Viral, Netizen Minta Desain Uang Rp2 Ribu & Rp20 Ribu Diubah

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 28 Maret 2018 16:16
Viral, Netizen Minta Desain Uang Rp2 Ribu & Rp20 Ribu Diubah
Sepintas mirip, banyak pula yang sering tertukar.

Dream – Belakangan ini, pecahan uang Rp2 ribu menjadi viral di jejaring sosial. Warganet meminta pemerintah mengganti corak uang ini karena dinilai sangat mirip dengan pecahan Rp20 ribu.

“ Tolong, dong, pemerintah: dua pecahan uang ini diganti/diperbaiki,” tulis pengguna Facebook, M. Fajar Sulistiadi, dikutip Dream, Rabu 28 Maret 2018.

Menurut Fajar, kemiripan dua pecahan uang ini acapkali makan korban, terutama untuk uang kembalian. Tak jarang, ada yang nombok karena uang Rp2 ribu dan Rp20 ribu itu sebelas dua belas.

Fajar mengatakan, banyak orang yang sering salah, mengira uang Rp20 ribu sebagai pecahan Rp2 ribu, atau sebaliknya. Dan kejadian itu banyak dialami oleh rakyat kecil.

 

“ #Kasihan rakyat kecil, sudah mah susah cari uang. Ditambah apa-apoa serba mahal, tertimpa tangga pula ‘nombokin’ karena salah kembalian,” kata dia.

Jika dilihat sepintas, kedua pecahan ini memiliki desain yang mirip, yaitu gambar pahlawan berwarna abu-abu dan ada warna latar abu-abu. Meski pecahan Rp20 ribu terlihat sedikit lebih cerah.

1 dari 1 halaman

Begini Reaksi Netizen

Unggahan Fajar pada 15 Maret 2018 ini menjadi viral dan telah dibagikan sebanyak 3.358 kali. Warganet pun ramai berkomentar. Ada yang mengalami kasus serupa. Mereka juga meminta agar warna uang ini diganti.

“ Kirain gua doang yang sering salah buat beli,” tulis pengguna bernama Putra Kelana.

“ Iya, aku pun pernah kasih uang jajan sama anak aku kelas 1 SD. Kirain Rp2 ribu, rupanya Rp20 ribu,” tulis Zahwa Al Insan.

“ Ya bener tuh… Tolong bapak pemerintah tolong dibenerin, harus dibedain terima kasih,” tulis Okem Kem.

Beri Komentar