Tren Belanja Produk Online: Kategori Fesyen Jadi Primadona Tahun Ini

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Kamis, 6 Juli 2023 10:45
Tren Belanja Produk Online: Kategori Fesyen Jadi Primadona Tahun Ini
Fashion muslim jadi salah satu kategori produk paling diburu.

Dream - Menurut Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, pada 2022 ekonomi kreatif memberikan kontribusi 7,8 persen terhadap perekonomian nasional. Segmen fashion, kuliner, dan kriya, menjadi penyumbang terbesar.

Kemenparekraf juga menjelaskan bahwa ekonomi kreatif, khususnya fashion, kuliner, dan kriya, di Indonesia berpotensi menyumbang hingga 20 persen terhadap ekonomi kreatif global.

Di platform belanja online Tokopedia pun, fashion menjadi kategori produk paling diburu pada tahun 2023.

Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

Fashion jadi salah satu kategori produk paling diburu lewat Tokopedia sepanjang semester I 2023,” jelas Head of Category Development Tokopedia, Aldhy Darmayo, pada acara Tokopedia Dukung Pegiat Usaha Lokal Majukan Industri Fesyen Indonesia, Rabu 5 Juli 2023.

1 dari 5 halaman

Tren Belanja Online

Tren belanja online produk fashion -baik fashion wanita, fashion muslim, dan fashion pria- lewat Tokopedia terus menunjukkan angka positif.

Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Di Fashion Muslim, pakaian muslim pria, dress muslim wanita dan perlengkapan ibadah menjadi beberapa produk yang paling banyak dibeli. Di sisi lain, pada Fashion Pria, sepatu, blazer dan jas serta batik, menjadi beberapa produk paling diburu,” tambah Aldhy.

 

2 dari 5 halaman

Beberapa Wilayah Mengalami Peningkatan

Bukan Jakarta, wilayah yang biasanya sulit terakses mengalami peningkatan hingga 2,5 kali lipat untuk pembelian produk fashion. Berikut beberapa wilayah yang mengalami peningkatan.

Doc Tokopedia

“ Kabupaten di Papua Tengah, Raja Ampat dan Maluku Barat Daya (Maluku) menjadi beberapa wilayah dengan peningkatan tertinggi jumlah transaksi pada kategori Fesyen di Tokopedia, pada semester I 2023 dibandingkan semester I 2022, dengan rata-rata peningkatan lebih dari 2,5 kali lipat,” tambah Aldhy.

3 dari 5 halaman

Produk Fesyen Paling Diminati

Untuk setiap kategori memiliki produk fashion yang paling diminati. Pada semester I 2023 dibanding semester I 2022, di kategori fashion wanita, sepatu, atasan dan aksesoris menjadi beberapa produk paling laris.

Doc Tokopedia

" Di sisi lain, pada Fashion Pria, sepatu, blazer dan jas serta batik, menjadi beberapa produk paling diburu," tambah Aldhy.

4 dari 5 halaman

5 Daerah dengan Transaksi Fesyen dan Kecantikan Tertinggi di Tokopedia, Bukan Kota Besar!

Dream - Bertepatan dengan HUT Kemerdekaan Indonesia, Tokopedia merayakan ulang tahunnya yang ke-13 pada 17 Agustus 2022 lalu. Marketplace online yang didirikan William Tanuwijaya itu mengawali tahun pertama kehadirannya dengan meraih Bubu Award sebagai startup e-commerce terbaik di Indonesia pada 2009   

Setelah 13 tahun berselang, Tokopedia telah naik status menjadi perusahaan unicorn yang mempunyai valuasi lebih dari  US$1 miliar. Bahkan kini Tokopedia menjadi semakin raksasa setelah bergabung bersama Gojek melahirkan GoTo Group pada Mei 2021.

Kehadiran Tokopedia juga membawa perubahan besar bagi para pelaku UMKM. Saat ini 12 juta UMKM memanfaatkan Tokopedia, dengan peningkatan penjual UMKM perempuan sebesar 2,5 kali lipat.

" Pandemi selain membawa tantangan, juga membawa kesempatan baru. Di Tokopedia yang memiliki 12 juta UMKM, terdapat kenaikan secara general 2,5 kali lipat untuk penjual UMKM perempuan," kata Head of External Communications Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya, saat jumpa pers dengan media di Jakarta, Kamis 18 Agustus 2022.

5 dari 5 halaman

Hyperlocal Menciptakan Teknologi Geo-Tagging

Inisiatif Tokopedia dalam menjangkau UMKM di seluruh tanah air adalah memanfaatkan teknologi seluas mungkin. Salah satunya hyperlocal, yang menerapkan teknologi geo-tagging untuk mendekatkan penjual dengan pembeli setempat.

“ Jadi, pelaku UMKM fesyen dan kecantikan dari Sabang sampai Merauke tidak perlu pindah ke kota besar untuk menjangkau pasar,” kata Category Development (Beauty and Personal Care) Senior Lead Tokopedia, Sherine Pranata. 

tokopedia 13 tahun

Dari hyperlocal tersebut, mereka melakukan beberapa kampanye. Termasuk untuk industri fesyen maupun kecantikan, seperti kampanye Cantik Fest, Women In Style, juga Tokopedia Beauty Awards.

Beri Komentar