Antivirus

  Ayana Moon© Foto: Instagram @xolovelyayana

Foto: Instagram @xolovelyayana

Jika ingin tetap terlihat stylish, kamu bisa gunakan topi antivirus yang berbentuk menyerupai bucket hat. Selain modelnya yang kekinian, lapisan mika akan melindungi bagian wajah lebih luas.

6 dari 6 halaman

Baju Antivirus

  Chika Jessica© Foto: Instagram @chikajessica88

Foto: Instagram @chikajessica88

Masih merasa khawatir? Gunakan perlindungan menyeluruh dengan memakai baju antivirus. Setelan hoodie dan celana ini dilengkapi dengan tudung seperti helm astronot. Modelnya juga terlihat stylish dan gak bikin mati gaya.

Beri Komentar