Pilih Menabung atau Bayar Utang Saat Uang Terkuras Selama Pandemi Corona?

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 23 Maret 2020 11:36
Pilih Menabung atau Bayar Utang Saat Uang Terkuras Selama Pandemi Corona?
Duh, mending yang mana, ya?

Dream – Pada dasarnya, menabung dan utang bisa sama-sama penting. Kalau uangnya digunakan untuk membayar utang, nanti tidak ada simpanan atau dana darurat yang bisa dibutuhkan selama pandemi.

Kalau tak bayar utang, nantinya dia akan menumpuk dan berbunga.

Lantas harus bagaimana?

Dikutip dari Cek Aja, Senin 23 Maret 2020, ada plus minus jika kamu mendahulukan membayar utang. Keuntunganya, kamu bisa membayar utang dengan bunga tertinggi. Prioritaskan itu sebelum yang lainnya agar beban pengeluaran kamu tidak semakin membengkak akibat denda atau sejenisnya.

Untuk pinjaman dengan cicilan jangka panjang, kamu bisa membayarnya lebih awal atau kamu mengurangi jangka waktu yang sudah ditetapkan. Biasanya akan ada sedikit keringanan yang diberikan jika kamu memperpendek jangka pembayaran utang.

Tapi, kerugiannya, kamu bisa saja tidak menyisakam uang untuk masuk ke rekening simpanan. Risikonya, harus menggunakan kartu kredit jika terjadi kebutuhan mendadak atau darurat. Artinya, kamu menambah jumlah utang dan cicilan yang harus dibayarkan tiap bulannya.

1 dari 3 halaman

Bagaimana dengan Menabung?

Ada keuntungan yang bisa kamu peroleh jika memilih menabung daripada membayar utang. Kamu bisa saja menyimpan sejumlah uan asalkan utang tidak berbunga atau punya bunga yang sangat rendah. Itu pun jika utangnya tak wajib dibayar setiap bulan.

Dengan kondisi seperti itu, kamu bisa menabung dulu sampai jumlah tertentu, lalu akan mulai fokus membayar utang setelahnya. Idealnya dana darurat atau tabungan itu cukup untuk menghidupi kamu selama 3 hingga 6 bulan.

Lantas apa kerugiannya? Hasilnya adalah kamu akan mengeluarkan banyak uang untuk membayar denda dan bunga. Yang menyebalkan adalah jumlah bunga utang kamu kemungkinan akan jauh lebih besar daripada bunga yang kamu dapat dari tabungan yang sudah kamu perjuangkan itu.

Risiko lain yang mungkin akan kamu tanggung jika ngotot mengutamakan tabungan dibandingkan membayar utang adalah di masa pensiun nanti bisa saja kamu masih memiliki utang. Itu artinya kamu tetap tidak bisa hidup tenang dengan dana tabungan yang kamu miliki.

Jika kondisi tersebut kamu alami pada akhirnya hanya ada dua pilihan. Kamu harus rela hidup sangat pas-pasan dan lebih berhemat di hari tua atau kamu memaksa diri untuk tetap bekerja sampai semua utang lunas.

2 dari 3 halaman

Lalu, Apa Solusinya?

Dua-duanya ini memang tak ada yang benar-benar menguntungkan. Namun, masih ada satu jalan keluar, yaitu membayar dua-duanya.

Ya, membayar keduanya sejujurnya adalah cara terbaik di antara yang terbaik. Baik sedang terjadi pandemi atau tidak, jawabannya akan tetap sama yakni kamu lebih baik membayar utang tapi juga tetap menabung.

Kurang bijak dan kurang menguntungkan rasanya jika kamu hanya fokus atau membuat prioritas pada satu hal saja. Lebih baik pisahkan terlebih dulu dana yang akan kamu gunakan untuk membayar utang dan menabung atau dijadikan sebagai dana darurat.

3 dari 3 halaman

Begini Caranya Membayar Utang dan Menabung Saat Terjadi Pandemi

Bagaimana bisa melakukan keduanya? Kamu harus menemukan jumlah yang imbang antara pengeluaran untuk membayar utang dan menabung setiap bulannya. Jika uang yang kamu miliki untuk membayar keduanya adalah seratus ribu maka bagilah secara adil yakni lima puluh ribu untuk masing-masing.

Jika memaksakan untuk memberikan jumlah yang lebih banyak pada satu hal dan membuat yang lain mengalah, tentu kamu harus siap dengan risiko yang sudah dijelaskan di atas. Sudah sangat gamblang penjelasan mengenai beragam kemungkinan dan kerugian yang akan kamu dapat jika hanya memilih salah satu saja.

Jika jumlah yang kamu siapkan tidak cukup dan akhirnya kamu harus tetap membayar bunga atau denda, jumlahnya tidak akan merugikan banyak.

Di sisi lain, kamu juga akan merasa lebih tenang karena tetap memiliki simpanan jika sewaktu-waktu ada kebutuhan mendesak. Kamu tidak harus menggunakan kartu kredit atau menambah utang.

Beri Komentar