Terkuak, Ternyata Ini yang Dilakukan Para CEO Selama Bekerja?

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 22 Juni 2018 10:29
Terkuak, Ternyata Ini yang Dilakukan Para CEO Selama Bekerja?
Mereka sibuk, tapi bisa menyeimbangkan pekerjaan dengan waktu pribadi, lho.

Dream – Sahabat Dream, pernah penasaran dengan aktivitas yang dilakukan oleh CEO setiap hari? Apa saja yang mereka lakukan di tempat kerja?

Dikutip dari CNBC, Jumat 22 Juni 2018, kajian yang dirilis oleh Harvard Business Review, menunjukkan studi yang dilakukan terhadap 27 CEO—25 orang wanita CEO dan 2 pria. Dari kajian itu, ditemukan bahwa 27 CEO ini memiliki pendapatan tahunan rata-rata sebesar US$13,1 miliar (Rp184,61 triliun).

Studi ini juga mengumpulkan waktu yang dihabiskan CEO selama tiga bulan. Dengan menambah 15 menit setiap hari, peneliti mengantongi 60 ribu jam yang dihabiskan oleh 27 CEO.

Setelah diteliti, para pemimpin perusahaan rata-rata bekerja selama 9,7 jam per hari kerja atau 48,5 jam per minggu. Ada 79 persen yang bekerja di akhir pekan dan menghabiskan waktu 3,9 jam untuk bekerja di akhir minggu. Ada juga 70 persen yang berlibur di akhir pekan dan menghabiskan waktu 2,4 jam untuk berlibur.

“ Kami menemukan waktu adalah sumber daya yang paling langka bagi CEO,” kata salah seorang peneliti, Michael Porter, kepada CNBC.

Porter mengatakan, 75 persen CEO menjadwalkan bekerja di akhir pekan, sedangkan 25 persen bekerja secara spontan. Dia juga berkata para CEO mencapai keseimbangan antara waktu kerja dan pribadi. Ada 31 persen dari waktunya dihabiskan untuk bekerja, 10 menit untuk komuter, 25 persen untuk waktu pribadi, 29 persen untuk tidur malam, dan 5 persen untuk liburan.

Lalu, apa saja yang dilakukan oleh para bos selama menghabiskan waktunya?

Studi menunjukkan 25 persen dari waktu kerja mereka dihabiskan untuk hubungan bisnis dan bertemu klien, 25 persen untuk ulasan fungsional dan unit bisnis, 16 persen untuk organisasi dan budaya perusahaan, 21 persen untuk strategi, 3 persen untuk pengembangan professional, serta 1 persen untuk manajemen krisis. Lalu, 4 persen waktu kerja mereka digunakan untuk membahas merger dan akuisisi dan 4 persen lainnya untuk rencana operasional.

Yang “ menakutkan”, para CEO juga dibayangi oleh rapat yang tidak efisien. Mereka menghabiskan 72 persen waktu kerja untuk rapat. Ada 32 persen CEO menggelar rapat 1 jam, 38 persen rapat lebih dari 1 jam, dan 30 persen lainnya rapat di bawah 1 jam.

“ Dalam studi kami, CEO mengaku pertemuan satu jam sering bisa dipotong menjadi 30 menit atau 15 menit,” kata Porter dan periset lainnya, Nitin Nohria.

Penelitian ini juga menemukan 61 persen CEO menggunakan komunikasi melalui tatap muka, 24 persen melalui elektronik, misalnya e-mail, dan 15 persen melalui telepon dan surat.

“ Interaksi tatap muka adalah cara terbaik bagi CEO untuk memberikan pengaruh, mempelajari apa yang sebenarnya terjadi, dan memberikan agenda tentang hal-hal yang harus ditingkatkan. Hal ini memungkinkan CEO untuk mendukung dan melatih orang-orang yang bekerja sama dengan mereka,” kata Porter dan Nohria.

Beri Komentar