Seperti Ini Rumah Ideal Menurut Ajaran Rasulullah

Reporter : Puri Yuanita
Kamis, 1 September 2016 11:25
Seperti Ini Rumah Ideal Menurut Ajaran Rasulullah
Jika kita ingin memiliki rumah yang ideal, maka ikutilah apa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.

Dream - Rumah merupakan tempat berlindung bagi kita. Rumah, tempat bernaung bagi seseorang. Rumah, tempat berkumpul bersama orang-orang tersayang di dunia ini. Rumah, tempat yang memberikan ketenangan dan ketenteraman.

Namun sayangnya, tak semua rumah bisa begitu. Ada pula rumah yang memberikan kepenatan. Mengapa hal itu bisa terjadi? Sebab, orang-orang di dalamnya, tak mampu membangun rumah dengan pondasi keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Nah, jika kita ingin memiliki rumah yang ideal, maka ikutilah apa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Kalau kita mengikutinya, insya Allah hidup akan terasa lebih berkah.

Lantas, bagaimana cara menjadikan rumah yang sesuai petunjuk Nabi Muhammad SAW?

1. Belilah atau sewa rumah yang dekat dengan masjid karena itu bisa menyemangati diri Anda untuk hadir pada waktu sholat berjamaah.

2. Berkenalanlah dengan tetangga Anda sebelum tinggal di rumah. Kalau cocok, utamakanlah walaupun mahal karena tetangga yang bertingkah buruk bisa mengacau kehidupan Anda.

Selengkapnya baca di sini.   

1 dari 3 halaman

Haru! Dicela di Sekolah, Bocah Itu Pahlawan di Rumah

Dream - Setiap anak pasti mengimpikan untuk hidup senang bersama keluarga yang utuh dan mendapatkan kasih sayang dari kedua orang tuanya. Namun, tidak dengan Suwan, seorang bocah yang baru berusia 8 tahun.

Ia hidup miskin dan tinggal bersama neneknya di daerah Lan Krabue, Thailand. Sang nenek yang sudah renta ini dirawat dengan telaten oleh Suwan.

Mereka berdua makan dan hidup di tempat yang jauh dari kata layak. Di dalam garasi sempit dengan dinding yang sudah lapuk bahkan tidak ada aliran listik. Untuk makan, mereka terkadang hanya mengonsumsi telur rebus, telur goreng, sayur rebus dan saus saja.

Suwan© Suwan

Meski begitu, Suwan tetap mengurus sang nenek, ia tetap membantu dan mengurus rumah seperti membersihkan rumah, mencari makan sampai merawat nenek dengan kerap memijatnya.

2 dari 3 halaman

Sering Dibully

Dream - Suwan merupakan bocah yang masih bersekolah. Dengan mengenakan seragam seadanya bahkan terkesan lusuh serta kaus kaki yang sangat tidak layak, Suwan kerap dicaci maki oleh teman-temannya di sekolah.

“ Saya ingin memiliki seorang ibu seperti anak-anak lain tapi aku justru dicela karena tidak memiliki ibu,” kata Suwan kepada Tnews Deeps

Bahkan Suwan pernah berpikir ingin menyewa seseorang untuk menjadi ibunya, dan ia berjanji akan menjadi anak yang baik jika sang ibu berada di sisinya.

3 dari 3 halaman

Terima Uang di Luar Gaji, Ini Anjuran Rasul

Dream - Ajaran Nabi Muhammad SAW selalu menganjurkan umatnya untuk hidup mandiri secara ekonomi. Bahkan Nabi memberikan contoh teladan Nabi Daud AS yang senantiasa makan dari hasil keringat sendiri.

Kemandirian merupakan salah satu sifat para Nabi. Sebagaimana diceritakan Rasulullah dalam hadisnya:

" Dari Miqdam, dari Rasulullah SAW. Beliau bersabda, “ Tiada sesuap pun makanan yang lebih baik dari makanan hasil jerih payahnya sendiri. Sungguh, Nabi Daud AS itu makan dari hasil keringatnya sendiri,” (HR Bukhari).

Lalu bagaimana Nabi bersikap dengan umatnya yang menerima hadiah di luar gaji yang ditentukan. Apakah Nabi senang atau tidak?

Baca ulasannya selengkapnya di sini 

 

Beri Komentar