CONNECT WITH US!

Ada Bank Syariah Baru Usai Lebaran

Reporter : Ramdania | Senin, 23 Juni 2014 13:16
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan telah memberi izin kepada satu anak usaha bank konvensional untuk membuka Bank Umum Syariah (BUS). Diperkirakan bank tersebut dapat beroperasi tahun ini.

Dream - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkapkan akan ada satu Bank Syariah baru yang siap beroperasi setelah Idul Fitri tahun ini.

" Mudah-mudahan habis hari raya ada bank syariah baru. Saat ini, dalam proses ada 1 belum ada tambahan baru, BUS. Izin dari OJK sudah keluar, tergantung kesiapan dari banknya," ujar Kepala Departemen Perbankan Syariah OJK Edi Setiadi di Jakarta, Senin 23 Juni 2014.

Sayangnya, Edi masih enggan menyebutkan nama bank syariah baru tersebut. " Ini kan business plan perusahaan, jadi biar mereka saja yang menyampaikan," kilahnya.

Berdasarkan data dari OJK, sejak tahun 2010 jumlah Bank Umum Syariah (BUS) di Indonesia sebanyak 11 bank dengan 10 bank merupakan anak dari bank konvensional. Jumlah tersebut tidak bertambah hingga kini.

Begitu pun dengan Unit Usaha Syariah (UUS), pada tahun 2010 terdapat 23 UUS, kemudian bertambah 1 pada tahun 2011, sayangnya kehilangan 1 pada tahun 2013 sehingga total UUS saat ini masih 23 UUS.

Namun, jumlah kantor cabang mengalami kenaikan yang cukup signifikan dari tahun 2010 yaitu sebanyak 1477 kantor menjadi 2597 kantor pada April 2014.

Edi menambahkan aturan OJK yang baru memberikan kelonggaran bahwa nasabah bank syariah bisa melakukan transaksi di bank konvensionalnya di seluruh Indonesia. (Ism)

Rasa Nasionalisme Rossa yang Patut Diacungi Jempol