Viral Rekening Jenius Bisa Dibobol Meski Sudah Diblokir

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 30 Agustus 2019 14:36
Viral Rekening Jenius Bisa Dibobol Meski Sudah Diblokir
Saldo rekeningnya juga dibabat.

Dream – Kabar pembobolan rekening tengah menjadi viral di jejaring sosial. Seorang warganet mengaku akun rekening Jenius miliknya telah dibobol. Yang mengherankan pembobol masih bisa melancarkan aksinya meski akun tersebut telah diblokir. 

Nasabah yang menjadi korban pembobolan tersebut menumpahkan pengalaman misteriusnya lewat akun Twitter, @wisnukusmoro. Dia mengaku uang yang disimpan di rekening tabungannya berulang kali dibobol.

Untuk diketahui, Jenius adalah salah satu produk digital perbankan di mana calon nasabah harus memasang aplikasi di Ponselnya terlebih dahulu. Untuk bisa memanfaatkan berbagai fasilitas Jenius, si nasabah harus membuka rekening lewat aplikasi itu. 

Setelah proses pengajuan disetujui, nasabah nantinya bisa bertransaksi melalui aplikasi itu. Nasabah juga mendapat kartu fisik ATM dan debit yang juga bisa dipakai bertransaksi. 

“ Akun @JeniusConnect gue di-hack dan saldo dikuras. Ya Allah… Kok bisa sih :(. Kecewa berat saya,” cuit warganet berakun @WisnuKumoro, dikutip Dream, Jumat 30 Agustus 2019.

1 dari 3 halaman

Tiba-tiba Ada Transaksi di E-commerce

Wisnu mengunggah empat video. Salah satu di antaranya adalah rekaman tentang transaksi di sebuah situs e-Commerce.

Tapi, pria ini mengaku tak pernah beli barang di e-commerce tersebut meski mengaku memiliki akunnya.

Menurut Wisnu, akunnya di pltaform e-Commerce itu tetap aman. Dia justru heran pembobol tetap bisa melakukan transaksi di e-commerce tersebut.

“ Gue nggak pernah beli apa-apa di Blibli. Akunnya aman total. Memang nggak terhubung dengan kartu apa pun A. Cuma akun kosong di Blibli. Maaf, ya, Blibli,” cuit dia.

2 dari 3 halaman

Saldonya Dikuras Perlahan

Wisnu mengatakan rekeningnya dibobol saat malam hari, sekitar jam 20.00-23.00. Saldonya diambil untuk transaksi di e-commerce itu.

“ Dengan pecahan Rp500 (ribu), Rp300 (ribu), Rp150 (ribu) sampai Rp50 ribu,” tulis dia.

Wisnu mengaku semakin heran karena dia telah memblokir akses ke kartunya. Nyatanya si pembobol masih bisa beraksi terlihat dari penarikan dana yang dilakukan pelaku.

Keherananya semakin bertambah karena dia sudah memutus akses kartu Jeniusnya ke dua perangkat ponselnya. Lagi-lagi upaya itu tak berhasil. Pelaku masih bisa melancarkan aksinya.

“ Sampai hape gue di-remove dari daftar connected device. Canggih,” tulis dia.

Wisnu mengatakan kasusnya saat ini ditangani oleh tim Jenius. Menurut Wisnu, fokus perhatiannya bukan pada uang yang dibobol nasabah melainkan keamanan dari data yang pernah diberikan di aplikasi itu.

“ Mohon doanya agar masalahnya selesai. Fokus utama saya bukan hanya pengembalian uang, tapi lebih ke keamanan data pribadi yang ada di sana,” kata dia.

 

 Akun Jenius dibobol.

3 dari 3 halaman

Pengelola Jenius Sedang Investigasi

Sampai berita ini ditulis, pihak PT Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN) belum memberikan komentar.

“ Kita minta waktu dulu ya.. nanti kami kabari,” kata Corporate Communication BTPN, Nurul Qolbi, kepada Dream.

Sementara lewat akun Twitter, @JeniusConnect, pengelola platfom sosial media milik Jenius itu memastikan masalah yang dialami Wisnu saat ini sedang dalam pengecekan tim terkait.

Pengelola akun tersebut juga memastikan para nasabah yang bertanya tentang dananya di akun tersebut tetap terjamin keamanannya.(Sah)

Beri Komentar
Wasiat Terakhir Ustaz Arifin Ilham