(Foto: Shutterstock)
Dream - Perilaku konsumen selama Ramadan dalam dua tahun terakhir mengalami pergeseran. Tak hanya cara mendapatkan barang kebutuhan yang menyesuaikan dengan kondisi pandemi, waktu dan program tayangan yang dikonsumsi masyarakat juga berubah.
Nielsen Indonesia dalam survei terbaru Tren Perilaku Konsumen di Masa Ramadan menunjukkan jumlah penonton televisi selama bulan suci memang terus mengalami peningkatan. Hal ini terekam dalam data Nielsen selama tiga tahun berturut-turut.
Peningkatan konsumsi menonton tayangan televisi terutama meningkat khususnya saat sahur, menjelang berbuka dan setelah sholat tarawih. Khusus di jam sahur, peningkatan pemirsa dapat mencapai lebih dari tujuh kali lipat.
" Jenis program yang menunjukkan peningkatan konsumsi di masa Ramadan tentunya adalah program religius, selain itu ada juga program anak-anak dan hiburan (entertainment)," ujar Hellen Katherina, Direktur Eksekutif Nielsen Indonesia dalam konferensi pers virtual paparan survei terbarunya, Kamis, 24 Maret 2022.
Walaupun Ramadan selalu mendongkrak kepemirsaan, Nielsen juga mencatat TV Rating (TVR) di tahun 2021 lalu justru mengalami penurunan dibandingkan masa Ramadan sebelum pandemi, di tahun 2019.
Salah satu kemungkinan penyebabnya adalah konsumsi media digital yang mulai terakselerasi sejak pandemi di tahun 2020.
Survei Nielsen Consumer and Media View di 11 kota besar menunjukkan adanya peningkatan konsumsi dan waktu menggunakan media digital selama masa Ramadan tahun 2021 dibanding dengan 2019. Masing-masing naik sebesar 24 persen dan 35 persen.
" Mereka mencari sumber hiburan baru di digital selama masa Ramadan, terlihat dari aktivitas yang mereka lakukan. Menonton video dan berbelanja secara online, mendengarkan musik dan bermain games adalah aktivitas yang kami catat mengalami peningkatan paling signifikan," tutur Hellen.
Dari sisi kebiasaan Nielsen juga mencatat adanya hobi-hobi baru yang muncul selama pandemi dan kemungkinan akan tetap bertahan walaupun masa pandemi telah berakhir, seperti memasak dan juga berkebun.
Secara perlahan aktivitas berolahraga juga menunjukkan peningkatan di tahun 2021, khususnya yang tipenya perorangan, seperti jogging.
Sejumlah perilaku konsumen juga mengalami beberapa perubahan seperti konsumsi media, kebiasaan dalam berbelanja, dan aktivitas olahraga pada periode tersebut.
Hellen melihat pemilik merek dapat mengoptimalkan perilaku konsumen ini untuk melakukan strategi pemasaran dengan multimedia dan multiplatform sebagai pendekatan yang lebih efektif untuk mendapatkan kepercayaan konsumen.
" Apalagi di tahun ini Pemerintah tengah melakukan transisi dari pandemi ke endemi,” tambahnya.
Secara khusus untuk kebiasaan mudik, Nielsen juga mencatat peningkatan perjalanan luar kota yang dilakukan konsumen selama masa Ramadan 2021 dibandingkan dengan tahun 2020 ataupun 2019.
“ Kami memprediksi tahun 2022 ini perjalanan keluar kota semakin meningkat dengan pilihan moda transportasi yang lebih beragam, bisa menjadi turnaround moment bagi online travel/ticketing dan kesempatan aktivasi branding sepanjang jalur mudik”, kata Hellen.
Ramadan tidak hanya berpengaruh terhadap kebiasaan konsumen, tetapi juga terhadap kebiasaan beriklan para pemilik merek. Nielsen Ad Intel mencatat peningkatan angka belanja iklan seminggu sebelum masa Ramadan.
Dari sisi kategori produk, ada beberapa kategori yang menggunakan momen Ramadan sebagai waktu yang tepat untuk beriklan lebih daripada biasanya.
Kategori produk seperti produk kosmetik atau detergen pakaian dan bahkan produk cat, menawarkan penampilan baru yang lebih baik kepada konsumen di masa Ramadan.
Kategori yang juga tercatat menaikkan belanja iklannya di media televisi dan digital, adalah minuman seperti sirup, mouthwash, obat maag dan juga processed food.
“ Ramadan di periode 2021 menunjukkan konsumen melakukan banyak penyesuaian, termasuk media yang mereka konsumsi. Pemilik merek perlu melakukan strategi kampanye media baik di TV maupun di Internet yang dilakukan secara komprehensif, mengingat kedua media ini mempunyai fungsi yang saling mendukung untuk mendapatkan kepercayaan konsumen, serta bersiap untuk kondisi normal kembali,” jelas Hellen.
Advertisement