Riset: Pegawai e-Commerce RI Paling Happy di Asia Meski Gajinya Masih Kalah

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 1 Februari 2021 10:45
Riset: Pegawai e-Commerce RI Paling Happy di Asia Meski Gajinya Masih Kalah
Tingkat kepuasan kerja para pegawai perusahaan e-Commerce di Indonesia tertinggi di antara negara-negara Asia.

Dream –Di kalangan dunia kerja, perusahaan e-commerce terbilang sebagai “ anak baru”. Sektor bisnis ini menjajaki Asia Tenggara sejak tahun 1990-an. Dinobatkan sebagai industri yang membantu pecepatan ekonomi dalam dekade terakhir, e-commerce mendapat citra sebagai tempat kerja para internet savvy.

Salah satu indikasinya adalah sebagian besar para pekerja industri baru ini berasal dari generasi milenial dan Gen Z. Citra santai, modern, serta menyenangkan membuat industri ini menjadi salah satu tempat kerja para generasi kekinian

iPrice Group, dalam sebuah survei terbarunya mencoba menguak kondisi kerja di perusahaan e-Commerce Asia. Mereka mengumpulkan data tentang bekerja di tiga top perusahaan e-commerce di tujuh negara Asia. Salah satu objek penelitian adalah tingkat kepuasan bekerja di perusahaan ini.

Secara mengejutkan, para pekerja e-Commerce di Indonesia memiliki tingkat kepuasan kerja yang tertinggi. Bekerja di e-commerce juga memberikan tingkat kepuasan yang di atas rata-rata.

E-commerce di Asia Tenggara memiliki rating dari 3-bintang ke 4.3 bintang. Para karyawan memberikan review mereka sebagai “ would recommend” di Glassdoor. Hal ini bisa diartikan e-commerce juga industri baru yang menjanjikan untuk meniti karir.

Berdasarkan data yang iPrice kumpulkan dari page Glassdoor, tingkat kepuasaaan pegawai di perusahaan e-commerce di Indonesia memiliki rating tertinggi hingga 4.3. Sebanyak 90 persen dari partisipan yang memberikan rating memilih akan merekomendasikan tempat kerjanya ke teman-teman mereka. Menariknya lagi 97 persen dari rating ini disetujui oleh CEO dari perusahaan yang direview.

1 dari 2 halaman

Meskipun Bukan Gaji Tertinggi, Tapi Tetap Happy

Fakta unik lainnya adalah rataan gaji bulanan untuk karyawan e-commerce di Indonesia bukan yang tertinggi yaitu sekitar US$$979 atau sekitar Rp13 jutaan. Namun, karyawan e-commerce di Indonesia tetap menjadi karyawan paling happy dibanding 7 negara lainnya berdasarkan data ini.

Menyusul setelah Indonesia adalah Filipina yang memberikan rating 3,8 bintang dan 76 persen dari mereka akan merekomendasikan perusahaan kepada teman. Ada 87 persen dari review ini sudah diterima oleh CEO masing-masing perusahaan e-commerce disana.

Ini cukup menarik karena Filipina juga sebagai salah satu gaji terendah yang tercatat (US$588 per bulan/Rp8,52 juta) di antara tujuh negara lainnya, tepat setelah Vietnam (US$394 per bulan/Rp5,53 juta per bulan).

2 dari 2 halaman

E-Commerce di Sini Justru Beri Gaji Tinggi, Namun…

Singapura yang justru memiliki rataan penghasilan per bulan tertinggi yaitu (US$3.116 per bulan) atau sekitar Rp43 jutaan tercatat memiliki kepuasaan kerja terendah.

Dengan total rataan rating hanya sekitar 3 bintang dan hanya 53 persen mereka yang akan merekomendasikan perusahaan mereka ke temannya. Review juga hanya 66 persen yang di-approve oleh CEO dari masing-masing top e-commerce.

Kesimpulannya, industri e-commerce di Asia bisa menjanjikan hal baik untuk kariermu. Industri muda ini memegang tinggi nilai karyawannya dan memperhatikan tingkat kepuasan di antara karyawannya.

 

Beri Komentar