Sejarah Baru! Jepang Punya Sekolah Keuangan Syariah

Reporter : Syahid Latif
Kamis, 25 Desember 2014 07:02
Sejarah Baru! Jepang Punya Sekolah Keuangan Syariah
Mulai bergulir Januari 2015, lembaga pendidikan ini didirikan perusahaan Hitech Solution.

Dream - Untuk pertama kalinya sepanjang sejarah, Jepang akan memiliki institusi pendidikan yang khusus mendalami ekonomi dan bank syariah. Lembaga baru ini berdiri dengan nama Japan Institure of Islamic Finance (JIIF).

Mulai bergulir Januari 2015, lembaga pendidikan ini didirikan perusahaan Hitech Solution.

Mengutip laman Halaltimes, Rabu, 24 Desember 2014, institusi pendidikan ini akan menawarkan program khusus di bidang keuangan syariah, asuransi syariah, hingga sistem kredit pemilikan rumah syariah.

Targetnya adalah mahasiwa dari berbagai institusi pendidikan dan profesional yang bergerak di industri perbankan dan keuangan.

" Target kammi adalah menciptakan pusat pendidikan di area keuangan Islami yang tengah berkembang pesar bagi para pelajar dan profesional Jepang," kata Pendiri JIIF, H Maqsood Ahmed.

Menurut Maqsood, lembaganya berada dari posisi unik untuk melakukan aktivitas ini. Dengan pengalaman di bidang keuangan Islami selama 30 tahun, JIIF mengaku memiliki pemahaman mendala mengenai budaya kerja korporasi Jepang. " Kami juga mengenal baik bahasa Jepang sehingga bisa melatih secara efektif," katanya.

Meski tak membuat jenjang pendidikan formal langkah JIIF ini dianggap terobosan besar bagi perbankan dan institusi keuangan Jepang.

" Untuk memberikan pengetahuan kepada publik Jepang kami akan menawarkan program mulai dari level dasar hingga advance," ujar Maqsood. (Ism)

Beri Komentar