Uang Habis Buat Mudik, Ini Cara Bertahan hingga Tanggal Gajian

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Minggu, 10 Juni 2018 08:02
Uang Habis Buat Mudik, Ini Cara Bertahan hingga Tanggal Gajian
Setelah mudik, acapkali orang mengeluh uangnya menipis.

Dream – Saat akhir Ramadan, sebagian masyarakat Muslim berbondong-bondong mudik ke kampung halaman. Mereka ingin merayakan hari raya Idul Fitri bersama sanak keluarga.

Beragam persiapan dipersiapkan matang. Mulai dari membeli baju Lebaran, menyediakan uang angpao, sampai memperbaiki mobil supaya tidak ngadat di tengah jalan.

Tak jarang para pemudik merasa pengeluarannya justru berlebih ketika mudik. Bahkan, setelah Lebaran hingga gajian, dompet menipis. Bahkan, uang gaji bulan ini habis tak tersisa dan masih ada 5-10 hari lagi untuk gajian.

Tak mau seperti ini?

Perencana keuangan bersertifikat, Kaukabus Syarqiyah, mengatakan pengelolaan uang setelah Lebaran sebaiknya turut dilakukan ketika sedang merencanakan mudik. Syarqiyah menyarankan pemudik agar menetapkan anggaran setelah Lebaran menjelang gajian.

“ Misalnya, Rp100 ribu per hari untuk 10 hari. Ini jangan diganggu gugat,” kata dia ketika dihubungi Dream di Jakarta, ditulis Minggu 10 Juni 2018.

Syarqiyah mengatakan alokasi dana ini bisa mencegah pemudik untuk mendapatkan uang dengan berbagai cara ketika sedang kepepet.

“ Jangan sampai juga saking tipisnya, lalu menjual aset dan emas, mengosongkan tabungan, sampai utang,” kata dia.

Tak hanya itu, alokasi dana ini juga mencegah para pemudik menyalahkan kondisi karena keuangannya tiris. Apalagi sampai menyesal telah memberi angpao untuk sanak family.

“ Menyenangkan saudara itu perbuatan yang mulia. Kita memberikan yang terbaik untuk keluarga. Tapi, ketika kantong kempis, jangan sampai menyalahkan keadaan,” kata dia.

(Sah) 

Beri Komentar