Tokopedia/ Foto: Shutterstock
Dream – Tokopedia mencatat sejumlah kategori yang paling laris dibeli oleh pelanggan selama Ramadan hingga Lebaran 2023.
“ Perlengkapan rumah tangga, makanan, minuman, serta fesyen menjadi beberapa kategori yang paling laris di Tokopedia selama Ramadan hingga Lebaran 2023,” ungkap Head of Corporate Affairs Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, di Jakarta, Selasa 9 Mei 2023.
Menurut Ekhel Chandra, kategori-kategori itu sangat laris karena sejalan dengan kondisi masyarakat yang saat ini kembali bisa menjalin silaturahmi dengan keluarga secara langsung. Pada pandemi Covid-19, pergerakan masyarakat memang dibatasi untuk mencegah penularan virus corona.
Ekhel Chandra mengatakan, beras, mi instan, dan daun bawang, tercatat sebagai produk terlaris sepanjang Ramadan hingga Lebaran 2023 untuk kategori perlengkapan rumah tangga.
Sementara pada kategori fesyen, produk paling banyak dibeli adalah kaus, sepatu, serta kerudung. Di sisi lain, tambah dia, masyarakat masih mengandalkan kanal online untuk membeli makanan atau minuman.
“ Kami mencatat kurma, madu, dan parsel makanan menjadi produk yang banyak dibeli masyarakat pada Ramadan-Lebaran 2023,” ujar Ekhel.
Selain kategori-kategori itu, Tokopedia juga menjual tiket transportasi umum, salah satunya pesawat.
“ Kami mencatat tiket tujuan pesawat yang paling banyak terjual selama Ramadhan 2023, yaitu ke Sidoarjo,” tambah Ekhel.
Dream - Tokopedia melalui ekosistem di aplikasi Mitra Tokopedia akan mengeliminasi fitur produk grosir di aplikasi, sejalan dengan penjualan produk digital yang lebih tinggi.
Penyesuaian ini juga beriringan dengan tujuan grup perusahaan Tokopedia, yaitu GoTo, dalam membangun bisnis yang tetap bertumbuh secara jangka panjang.
Tokopedia mencatat, penjualan produk digital di aplikasi Mitra Tokopedia, seperti pulsa, paket data, game voucher, dan token listrik, jauh lebih tinggi dibandingkan produk grosir, seperti sembako dan produk fisik lainnya.
“ Melihat data tersebut, kami memutuskan untuk menyesuaikan bisnis kami dengan mengeliminasi fitur pembelian oroduk grosir di aplikasi mitra Tokopedia,” kata Head of Mitra Tokopedia, Carlo Yudhistira Praditya dalam dalam siaran pers, Kamis 13 April 2023.
Tokopedia akan memfasilitasi individu dan pemilik usaha untuk menjual 21 jenis produk digital dengan harga kompetitif, sehingga mereka bisa mendapatkan penghasilan lebih.
21 jenis Produk Digital tersebut dibagi atas tiga kategori, antara lain:
Biaya Pendidikan, Internet dan TV Kabel, serta E-Samsat merupakan produk digital dengan pertumbuhan paling pesat di aplikasi Mitra Tokopedia pada kuartal I 2023 dibandingkan periode yang sama di tahun 2022, dengan rata-rata peningkatan transaksi hampir 4x lipat.
Adapun Minahasa (Sulawesi Utara), Raja Ampat (Papua Barat) dan Manokwari Selatan (Papua Barat) menjadi beberapa wilayah dengan peningkatan transaksi produk digital paling tinggi di aplikasi Mitra Tokopedia pada kuartal I 2023, dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2022, dengan rata-rata peningkatan sebesar lebih dari 5,5x lipat.
Advertisement
Universitas Udayana Buka Suara Terkait Dugaan Perundungan Timothy Anugerah
UU BUMN 2025 Perkuat Transparansi dan Efisiensi Tata Kelola, Tegas Anggia Erma Rini
Masa Tunggu Haji Dipercepat, dari 40 Tahun Jadi 26 Tahun
Viral Laundry Majapahit yang Bayarnya Hanya Rp2000
NCII, Komunitas Warga Nigeria di Indonesia
Azizah Salsha di Usia 22 Tahun: Keinginanku Adalah Mencari Ketenangan
Tampil Cantik di Dream Day Ramadan Fest Bersama Beauty Class VIVA Cosmetics
Benarkah Gaji Pensiunan PNS Naik Bulan Ini? Begini Penjelasan Resminya!
Timnas Padel Indonesia Wanita Cetak Sejarah Lolos ke 8 Besar FIP Asia Cup 2025
Hore, PLN Berikan Diskon Tambah Daya Listrik 50% Hingga 30 Oktober 2025
Universitas Udayana Buka Suara Terkait Dugaan Perundungan Timothy Anugerah
Hasil Foto Paspor Shandy Aulia Pakai Makeup Artist Dikritik, Pihak Imigrasi Beri Penjelasan
Zaskia Mecca Kritik Acara Tanya Jawab di Kajian, Seperti Membuka Aib