Sepeda Lipat Vs MTB, Model Mana Terbanyak Diburu di Masa Tren Gowes?

Reporter : Syahid Latif
Jumat, 17 Juli 2020 11:12
Sepeda Lipat Vs MTB, Model Mana Terbanyak Diburu di Masa Tren Gowes?
Kamu tim sepeda lipat atau sepeda gunung?

Dream - Demam gowes kembali muncul di masa New Normal. Masyarakat berbondong-bondong membeli sepeda bekas atau baru untuk mengikuti tren sekaligus berolahraga untuk menjaga daya tahan tubuh menghadapi serangan wabah virus Corona yang belum menjauh dari Indonesia.

Kondisi ini menjadi berkah bagi para penjual sepeda, baru dan bekas, serta pemilik bengkel. Ragam model sepeda diburu masyarakat yang ingin menjaga kebugaran tubuh di tengah pandemik Covid-19.

iPrice, situs meta-search yang berbasis di Malaysia juga mencatat adanya peningkatan pencarian sepeda melalui internet oleh masyarakat di Indonesia. Dalam riset yang dibuatnya, terdapat tiga model utama dari sepeda yang paling banyak dicara di Tanah Air.

Analisis dilakukan menggunakan data dari Google Trends untuk melihat search interest di Indonesia menggunakan keyword Sepeda Lipat, Sepeda Gunung, Sepeda Balap dan Sepeda Anak. Data dicari dengan rentang waktu mulai 1 Maret hingga 30 Juni 2020.

Hasil riset iPrice menemukan bahwa Sepeda Lipat (folding bike) merupakan model sepeda paling banyak dicari sepanjang periode Maret hingga Juni 2020. Search interest untuk Sepeda Lipat meningkat hingga 900 persen sejak 1 Maret hingga 21 Juni 2020.

Menyusul di urutan kedua adalah model Sepeda Gunung (mountain bike) yang search interest nya meningkat hingga 680 persen pada periode yang sama. Model sepeda ketiga yang banyak dicari adalah adalah Sepeda Anak (Kids bicycle) berada di peringkat ketiga dengan search interest naik 142 persen.

Road bike atau sepeda balap berada di peringkat terakhir dengan peningkatan search interest sebesar 300 persen selama masa Maret hingga Juni 2020.

 

1 dari 2 halaman

Temuan ini semakin menegaskan temuan pasar yang menyatakan 60 persen dari pasar saat ini lebih memilih sepeda lipat, 30 persen pasar sepeda gunung atau MTB dan sisanya adalah model sepeda lain seperti sepeda kota dan sepeda anak-anak.

Pencarian keyword sepeda juga diketahui meningkat paling tinggi di tanggal 21 Juni 2020 atau saat mulai diberlakukannya Car Free Day untuk pertama kalinya sejak PSBB berlangsung.

Jumlah pengunjung yang bersepeda diperkirakan hingga 18.813 pada hari itu. Masyarakat Indonesia, khususnya Jakarta, mulai mencari Sepeda untuk mempersiapkan Car Free Day pada minggu selanjutnya pada tanggal 28 Juni 2020.

tren sepeda© iPrice

(Sumber: iPrice)

 

2 dari 2 halaman

Khusus terkait sepeda lipta, iPrice yang melakukan riset menggunakan Google Keyword Planner menemukan search interest keyword Sepeda Lipat pada awal Maret 2020 hanya sebesar 90.500.

Peningkatan mulai terjadi di April 2020 sebesar 82 persen menjadi 165 ribu. Fenomena ini cukup mengherankan karena banyak daerah mulai memberlakukan PSBB di bulan tersebut. Pada bulan Mei search interest stabil dengan tidak adanya peningkatan sejak bulan April.

Lonjakan drastis terjadi pada Juni 2020 dengan peningkatan hingga 644 persen sejak Maret 2020 dengan total jumlah sebanyak 673 ribu. Diduga fenomena ini terjadi karena semakin marahknya unggahan bersepeda dari peselancar media sosial di Indonesia.

Ditinjau dari lokasinya, pencarian keyword Sepeda Lipat tertinggi ditemukan di Jawa Barat, disusul Jawa Tengah dan DKI Jakarta. Angka persentase masing-masing wilayah sebesar 19,4 persen, 17,7 persen dan 16,7 persen. 

 

 

Beri Komentar