Resmikan Lumine, Mendag Minta Gerai Asing Rangkul UMKM

Reporter : Syahid Latif
Jumat, 7 Desember 2018 18:20
Resmikan Lumine, Mendag Minta Gerai Asing Rangkul UMKM
Mendag bersyukur gerai ritel asal Jepang, Lumine, menjadikan Indonesia sebagai salah satu bagian dari rantai distribusi globalnya.

Dream - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengharapkan kehadiran gerai penyedia merek luar negeri di Indonesia bisa mendorong potensi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Selama ini keberadaan gerai tersebut telah berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

Harapan itu disampaikan Enggartiasto saat pembukaan gerai ritel asal Jepang, Lumine, di Plaza Indonesia, Jakarta, Jumat, 7 Desember 2018. Gerai ini sekaligus menandai perayaan 60 tahun hubungan diplomasi Indonesia dan Jepang. 

" Kementerian Perdagangan sudah bekerjasama dengan Lumine untuk melakukan pendampingan guna meningkatkan keterampilan pelaku UMKM, " tuturnya.

Menurut Enggartiasto, para pelaku UMKM akan dididik untuk menjadi pelaku produsen atau pemasok barang. Pelatihan dimulai dari hal sederhana seperti menjahit. Ia juga berharap agar produksi Lumine nantinya dapat dilakukan sepenuhnya di Indonesia.

" Dilihat dulu dari segi pasar, baru dari sini kita bisa mulai ekspor. Pasti mereka melihat production cost, kalau diproduksi di luar akan lebih mahal," ia menjelaskan.

Tak lupa Mendag mengapresiasi langkah Lumine yang menjadikan Indonesia sebagai salah satu bagian dari jaringan rantai distribusi dunia yang dimiliki perusahaan. 

" Mereka punya standard produksi yang sangat memperhatikan kualitas. Tidak bisa tergesa-gesa, namun tetap bersyukur bahwa mereka sangat terbuka dalam memberi pelatihan," katanya.

Sebagai informasi, gerai ritel Lumine melayanan berbagai produk mulai dari koleksi busana, aksesoris hingga kuliner khas Jepang.(Sah)

Beri Komentar
Ketua DPR: Pak Jokowi Lebih Bagus