Sst, Orang Cerdas Biasanya Punya 4 Kebiasaan Unik

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 26 Maret 2020 09:12
Sst, Orang Cerdas Biasanya Punya 4 Kebiasaan Unik
Apa saja?

Dream – Kecerdasan merupakan suatu hal yang sulit diukur. Akan tetapi, ilmu sains membuktikan kebiasaan berkaitan dengan tingkat kecerdasan, cara pemecahan masalah, dan kreativitas.

Dikutip dari Miss Kyra,Kamis 26 Maret 2020, ada kebiasaan-kebiasaan unik yang dimiliki orang dengan kecerdasan yang di atas rata-rata. Pertama, tidur larut. Dalam film, pemeran-pemeran yang jenius dan kreatif selalu bekerja hingga larut malam, mungkin stereotip ini bermula dari kenyataan. Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang cenderung tidur larut malam memiliki IQ lebih tinggi. Jika sering begadang, ingatlah untuk tetap tidur tujuh hingga sembilan jam!

Kedua, mengumpat atau bicara kasar. Dalam masyarakat, mengumpat adalah cerminan dari rendahnya pendidikan dan kecerdasan. Ada teori yang mengatakan saat orang yang tidak bisa memikirkan kata sifat yang tepat, mereka akan menggunakan bahasa slang, termasuk kata-kata umpatan.

Tetapi penelitian menunjukkan sebaliknya. Mengumpat memiliki korelasi positif dengan kemampuan verbal secara keseluruhan.

Selain itu, kemampuan linguistik atau berbahasa adalah salah satu hal yang dimiliki orang dengan kecerdasan tinggi, jadi tidak heran bahwa orang pintar tahu lebih banyak kata-kata umpatan, walaupun tidak digunakan setiap saat.

1 dari 3 halaman

Bicara dengan Diri Sendiri

Ketiga, berbicara dengan diri sendiri. Banyak orang berpikir bahwa bergumam dan berbicara pada diri sendiri merupakan tindakan yang aneh. Kenyataannya, hal itu menggambarkan tingginya kemampuan berpikir, memori, dan persepsi seseorang.

Dalam sebuah studi dari University of Wisconsin dan University of Pennsylvania, peneliti meminta peserta untuk mengingat dan menemukan benda. Mereka lebih mampu mengingat daftar barang yang harus dicari jika mengatakan nama bendanya dengan keras. Berbicara secara lantang dapat mengaktifkan properti visual di otak manusia.

Keempat, suara mengecap saat makan membuatmu risih. Sebuah studi dari Northwestern University menemukan bahwa orang-orang yang memiliki tingkat kognitif tinggi, cenderung tidak mampu menyaring hal-hal yang tidak berguna (Leak sensory gating), yang berarti segala rangsangan dapat diterima.

Kurangnya kemampuan sensory gating pada seseorang dapat membantu mengintegrasikan ide-ide kreatif yang ada. Menariknya, penelitian lain menunjukkan bahwa mengunyah permen karet dapat meningkatkan kinerja otak.

(Laporan: Raissa Anjanique)

2 dari 3 halaman

3 Pola Pikir Orang Sukses, Fresh Graduate Wajib Baca!

Dream - Mahasiswa yang baru lulus memiliki kesempatan yang lebar untuk meraih sukses. Mereka bisa sedari dini meniti karier yang hendak digapai.

Perjalanan menuju kesuksesan ini bisa menjadi tantangan dan kesenangan sekaligus.

Dikutip dari Merdeka.com yang melansir CNBC Make It, Selasa 10 Desember 2019, pakar karier, Marcus Buckingham, mempelajari orang-orang yang unggul dalam kehidupan profesional.

“ Saya telah menemukan kunci keberhasilan dimulai dengan pola pikir yang kuat,” kata Marcus.

 

 © Dream

 

Ada tiga pemikiran sukses yang perlu diterapkan oleh sarjana baru. Pertama, karier bukanlah tujuan, melainkan proses pencairan. Dalam karier, tak ada yang sempurna dan tak ada yang bisa memprediksi apa yang terjadi selanjutnya setelah kita bisa merintis karier. 

Kamu harus bisa mencari langkah selanjutnya. Carilah peran dan tanggung jawab yang memungkinkan untuk benar-benar sesuai dengan keahlian dan tampil mengesankan.

3 dari 3 halaman

Cari Tahu Alasan Kamu Bekerja

Kedua, kamu harus mencari tahu alasan kamu bekerja.

Sebelum menerima pekerjaan, kamu sebaiknya bertanya kepada diri sendiri mengapa memilih bekerja.

Jika kamu percaya terhadap apa yang perusahaan lakukan dan mencintai rekan kerjamu, namun pada saat yang sama kamu membencinya, niscaya tak akan bertahan lama.

Ketiga, temukan kemampuan keunggulanmu.

Orang-orang tak bisa menebak apa bakat dan kekuatanmu. Bos mungkin menjadi orang yang pantas mengevaluasi kinerjamu, tapi diri sendirilah yang bisa mengenalmu dengan baik.

Kamu harus memperhatikan kekuatan apa yang paling unik dan bermakna dari setiap tugas yang dilakukan. Dengan melakukannya, kamu bisa menyiapkan diri untuk masa depan yang sukses.(Sah)

Beri Komentar