Kebiasaan Lelaki Kala Online Shopping

Reporter : Cynthia Amanda Male
Jumat, 2 Agustus 2019 11:24
Kebiasaan Lelaki Kala Online Shopping
Terdapat perbedaan kecenderungan antara konsumen wanita dan pria saat berbelanja.

Dream - Banyak orang mengidentikkan hobi belanja dengan wanita. Mereka bisa betah berlama-lama memilih barang yang disukai di sebuah mal atau platform e-Commerce.

Nyatanya, hobi belanja juga melekat pada para pria lho. Ini terlihat dari data aplikasi e-commerce Shopee yang menunjukkan adanya peningkatan jumlah konsumen pria.

" Kami sudah mengalami pertumbuhan konsumen laki-laki. Jumlah pelanggan pria naik terus," ujar Country Brand Manager Shopee Indonesia, Rezki Yanuar, di Hard Rock Cafe, Jakarta, Kamis 1 Agustus 2019.

Produk yang dibeli jelas berbeda dengan wanita. Jika wanita menyukai produk kategori fashion and beauty, mom and kids atau mom and living, para konsumen lelaki ini lebih memilih produk otomotif dan komputer.

" Tiga top kategorinya adalah otomotif, komputer dan aksesoris serta olahraga dan outdoor. Mereka bisa beli onderdil, komputer juga dikarenakan perkembangan e-sport, kalau olahraga karena laki-laki di Indonesia suka bola dan hobi lainnya," kata Rezki.

Perbedaan juga terjadi pada kecenderungan berbelanja. Konsumen wanita tertarik belanja ketika ada flash sale, sementara pria merupakan konsumer tipe 'repeater', suka membeli barang unik di satu tempat.

" Kalau cowok punya produk unik masing-masing. Sudah sangat tahu apa yang mau dibeli dan cowok kalau sudah suka satu tempat akan jadi repeater," ucap dia.

Kecenderungan itu juga dipengaruhi oleh brand. Bagi kaum adam, brand jadi daya tarik belanja.

" Brand yang tidak dikenal pun juga dicari," tutur Rezki.

1 dari 5 halaman

Survei MarkPlus: Shopee e-Commerce Favorit Wanita Indonesia

Dream – Belakangan ini e-commerce berkembang pesat. “ Produk” teknologi ini hadir dan mempermudah masyarakat untuk berbelanja, terutama kaum hawa.

Bicara tentang wanita dan e-commerce, MarkPlus Inc. melakukan riset tentang seberapa jauh e-commerce memberdayakan perempuan.

“ MarkPlus membuat riset smart women ini, karena tahu bahwa 8 Maret kemarin untuk memperingati Hari Perempuan Internasional dan 21 April nanti Hari Kartini,” kata Head of Communication, Hi-Tech, and Media Industry MarkPlus, Rhesa Dwi Prabowo, dalam “ Smart Women Talks: Empowering Women Through E-Commerce” di Jakarta, Kamis 4 April 2019.

Rhesa mengatakan salah satu faktor dilakukan riset ini adalah mengetahui sejauh mana manfaat E-commerce dapat dirasakan para perempuan modern, baik konsumen maupun penjual.

Hasil dari riset ini pun menyebut mayoritas perempuan dipermudah belanja dengan e-commerce.

Sedangkan dari sisi penjual, perempuan membuka bisnis melalui e-commerce karena ingin memiliki penghasilan sendiri, selain kebebasan untuk berkarya.

2 dari 5 halaman

Pilih Shopee

Rhesa mengatakan perempuan lebih memilih Shopee daripada e-commerce lainnya untuk belanja.

Ada 56 persen perempuan yang memilih e-commerce ini daripada Tokopedia dan Lazada.

“ Diikuti oleh Tokopedia dan Lazada yang terpaut cukup jauh, yaitu 16,3 persen dan 11,8 persen,” kata dia.

Perempuan juga tak lepas dari fashion. Untuk urusan busana, Shopee tetap unggul dengan presentasi 50,2 persen, Zalora 9,5 persen, dan Lazada 8,8 persen. (ism, Laporan: Ratih Permata Sari)

3 dari 5 halaman

Cara Seru dan Aman Belanja di Shopee

Dream - Menjamurnya beragam startup dan ecommerce tak hanya menyuguhkan kemudahan bagi customer tetapi juga tantangan di dunia bisnis. Tak jarang beberapa ecommerce tutup akibat kalah persaingan.

Siapa yang tak suka belanja di ecommerce yang menawarkan kemudahan dalam prosesnya?

Salah satu ecommerce populer di Indonesia adalah Shopee. Ecommerce satu ini menawarkan berbagai macam promo menarik dari gratis ongkir dan sebagainya pada customer-nya. Tetapi sayangnya masih banyak customer yang belum paham akan kemudahannya.

Belanja di Shopee ini memiliki keunggulan free ongkir dengan beberapa ketentuan minimum belanja. Nah, untuk menjelaskan mengenai belanja di Shopee dengan seru dan free ongkir serta cara aman transaksi, berikut ini ulasannya.

Ketentuan Free Ongkir Shopee

 Shopee

Bagi Anda yang belanja di Shopee tiap bulan bisa mendapatkan free ongkir atau gratis ongkir dengan minimum besaran yang telah ditentukan. Besaran tersebut merupakan syarat yang ditotal nantinya, lalu pada total di keranjang belanja Anda akan mendapatkan gratis ongkir.

Mungkin Anda bertanya-tanya, berapa sih minimal belanja agar Anda bisa dapat free ongkir?

Pada mulanya, ongkos pengiriman sebesar Rp30.000 per toko lalu berubah menjadi Rp70.000 dan sekarang yang terbaru Rp120.000 per toko.

Bagaimana menurut Anda, apakah cukup mahal? Tapi, strategi mengenai gratis ongkir ini akan meringankan biaya dan cukup baik untuk menarik customer baru untuk belanja di Shopee.

Saat ini, meskipun harga minimalnya untuk gratis ongkir semakin tinggi, namun customer setiap tetap menjadi customer tetap di Shopee.

Sebagian dari customer mungkin melihat iklan komersil di TV dan tertarik dengan hal ini. Namun, Anda jangan sampai salah untuk Shopee ini membuat biaya ongkir barang disubsidikan.

Maksud dari subsidi di sini yaitu memotong biaya ongkos kirim sebesar Rp30.000 jadi seperti biaya ongkos kirim Anda seharga Rp40.000 maka Anda hanya membayar biaya kekurangan Rp10.000.

Jika ongkir Anda seharga Rp29.500 berarti Anda tidak perlu membayar sepesar pun untuk ongkos kirimnya.  Selain untung karena free ongkir ini, Anda juga bisa merasakan keuntungan berupa cashback jika berbelanja produk Shopee melalui ShopBack.

Cara Belanja di Shoppe dengan Aman

 Shopee

Sudah rahasia umum bahwa belanja online tentu memiliki risiko, dari mulai barang tidak sesuai dengan deskripsi, bahkan penipuan. Kabar baiknya, di Shopee Anda bisa melihat setiap reputasi dari para seller lalu mengetahui tentang reputasi toko tersebut mendapatkan suatu predikat baik maupun buruk.

Dengan mengetahui review, komentar maupun testimonial yang diberikan customer nantinya akan membuat reputasi toko online atau seller tesebut di Shopee. Hal ini karena nantinya ada review serta bintang untuk melihat reputasi dari toko online atau seller tersebut.

Jadi, sebagai customer yang cerdas Anda perlu memilih toko yang ratingnya mendekati bintang 5 sistem yang dibuat oleh Shopee ini.

Jadi, setiap toko online atau seller tidak hanya sekedar mengejar keuntungan melainkan mengejar juga untuk mendapatkan reputasi toko yang baik. Belanja juga bisa jadi lebih hemat dengan kode promo Shopee yang bisa digunakan.

Kemudahan Cara Pembayaran di Shopee

 Shopee

Kemudahan bertransaksi menjadi bahan pertimbangan customer dalam memilih ecommerce. Setiap ecommerce melihat bahwa kemudahan merupakan satu hal yang krusial sehingga segala sistem harus user friendly artinya harus simpel dan mudah.

Kini, berbagai macam tipe pembayaran  disediakan oleh Shopee seperti metode transfer menggunakan ATM, Mobile Banking dan Internet Banking.

Dengan menggunakan metode tersebut bank yang disediakan juga sangat beragam seperti BRI, BCA, BNI, Mandiri dan lainnya.

Shopee juga sudah memiliki sistem untuk menahan dana kamu di pihak Shopee sendiri sebelum barang tersebut sampai ke tangan kamu ini berguna untuk menghindari adanya penipuan seperti yang sudah disebutkan diatas.

Cara Konfirmasi Pembayaran di Shopee

Setelah melakukan pembayaran hal berikutnya tentunya adalah melakukan konfirmasi pembayaran. Hal ini tidaklah sulit, karena di Shopee dalam hal konfirmasi terdapat dua cara yang cukup mudah.

1. Konfirmasi pembayaran manual

Untuk konfirmasi pembayaran dengan metode manual ini Anda bisa mentransfer dengan cara memfoto atau screenshot bukti transfer selanjutnya melakukan upload agar nanti di konfirmasi pihak Shopee.

2. Konfirmasi pembayaran otomatis

Konfirmasi metode ini bisa dilakukan dengan cara yang sangat praktis karena melalui metode ini tidak perlu susah meng-upload bukti transfer Anda ataupun memfoto bukti transfer karena prosesnya pun kurang dari hitungan menit sampai sistem Shopee mengonfirmasi langsung.

Cara Memberikan Penilaian dan Produk

Jika tadi Anda telah mengetahui bahwa dalam membeli produk, Anda perlu mengetahui reputasi toko online kini saatnya Anda mengetahui cara menilainya. Sebagian orang merasa penting mendapatkan pelayanan yang diberikan dari suatu perusahaan maupun jasa.

Ketika Anda belanja di Shopee dan melakukan pembayaran maka Anda tidak akan diterima langsung oleh seller namun uang tersebut nantinya akan dipegang oleh pihak Shopee hingga barang yang dipesan sudah Anda terima.

Dari situlah maka Anda akan melihat mana layanan yang baik, cepat dan produk yang terjamin kualitasnya.

Dengan memahami cara belanja di Shopee, kini Anda lebih cerdas dalam bertransaksi. Perlu Anda ingat bahwa belanja melalui ecommerce memang memudahkan Anda dalam membeli barang, tetapi ingatlah bahwa Anda juga harus berhati-hati.

[crosslink_1]

4 dari 5 halaman

Bertabur Hadiah Rp11 Miliar di Shopee 11.11 Big Sale

Dream - “ Shopee 11.11 Big Sale” sukses membuat heboh para penggila belanja online. Hadir dengan konsep yang lebih meriah dari tahun lalu, pesta belanja online yang berlangsung dari tanggal 25 Oktober hingga 11 November 2018 ini disambut hangat oleh masyarakat Indonesia.

Beragam hadiah dan promo menarik dipersembahkan secara spesial oleh Shopee untuk menjawab kebutuhan masyarakat dalam berbelanja.

 Shopee1111

Menariknya, kehebohan program “ Shopee 11.11 Big Sale” ini tidak hanya berlangsung secara online, tapi juga terjadi lewat acara live yang disiarkan di empat stasiun televisi Tanah Air, yaitu ANTV, SCTV, GTV, dan NET TV pada hari Sabtu (10/11).

Acara ini dimeriahkan oleh artis-artis papan atas, seperti Demian, Zaskia Gotik, Wali, Caesar, DJ Moski, dan Rizky Febian. Via Vallen, salah satu brand ambassador Shopee juga turut memeriahkan program tersebut dan berhasil memukau pemirsa saat ia memasuki panggung bersama Raffi Ahmad dengan menggunakan Lamborghini.

 Shopee1111

Dalam acara yang diadakan mulai pukul 19.00 WIB hingga 21.00 WIB tersebut, Shopee mengajak penonton di studio dan di rumah untuk memainkan Goyang Shopee. Pasti kamu sudah mengetahui cara memainkannya jika pernah atau mungkin sering mengikuti permainan pada aplikasi Shopee satu ini.

Yup, dengan menggoyangkan smartphone, gemerincing koin dengan total senilai 11 miliar rupiah bisa didapatkan pada sesi spesial Goyang Shopee. Koin-koin tersebut kemudian bisa digunakan untuk berbelanja di Shopee. Seru banget, kan?

 Shopee1111

Tak hanya sampai di situ, semarak acara TV Shopee 11.11 Big Sale juga dimeriahkan oleh hadiah-hadiah yang menggiurkan seperti iPad Pro, home theater, motor Honda CBR, hingga grand prize berupa mobil Nissan X-Trail.

Beragam promo menarik mulai dari flash sale serba 11 rupiah, gratis ongkos kirim hingga 11 kali tanpa minimum pembelian, dan voucher cashback sebesar Rp 111.000 dihadirkan Shopee untuk para pelanggan setianya.

 Shopee1111

Dengan berbagai promo spesial di dalamnya, pastikan kamu tidak melewatkan pesta belanja online ini. Siapkan dirimu untuk belanja sepuasnya pada puncak promo Shopee 11.11 Big Sale karena akan ada banyak kejutan dan penawaran menggiurkan.

Jangan lewatkan puncak promo Shopee 11.11 Big Sale hari ini dan tonton ulang kemeriahan  acara semalam di sini.

[crosslink_1]

5 dari 5 halaman

Cukup Sekali Klik, Belanjaan Nasabah BCA di Shopee Terbayar

Dream – Belakangan ini, transaksi pembayaran secara online semakin diminati masyarakat. Apalagi, masyarakat juga gemar belanja di portal e-commerce.

“ Sekarang, minat masyarakat sangat tinggi untuk belanja online. Ketika belanja, banyak sekali tombol yang harus diklik,” kata Wakil Presiden Direktur BCA, Armand W. Hartono, di Jakarta, Rabu 9 Januari 2019.

Melihat hal ini, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dan Shopee Indonesia melakukan kerja sama dengan OneKlik. Armand mengatakan fitur ini mempermudah masyarakat untuk membayar belanjaan.

“ Kami bekerja sama dengan Shopee untuk melakukan pembayaran yang mudah dengan OneKlik hanya satu kali klik,” kata dia.

Armand mengatakan OneKlik merupakan solusi baru bayar belanja online yang membuat nasabah dapat langsung menekan tombol satu kali untuk melakukan pembayaran pada aplikasi merchant.

Nasabah cukup dengan mendaftarkan sumber dana dari rekening BCA. Dengan begitu, OneKlik bisa langsung digunakan.

OneKlik juga memiliki limit harian yang dapat membuat para nasabah tidak perlu khawatir uang belanja bobol. Limit harian itu dapat diatur sendiri oleh nasabah.

“ Dengan menggunakan OneKlik melakukan pembayaran bisa dengan instan,bebas ribet, transaksi tanpa batas, dan juga terkendali,” kata dia.

(Sah, Laporan: Ava Haprin) 

Beri Komentar
Pengakuan Mencengangkan Aulia Kesuma, Dibalik Rencana Pembunuhan Suami dan Anak Tirinya