KAI Berikan Tiket Tarif Khusus, Termurah Rp25 Ribu

Reporter : Okti Nur Alifia
Jumat, 17 Februari 2023 08:48
KAI Berikan Tiket Tarif Khusus, Termurah Rp25 Ribu
Pelanggan dapat membeli tiket melalui aplikasi KAI Access atau loket stasiun maksimal 2 jam sebelum keberangkatan atau secara go show.

Dream - PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyediakan tarif khusus untuk sejumlah rute perjalanan kereta api dengan harga miring mulai dari Rp25 ribu sampai Rp185 ribu.

" KAI menyediakan berbagai penawaran menarik untuk membuat perjalanan kereta api menjadi lebih menyenangkan," kata Kepala humas KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa di Jakarta, dikutip dari Merdeka.com, Kamis,16 Februari 2023. 

Adapun tarif tersebut berlaku untuk area KAI Daerah Operasi 1 (Daop 1) Jakarta, yang tersedia khusus untuk tiga relasi dengan keberangkatan dari Stasiun Gambir, Pasar Senen dan Bekasi. Melalui program tarif khusus pelanggan dapat membeli tiket dengan tarif lebih murah untuk rute Gambir/Pasarsenen - Cirebon (PP), Gambir/Pasarsenen - Pegaden Baru (PP), dan Gambir/Pasarsenen - Bekasi (PP).

Rincian tarif khusus tersebut diantaranya kelas Eksekutif diberikan mulai dari harga Rp35 ribu sampai Rp185 ribu. Kemudian untuk kelas Bisnis mulai dari Rp30 ribu sampai Rp150 ribu dan kelas Ekonomi mulai dari Rp25 ribu sampai Rp120 ribu rupiah.

Pelanggan dapat membeli tiket melalui aplikasi KAI Access atau loket stasiun maksimal 2 jam sebelum keberangkatan atau secara go show. Masyarakat dapat mengunduh aplikasi KAI Access melalui perangkat IOS dan Android.

1 dari 3 halaman

Jangan Panik, Ini Cara Mendapatkan Kembali Barang yang Tertinggal di Kereta Api atau Stasiun

Dream - Bertambahnya volume penumpang kereta api berdampak pada meningkatnya jumlah barang yang tertinggal. Tercatat, sebanyak 4.984 barang tertinggal berhasil diamankan petugas dan telah di masukkan pada database sistem Lost and Found selama periode Januari – Desember 2022. 

" Dari jumlah tersebut, diantaranya 4.546 sudah kembali ke pemilik. Barang tertinggal yang ditemukan tak jarang merupakan jenis barang berharga seperti laptop, perhiasan, telepon seluler, tas, dompet, hingga paspor WNA," kata Vice President Public Relations KAI, Joni Martinus, dalam siaran pers KAI, dikutip pada Jumat 10 Februari 2023.

Joni menjelaskan, para pelanggan yang merasa kehilangan atau tertinggal barang di dalam kereta api atau di lingkungan stasiun, dapat melaporkan kepada petugas antara lain kondektur yang sedang berdinas di atas kereta api, ataupun petugas pengamanan yang ada di stasiun atau dapat melalui Contact Center KAI 121.

Nantinya jika barang tertinggal belum bisa ditemukan saat itu juga, maka akan dilakukan konfirmasi melalui telepon kepada pelapor terkait perkembangan penanganan barang tertinggal yang dilaporkan. Jika ditemukan maka untuk proses penyerahan pelanggan wajib menunjukkan kartu identitas untuk verifikasi kepemilikan barang.

2 dari 3 halaman

Sebaliknya, jika ada penemuan barang di dalam kereta api ataupun di lingkungan stasiun, KAI akan langsung memberikan pengumuman atas penemuan barang tersebut melalui pengeras suara.

Jika tidak ada pihak yang mengambil maka barang akan disimpan di Pos Pengamanan stasiun dan akan dimasukan pada pendataan sistem Lost and Found yang dimiliki oleh KAI.

" Seluruh barang bawaan merupakan tanggung jawab pelanggan, namun untuk memberikan layanan maksimal petugas keamanan akan selalu berupaya membantu mengamankan barang tertinggal yang masih ada di atas kereta api atau stasiun," ucap Joni.

3 dari 3 halaman

Tips Saat Barang Tertinggal di Stasiun atau Kereta Api

Joni mengimbau kepada para pelanggan kereta api untuk selalu menjaga dan memperhatikan barang bawaan ketika melakukan perjalanan, baik di lingkungan stasiun maupun selama dalam perjalanan KA. Sebagai antisipasi berikut tips saat tertinggal barang di stasiun atau di atas KA:

1. Tetap tenang dan jangan panik, cobalah untuk mengingat lokasi terakhir kali barangnya terlihat.

2. Buat laporan pada petugas Customer Service On Station, petugas keamanan atau kunjungi bagian Lost and Found.

3. Pelanggan juga bisa menghubungi Contact Center 121 melalui telepon 121, WA (0811-1211-1121) atau Direct Message (DM) Twitter/Facebook KAI121.

4. Sampaikan ciri-ciri barang yang hilang, kode booking tiket, jika barangnya tertinggal di atas kereta api.

5. Apabila laporan dilakukan melalui Contact Center 121, maka pelanggan kereta api akan mendapatkan informasi status barang tertinggal melalui telepon, email, atau Direct Message (DM) Twitter/Facebook KAI121.

6. Hindari memberikan informasi kode booking atau detail barang kepada pihak yang tidak berkepentingan.

Beri Komentar