BBM Bersubsidi Naik, Kenaikan Harga Tiket Komersial Tak Lebih dari 5%

Reporter : Okti Nur Alifia
Senin, 5 September 2022 19:48
BBM Bersubsidi Naik, Kenaikan Harga Tiket Komersial Tak Lebih dari 5%
KAI masih menunggu arahan dari pemerintah terkait harga tiket untuk kereta PSO yang selama ini mendapat subsidi.

Dream - Perusahaan mulai menyesuaikan kondisi keuangannya paska kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi. PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero sebagai penyedia angkutan kereta berencana menaikkan harga tiket kereta api jenis komersial dengan taksiran di bawah 5 persen.

Direktur Niaga PT KAI Hadis Surya Palapa menjelaskan kereta api komersial didominasi pengguna dari kalangan eksekutif ke atas. Namun Hadis memastikan manajemen akan menentukan besaran kenaikan harga tiket dengan sangat hati-hati. 

“ Besarnya berapa, saya pikir tidak terlalu besar karena kita memang harus berhati-hati di sini. Kita tidak serta merta begitu merespons naik (harga BBM) naik 30% lalu tiket kereta kita naik 30%,” kata Direktur Niaga KAI Hadis Surya Palapa di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Senin, 5 September 2022.

Sementara itu Vice President Passenger Marketing of PT KAI, Gotro Nur Riyadi mengatakan manajemen PT KAI sedang mengkaji kenaikan harga tiket jenis komersial tersebut. Dia memperkirakan besaran kenaikan tidak lebih dari 5 persen karena harus mempertimbangkan kemampuan penumpang.

“ Kalau besarannya, tadi pak Hadis sampaikan tidak akan terlalu besar kenaikannya, kami pikir si tidak sampai lebih dari 5%. Kami akan melakukan kajian. Tapi hitungannya seperti itu,” katanya.

1 dari 4 halaman

Selain besaran kenaikan tarif tiket, KAI juga akan memperhitungkan rute-rute yang mengalami penyesuaian harga. Kemungkinan rute favorit  pelanggan seperti Kota Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, dan Bandung akan menjadi target penyesuaian harga tiket ini.

Sementara untuk kereta yang menjadi kewajiban penugasan kewajiban pelayanan publik (Public service obligation/PSO), manajemen menegaskan masih akan menunggu kebijakan dari pemerintah.

“ Tapi kalau untuk komersial gambarannya yang masih memungkinkan diterima pelanggan,” ujarn Gotro seraya menjelaskan KAI penetapan harga tiket juga ada yang ditentukan oleh pemerintah karena terkait subsidi lewat PSO.

Penegasan serupa juga disampaikan Vice President Public Relation of PT KAI Joni Martinus yang menyatakan perusahaan masih menunggu arahan dari pemerintah terkait harga tiket kereta PSO. 

“ Kami menunggu arahan dari pemerintah untuk tarifnya seperti apa ya. Jadi kita memang menunggu arahan lebih lanjut dari pemerintah,” ucapnya.

2 dari 4 halaman

Ada 77 Ribu Tiket Promo di KAI Expo 2022

Dream - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero kembali menyelenggarakan pameran KAI Expo setelah 2 tahun absen. Acara ini dihelat dalam rangka menyambut ulang tahun KAI ke-77 pada 27 September 2022 mendatang.

Mengusung tema Adaptive in Collaboration, KAI Expo 2022 diadakan pada 17-18 September 2022 mendatang di Jakarta Convention Center. Pemeran ini juga menjadi ajang bagi PT KAI untuk mengenalkan industri KAI serta anak perusahaan yang bernaung dalam KAI Group kepada masyarakat.

" Masyarakat dan pelanggan bisa berinteraksi secara langsung dengan KAI Group, bukan hanya keretanya saja, stasiunnya saja," Direktur Niaga KAI Hadis Surya Palapa dalam konferensi pers di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Senin, 5 September 2022.

KAI Group sendiri terdiri dari KAI Logistik, KAI Wisata, KAI Bandara, KAI Commuter, KAI Services, serta KAI Properti. 

Sejumlah menteri rencananya juga akan hadir dalam KAI Expo 2022 yakni Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

3 dari 4 halaman

“ Kita memang ingin menyampaikan kepada masyarakat secara langsung mengenai produk kita secara utuh,” lanjut Hadis.

KAI Expo 2022 menjadi sarana edukasi bagi masyarakat tentang industri KAI dengan berbagai rencana pengembangannya, seperti tentang operasi Light Rail Transit (LRT) Jabodetabek yang sedang dibangun, sistem infrastruktur, sejarah kereta api dan berbagai informasi layanan PT KAI lainnya. Begitu pula menyoal kolaborasi bisnis PT KAI dengan mitra-mitranya.

“ Kolaborasi ini bisa terlihat oleh masyarakat, matching bisnis antara PT Kereta Api Indonesia dengan anak perusahaan bisa terlihat. Kami berharap dari expo ini mitra bisa melihat dan meraih keuntungan,” ujar Hadis.

Direktur Utama PT Kereta Api Pariwisata, Hendy Helmy, mengatakan bahwa masyarakat masih banyak yang belum mengetahui tentang produk KAI, contohnya di sektor wisata.

“ Kita punya aset yang cukup banyak sebagai destinasi wisata. Contohnya Lawang Sewu milk kereta Api, begitu pula Kereta Api Ambarawa yang dapat melintasi destinasi-destinasi yang cukup menarik. Harapannya dengan acara ini kita bisa expose secara utuh bahwa ini adalah bagian dari kereta api yang dikelola kereta api,” kata Hendy.

 

4 dari 4 halaman

77.000 Tiket Promo

PT KAI juga memberikan 77.000 promo tiket perjalanan untuk keberangkatan 19 September-18 Oktober 2022 ke berbagai tujuan. Dengan tarif yang dibanderol untuk kelas eksekutif hanya Rp150 ribu, bisnis Rp70 ribu, dan ekonomi Rp30 ribu.

Semakin menarik, khusus untuk keberangkatan pada hari ulang tahun KAI, tarif ketiga kelas tersebut turun lebih murah menjadi: eksekutif Rp77 ribu, bisnis Rp17ribu, serta ekonomi Rp7 ribu. Tiket ini dapat dibeli secara offline pada event KAI Expo 2022.

“ Promo tiket ini kami hadirkan merayakan Hari Ulang Tahun ke-77 KAI dan untuk memberikan stimulus kepada masyarakat agar layanan transportasi kereta api sektor pariwisata dapat kembali pulih,” ungkap Hadis.

Selain promo tiket, KAI Expo 2022 menghadirkan band Padi Reborn serta RAN untuk menghibur pengunjung.

Sebagai informasi, tiket promo tersedia untuk berbagai rute dari dan menuju Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Cirebon, Tegal, Semarang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Jember dan lainnya.

Beri Komentar