Percayalah! Tiga `Jajanan` Murah Ini Lama-lama Kuras Uangmu

Reporter : Syahid Latif
Minggu, 19 Juni 2016 14:03
Percayalah! Tiga `Jajanan` Murah Ini Lama-lama Kuras Uangmu
Mungkin tak terasa jika hanya dihitung satu dua hari. Coba dihitung tahunan, kamu akan kaget melihatnya.

Dream - Uang bulanan habis sebelum waktunya atau tabungan yang tak kunjung bertambah.Jangan lantas menyalahkan gaji yang terlampau kecil. Ternyata banyak cara yang tak disadari orang banyak yang membuat penghasilan mereka hilang tak terasa.

Dengan melihat lebih dalam pada setiap transaksi yang kita lakukan, kita bisa melihat bahwa pengeluaran sekecil apa pun bisa berpengaruh pada keuangan kita.

David Bach, penulis The Automatic Millionaire, telah menemukan kalkulator keuangan pribadi yang dikenal sebagai The Latte Factor. Kalkulator itu akan menuntun kita untuk mengontrol pengeluaran saat ini dengan harapan bisa digunakan untuk masa depan yang lebih baik.

" The Latte Factor didasarkan pada gagasan sederhana bahwa, semua yang perlu Anda lakukan untuk menjadi kaya adalah dengan melihat pada pengeluaran sekecil apa pun yang terjadi setiap hari. Kemudian mengarahkan pengeluaran itu untuk memperkaya diri sendiri," jelas Bach di situsnya.

Berikut adalah bagaimana melihat tiga kebutuhan yang bisa menggerogoti uang Anda setiap harinya, menggunakan kalkulator The Latte Factor. Meski didasarkan pada kebiasaan warga Amerika Serikat, namun The Latte Factor ini bisa juga diterapkan pada kehidupan masyarakat Indonesia pada umumnya.

1. Minum Kopi

Meski tidak selalu berlaku bagi minum kopi di rumah, namun faktor ini bisa digunakan sebagai awal yang bagus. Menghabiskan uang, misal US$5, setiap hari untuk membeli kopi dan gula akan menimbulkan pengeluaran setiap tahun hingga US$1,825.

Jika uang itu dialokasikan untuk investasi dengan bunga 5 persen per tahun, uang Anda akan menjadi US$1,916 setelah satu tahun. Jika diasumsikan hal itu berlangsung selama 30 tahun, kekayaan Anda akan bertambah US$127,313 hanya dengan berinvestasi US$5 setiap hari daripada dibuat membeli kopi dan gula.

Tentu saja, imbal hasil uang Anda akan berfluktuasi setiap tahun dan tidak dijamin akan selalu seperti itu. Tapi intinya di sini adalah mengenali betapa perubahan sekecil apa pun dalam pengeluaran bisa berdampak signifikan pada kekayaan.

2. Makan Malam di Restoran

Makan di restoran adalah budaya nasional di Amerika. Mereka suka makan dan mencintai kenyamanan. Jadi tidak heran bahwa mereka suka makan makanan yang disajikan di restoran. Menurut survei Visa, orang Amerika makan siang di luar rata-rata hampir dua kali seminggu dan menghabiskan US$ 10 setiap kali makan. Lebih parah lagi, responden dengan pendapatan kurang dari US$25 ribu per tahun menghabiskan US$11,70 setiap kali makan siang di luar, lebih besar dari kelompok pendapatan lainnya.

Berapa biaya makan di luar warga AS? Jika Anda mengalihkan dana makan di luar US$20 per minggu ke dalam investasi dengan bunga 5% per tahun, Anda bisa memiliki uang US$13,735 dalam 10 tahun, US$36,108 dalam 20 tahun, atau US$72,551 dalam 30 tahun. Bahkan jika Anda tidak makan di luar, kemungkinan besar Anda bisa menghemat uang pada bahan makanan.

3. Langganan TV Kabel

Menurut Labor Department, warga Amerika menonton televisi rata-rata hampir tiga jam setiap hari, lebih banyak dari kegiatan rekreasi lainnya. Dan warga Amerika membayar mahal untuk layanan ini.

Rata-rata rumah tangga Amerika sekarang menerima 189 saluran televisi, merupakan rekor yang tinggi dan terus naik dari 129 saluran pada tahun 2008, menurut Nielsen. Sebagian besar adalah saluran sampah. Tetapi jika Anda mengurangi jumlah saluran langganan Anda atau mencari alternatif seperti Netflix, Anda dapat menyesuaikan masa depan keuangan Anda. (Ism) 

Beri Komentar