Tips Dapat Pekerjaan Baru di Tahun 2020, Wajib Disimak

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 3 Januari 2020 08:15
Tips Dapat Pekerjaan Baru di Tahun 2020, Wajib Disimak
Tahun baru, kamu juga bisa dapat pekerjaan baru, lho.

Dream – Tahun baru 2020 sudah menyonsong. Seperti tahun-tahun sebelumnya, apakah Sahabat Dream menjadi pekerjaan baru sebagai salah satu resolusi tahun ini? 

Inilah saatnya buat kamu yang punya resolusi tersebut untuk “ bermain cantik” agar bisa mendapatkan pekerjaan baru. Tak cukup dengan banyak mengirim lamaran pekerjaan, kamu juga harus ounya strategi agar peluangmu mendapatkan pekerjaan terbuka lebar.

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memperbarui surat curriculum vitae (CV) yang sudah tersimpan lama di laptop kamu. Saat meng-update CV, jangan lupa perbarui pengalaman kerja dan keterampilan. Jika ada sertifikat pelatihan, jangan segan untuk memasukkannya.

Pembaruan ini penting karena banyak perusahaan yang tertarik dengan kandidat yang berpengalaman dan punya banyak skill.

Jika ada, sertakan juga pemberi referensi di CV kamu. Ini akan membantumu meyakinkan perusahaan untuk memilihmu sebagai pegawai baru.

Kedua, periksa kembali CV-mu dan pastikan tidak terlihat jorok. Jorok di sini maksudnya ada salah ketik, salah gelar, dan sebagainya. Tak ada salahnya membuat resume yang unik dan eye catching dan tidak template. CV yang berformat “ template” biasanya akan berlalu begitu saja dilihat oleh pemberi kerja.

1 dari 4 halaman

Cari yang Sesuai dengan Latar Belakang Pendidikan

Ketiga, carilah pekerjaan sesuai latar belakang pendidikan dan keterampilanmu. Ini akan membantu Sahabat Dream jika berada di tempat kerja.

Kamu takkan kelabakan sendiri di tempat yang berbeda dengan apa yang dikuasai. Ditambah lagi, kesamaan ini juga bisa membuat peluang diterima makin lebar, lho.

Keempat, tingkatkan keterampilan wawancara. Cobalah untuk memahami dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang akan dilontarkan oleh pemberi kerja.

Biasanya mereka sering memberikan pertanyaan “ jebakan batman”. Misalnya, “ berapa gaji yang diinginkan” atau “ mengapa resign dari pekerjaan lama”. Sembari menunggu panggilan interview, latihlah dirimu agar piawai menjawab pertanyaan-pertanyaan ini.

Selamat berjuang, Sahabat Dream!

2 dari 4 halaman

3 Trik Bikin CV Lamaran Kerja Dilirik Perusahaan

Dream – Ketika hendak melamar pekerjaan, satu tahapan yang pasti dilalui setiap pencari adalah membuat curriculum vitae (CV). Dkumen berisi data pribadi pelamar kerja ini merupakan gerbang pertama agar bisa memikat perusahaan impian.

CV akan memberi tahu calon perusahaan yang diincar mengenai data diri, keterampilan, pengalaman, dan latar belakang pendidikanmu. Dengan membuat CV dengan benar, tentu saja peluangmu dipanggil dan masuk daftar kandidat akan terbuka lebar.

Dengan kata lain, CV merupakan kesempatan pertama kamu untuk “ menjual diri” kepada calon atasan perusahaan yang diimpikan.

Mengingat posisinya yang sangat penting, mempersiapkan dokumen CV tentu tak bisa dibuat sembarangan. Kamu harus memberikan kesan pertama yang terbaik.

 

© Dream

 

Perlu diingat, usahakan CV yang kamu buat terlihat menonjol dan berbeda dari yang lain. Tinggalkan kesan tak terlupakan saat pencari kerja membaca CV kamu di 10 detik pertama.

Terdengar mudah dibaca namun sulit diterapkan memang. Namun bukan berarti tidak mungkin dilaksanakan.

Berikut ini adalah tiga tips agar bisa membuat CV yang kece, dikutip dari Liputan6.com, Kamis 31 Januari 2019.

 

3 dari 4 halaman

Begini Caranya

Presentasikan dengan Jelas dan Perhatikan Bahasa

Pastikan CV kamu disajikan dengan baik, terstruktur, dan mudah dibaca. Kamu bisa membaginya menjadi beberapa bagian, seperti keterampilan utama, riwayat pekerjaan, pendidikan, pelatihan, dan minat.

Gunakanlah poin-poin dan kalimat yang pendek. Jangan lupakan ejaan dan tata bahasa yang digunakan. Usahakan CV tidak melebihi 3 lembar.

Perhatikan Bahasa yang Digunakan

Untuk membuat CV yang baik, gunakanlah bahasa yang profesional dan formal. Hindari jargon dan akronim yang sulit dipahami oleh beberapa orang.

Walaupun sudah banyak layanan jasa pembuatan CV, lebih baik kamu membuatnya sendiri. Tujuannya agar kamu bisa menyesuaikan jawaban yang tertera di CV.

Jangan segan meminta bantuan teman untuk memeriksanya. Kadang kita tak sadar telah melakukan kesalahan penulisan.

Sesuaikan CV dengan Perusahaan yang Akan Dilamar

Kebanyakan perusahaan akan melihat pengalaman kerja dan keterampilan yang dimiliki sudah sesuai dengan persyaratan pekerja di perusahaan tersebut atau tidak. Untuk itu, kamu harus punya pengalaman dan kemampuan yang relevan.


(Sumber: Liputan6.com/Ayu Lestari Wahyu Puranidhi)

4 dari 4 halaman

Waktu Bergabung dengan Kantor dan Pengalaman Kerja

Tanggal Masuk dan Keluar

Untuk menduduki sebuah jabatan tentunya membutuhkan pengalaman dengan jangka waktu tertentu. Oleh karena itu biasanya rekruter akan melihat berapa lama seorang kandidat pernah berada di jabatan tertentu.

Selain itu, biasanya rekruter melakukan ini untuk mengetahui bagaimana tingkat loyalitas kandidat tersebut. Walaupun sebenarnya tidak ada standar baku mengenai tingkat loyalitas dengan banyaknya waktu yang dihabiskan di sebuah perusahaan. Perekrut tentunya tidak ingin memliki pegawai yang memiliki masalah di tempat kerja.

Pengalaman Kerja Sebelumnya

Rekruter akan melihat riwayat kerja kandidat berdasarkan jabatan apa saja yang pernah dimiliki. Mereka umumnya ingin melihat sejauh mana kandidat bisa menyesuaikan

Poin-poin tersebut tentunya tidak menjadi sebuah penilaian yang absolut dan menyampingkan poin lainnya di dalam sebuah cv kandidat. Hanya saja dengan waktu yang sangat singkat tersebut, para rekruter melakukan screening untuk memastikan bahwa kandidat yang hadir memang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Beri Komentar