Tren Belanja Online Orang Indonesia di Awal 2022: Masker Kesehatan Masih Terlaris

Reporter : Alfi Salima Puteri
Kamis, 19 Mei 2022 11:47
Tren Belanja Online Orang Indonesia di Awal 2022: Masker Kesehatan Masih Terlaris
Pada kategori Kesehatan, produk seperti masker kesehatan, masker sekali pakai serta obat herbal menjadi yang paling banyak dicari.

Dream - Produk kebutuhan sehari-hari di kategori rumah tangga, kesehatan, makanan dan minuman selama tiga bulan pertama 2022 masih menjadi produk paling dicari masyarakat melalui platform e-Commerce. Selain tiga kategori itu, barang-barang elektronik dan fesyen juga tetap jadi favorit di kuartal I 2022.

Pilihan produk favorit di awal tahun 2022 itu terungkap dari laporan yang dirilis Tokopedia. Head of External Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya menjelaskan barang-barang di kategori Rumah Tangga yang paling laris di antaranya bantal kepala, stop kontak dan benih atau bibit tanaman.

Sedangkan di kategori kesehatan, produk paling dicari masyarakat adalah masker kesehatan, masker sekali pakai, serta obat herbal.

" Di kategori Makanan dan Minuman, minyak goreng, mie instan serta buah-buahan adalah beberapa produk paling laku," ujar Ekhel dalam rilis yang diterima Dream pada Rabu, 18 Mei 2022.

1 dari 3 halaman

Sementara earphone, bohlam lampu serta speaker menjadi produk paling banyak dibeli untuk kategori elektronik.

Di sisi lain, produk kaos, sandal serta sneakers jadi yang terlaris dicari masyarakat pada kategori Fesyen Pria. Untuk kategori Fesyen Wanita, sandal, tas selempang dan daster menjadi produk yang paling laris.

“ Kami juga melihat temuan menarik lainnya dari perilaku belanja masyarakat. Tercatat pengiriman terjauh di Tokopedia, yaitu dari Pekanbaru ke Jayapura. Pengiriman antar pulau pun semakin meningkat di kuartal I 2022, dengan peningkatan paling tinggi sebesar hampir 65 kali lipat untuk pesanan dari Sulawesi ke Papua,” jelas Ekhel.

Tren Belanja Kuartal I/2022: Masker Kesehatan Masih Terlaris

2 dari 3 halaman

Ekhel menilai, tren belanja di Tokopedia ini turut didorong oleh deretan inisiatif, contohnya Home Living SALEbrations, yang merupakan kampanye terbesar pada kategori Rumah Tangga, juga Tokopedia Peduli Sehat, yang bekerja sama dengan pegiat usaha di industri kesehatan.

Selain itu, ada juga kampanye Tokopedia NOW! yang membantu masyarakat memenuhi produk harian dalam waktu maksimal dua jam pengiriman setelah pembayaran.

Sementara itu, sebagai bentuk dukungan terhadap UMKM lokal di seluruh wilayah Indonesia, Tokopedia juga terus menggencarkan inisiatif Hyperlocal, yang mengusung teknologi geo-tagging untuk mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat, misal lewat kampanye Kumpulan Toko Pilihan (KTP).

3 dari 3 halaman

Melalui inisiatif Hyperlocal, Tokopedia mencatat beberapa tren pada kuartal I/2022 dibandingkan periode yang sama di 2020.

Adapun wilayah dengan kenaikan jumlah penjual paling tinggi adalah Tanjung Pinang, Pekalongan, Gowa, Gianyar dan Lampung Selatan.

Kemudian untuk wilayah dengan peningkatan jumlah pembeli paling tinggi adalah Asmat, Halmahera Utara, Probolinggo, Jepara dan Kepulauan Selayar.

Sementara untuk wilayah dengan kenaikan transaksi paling tinggi adalah Tanjung Balai, Serang, Banyuasin, Karangasem dan Gorontalo.

“ Tokopedia akan terus berupaya mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhan harian sekaligus mendukung pertumbuhan pelaku UMKM lokal agar bisa bangkit bersama dan turut mendorong pemulihan ekonomi nasional,” pungkasnya.

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More