Gelontor Rp35,5 Triliun untuk Gaji ke-13, Sri Mulyani: Buat Bantu Dana Pendidikan Anak-Anak

Reporter : Alfi Salima Puteri
Rabu, 29 Juni 2022 12:45
Gelontor Rp35,5 Triliun untuk Gaji ke-13, Sri Mulyani: Buat Bantu Dana Pendidikan Anak-Anak
"Bertepatan dengan mulainya tahun ajaran baru, pemberian gaji ke-13 juga ditujukan untuk membantu pendanaan pendidikan," jelas Sri Mulyani.

Dream - Menteri Keuangan Sri Mulyani memastikan gaji ke-13 bagi para PNS akan cair mulai 1 Juli mendatang. Ia mengatakan, untuk pemberian gaji ke-13 tahun 2022, pemerintah telah menyiapkan alokasi anggaran sebesar Rp35,5 triliun.

" Perinciannya Rp11,5 triliun untuk ASN pusat, Rp9 triliun untuk pensiunan, dan Rp15 triliun untuk ASN daerah," tutur Sri Mulyani, dikutip dari laman resmi Kementerian Keuangan, Rabu 29 Juni 2022.

Sri Mulyani menjelaskan, gaji ke-13 ini akan berisi komponen gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan pangan dan tunjangan jabatan, serta 50 persen tunjangan kinerja.

1 dari 2 halaman

Sebagaimana diatur pada Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2022, Pemerintah akan memberikan Gaji Ketiga Belas tahun 2022 sebagai wujud penghargaan atas kontribusi dan pengabdian aparatur negara, pensiunan, penerima pensiunan, dan penerima tunjangan dalam mencapai tujuan pembangunan nasional.

" Selain itu, bertepatan dengan mulainya tahun ajaran baru, pemberian gaji ke-13 juga ditujukan untuk membantu pendanaan pendidikan," jelas Sri Mulyani.

2 dari 2 halaman

Ia berharap melalui pemberian gaji ke-13 ini tidak hanya dapat memberikan bantuan pendanaan pendidikan, tetapi juga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi nasional melalui pertumbuhan konsumsi pemerintah dan konsumsi rumah tangga.

“ Kita mengharapkan dengan adanya Tunjangan Hari Raya dan gaji ke tiga belas, percepatan pemulihan ekonomi nasional dapat makin didorong dengan menambah daya beli masyarakat, khususnya menjelang tahun ajaran baru, di mana kebutuhan terhadap belanja untuk anak-anak didik, biasanya dihadapi oleh orang tua,” ujarnya.

Aturan Baru Insentif Nakes yang Tangani COVID-19, Seperti Apa?© MEN

Beri Komentar